PENGEMBANGAN MEDIA LAPER (LACI PERKALIAN) UNTUK MENINGKATKAN KONSEP PERKALIAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Maryam Siddiqah(1), Novanita Whindi Arini(2*),

(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Siswa kelas II mengalami kesulitan dalam mata pelajaran matematika. Materi yang dirasa susah oleh siswa ialah materi perkalian maka dari itu siswa kelas II membutuhkan sebuah media pembelajaran yang konkret dalam proses pembelajaran matematika. LAPER (Laci Perkalian) merupakan media pembelajaran berbentuk kotak dengan penyajian yang mudah dan menarik. Penelitian ini termasuk Research and Development atau (R&D). Model pengembangan dalam penelitian ini ialah model Borg and Gall dengan sepuluh langkah yaitu: 1) penelitian pendahuluan/Pra-survey. 2) pengumpulan data. 3) desain produk. 4) validasi desain. 5) revisi desain. 6) uji coba produk. 7) revisi produk. 8) uji coba pemakaian. 9) revisi final produk. 10) Diseminasidan Implementasi Produk Akhir. Penelitian dilaksanakan di SDN Kebon Bawang 01 dengan total subjek penelitian sebanyak 47 siswa kelas II. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket validitas ahli media, ahli materi, pakar pendidikan dan respon siswa serta pre-test post-test. Rata-rata hasil validasi ahlimedia sebesar 81,67% dengan kualifikasi media LAPER sangat layak digunakan, dan rata-rata hasil angket validasi ahli materi sebesar 90%. Sedangkan hasil validasi pakar Pendidikan sebesar 96,67% dan respon siswa dengan uji coba kecil sebesar 94,4% dan uji coba besar diperoleh rata-rata sebesar 97,2% dengan kualifikasi sangat layak. Media pembelajaran LAPER juga dinyatakan efektif berdasarkan rata-rata hasil pre-test dan post-test serta uji Paired Sample T-Test dengan menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sama dengan 0,000.


Abstract

Class II students have difficulty in mathematics. The material that students find difficult is multiplication material. Therefore, grade II students need concrete learning media while learning mathematics. LAPER (Multiplication Drawer) is a box-shaped learning media with an easy and attractive presentation. This research includes Reseiarch and Development (R&D). The development model in this study is the Borg and Gall model with ten steps: 1) preliminary research/pre-survey. 2) data collection. 3) product design. 4) design validation. 5) design revision. 6) product trials. 7) product revision. 8) trial usage. 9) final product revision. 10) Dissemination and Implementation of Final Products. The research was carried out at SDN Kebon Bawang 01 with 47 students in grade II. Data collection through observation, interviews, validity questionnaires of media experts, material experts, education experts and student responses, and pre-test and post-test. The average media expert validation result was 81.67%, with the LAPER media qualification being very feasible, and the average material expert validation questionnaire result was 90%. While the validation results of Education experts were 96.67% and student responses with small trials were 94.4%, and extensive trials obtained an average of 97.2% with very decent qualifications. LAPER learning media was also declared effective based on the average results of the pre-test and post-test and the Paired Sample T-Test by showing a Sig. (2-tailed) equals 0.000.


Keywords


Multiplication concept; Mathematics; Instructional Media; Elementary school.

References


Afifah, H. N., Fitrianawati, M., & Dahlan, U. A. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PANLINTARMATIKA (PAPAN PERKALIAN PINTAR MATEMATIKA) MATERI PERKALIAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 41–47. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5785

Aqsa, M. D., Nurhaswinda, N., & Hidayat, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Soal Cerita Matematika dalam Materi Perkalian pada Siswa Kelas III SD Negeri 019 Tanjung Sawit. Journal On Teacher Education, 2(2), 9–16. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/1249

Arditya Isti, L., & Aguk Wardoyo, A. (2020). Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 21–28. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p21-28

Astuti, D. P., Muslim, A., & Bramasta, D. (2020). ANALISIS PERSIAPAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI JAMBU 01. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(2), 185–192. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/wa.v7i2.3676

Cahyono, B., Rohman, A. A., Setyawati, R. D., & Dzakiyyah, R. ’Ilmi. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran E-komik Berbasis Etnomatematik dan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Geometri MTs. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2283. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7398

Elsani, H. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Perkalian Siswa Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Kelas 2 Sdn 2 Cibadak. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 38–49. https://doi.org/10.24929/alpen.v5i1.77

Fauziyah, I. (2021). Pengembangan Media KUBO (Kubus Balok Domino) PENGEMBANGAN MEDIA KUBO (KUBUS BALOK DOMINO) TERHADAP KONSEP PERKALIAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(03), 1792–1801.

Hamzah, A. (2019). METODE PENELITIAN & PENGEMBANGAN RESEARCH & DEVOLOPMENT UJI PRODUK KUANTITATIF DAN KUALITATIF PROSES DAN HASIL (1st ed.). Literasi Nusantara.

Handayani, F., & Saidah, K. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA LACI HITUNG PADA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. INCARE: International Journal of Educational Resources, 1(05), 476–485.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, & Indra, M. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN (F. Sukmawati, Ed.; 1st ed.). Tahta Media Group.

Jannah, M., & Julianto. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Digestive System PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI DIGESTIVE SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 06(02), 124–134.

Lestari, I. P., Dewi, R. F. K., & Ulia, N. (2020). PENGEMBANGAN YOU-MATHBOOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN PADA SISWA SD ISLAM DARUL HUDA KOTA SEMARANG. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 105–120. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.10969

Mukrimatin, N. A., Murtono, M., & Wanabuliandari, S. (2018). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Rau Kedung Jepara Pada Materi Perkalian Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 67–71. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2277

Nuruli Rifanti, V., & Nur Kholifatur Rosyidah, A. (2021). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG PERKALIAN PADA SISWA KELAS III SD IT SAMAWA CENDEKIA. Agustus 2021, 1(3). https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/97

Ridho Agung Juwantara. (2019). Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah ANALISIS TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF PIAGET PADA TAHAP ANAK USIA OPERASIONAL KONKRET 7-12 TAHUN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011

Rosyid, Moh. Z., Sa’diyah, H., & Septiana Nanda. (2019). RAGAM MEDIA PEMBELAJARAN (Taufikurrahman, Ed.; 2nd ed.). Literasi Nusantara.

Virgo Mulia Asmara, D., Kuswandi, D., Rahman As, A., & Artikel Abstrak, I. (2020). Pengembangan Media Kobaki pada Materi Perkalian dan Pembagian untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(12), 1839–1847. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Wahyuni, S., & Darmawan, P. (2023). Analisis Kesalahan Pemahaman Konsep Perkalian Siswa dan Solusinya: Penerapan Metode APKL dan Diagram Fishbone. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 3(1), 49–71. https://doi.org/10.51574/kognitif.v3i1.745

Widyasari, N., & Lestari, I. (2023). PENGEMBANGAN LAMPU PINTAR PERKALIAN DAN PEMBAGIAN (LAMPIRAN) BERBASIS ARDUINO PADA MATERI BILANGAN BULAT. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 1639. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.5614

Widyasari, N., & Nurcahyani, D. A. (2021). Development of E-Comic-Based Mathematics Teaching Materials on the Topic of Multiplication and Division with Realistic Mathematics Education (RME) Approach. K R E A N O Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 12(02), 365–375. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.