KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII PADA TOPIK PERSEGI PANJANG

Imelda Verina(1*), Darhim Darhim(2),

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author


Abstract


Kemampuan pemahaman konsep merupakan suatu kemampuan dasar atau inti dari pembelajaran matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berhubungan dengan matematika. Namun masih banyak ditemukan rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menunjukkan ketidakmampuan siswa dalam memahami konsep-konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP kelas VIII pada topik persegi panjang berdasarkan indikator pemahaman konsep yang dikemukakan oleh National Research Council. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini terdiri dari 19 siswa kelas VIII pada salah satu SMP di Kota Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis kemampuan pemahaman konsep yang berbentuk uraian dan telah diuji kelayakannya. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat satu siswa yang menguasai 3 indikator, 10 siswa menguasai 2 indikator, 7 siswa menguasai satu indikator, dan terdapat satu siswa yang tidak menguasai satupun indikator. Selanjutnya, 2 dari 19 siswa mampu menyatakan konsep secara verbal, 8 dari 19 siswa mampu mengklasifikasikan objek yang membentuk suatu konsep, 16 dari 19 siswa mampu mengaplikasikan konsep, 4 dari 19 siswa mampu menyajikan konsep dalam berbagai representasi matematika, dan tidak ada siswa yang mampu mengaitkan antar konsep matematika.


Keywords


Kemampuan Matematis, Pemahaman Konsep, Persegi Panjang

References


Ardiansyah, Zubaidah, & Hamdani. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Bangun Datar Segiempat di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9).

Arifin, N. N., Nura’eni, E., & Pranata, O. H. (2019). Peningkatan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Geometri Melalui Pembelajaran Berbasis Teori Van Hiele. Pedadidaktika : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2).

Ari, S., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225–234.

Arnidha, Y. (2017). Analisis pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar dalam penyelesaian bangun datar. Jurnal Pendidikan Guru Madrasyah Ibtidaiah (JPGMI), 3(1), 53–61.

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. (2022). Lampiran II Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbud Ristek Nomor 008/KR/2022. Jakarta.

Cahani, K., & Effendi, K. N. S. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas IX pada Materi Bangun Datar Segiempat. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, (2008), 120–128.

Fatahillah, A., N.T., Y. F. W., & Susanto. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding yang diberikan. Kadikma, 8(1), 40–51.

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Geometri. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27–35. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726

Handayani, H. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Siswa Pada Materi Volume Kubus dan Balok di SDN Manangga Kabupaten Sumedang. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 3(1), 48–61. https://doi.org/10.32934/jmie.v3i1.97

Hutagalung, R. (2017). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui pembelajaran guided discovery berbasis budaya toba di smp negeri 1tukka. Journal of Mathematics Education and Science, 2(2), 70–77.

Jamilaturrohmah. (2019). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Bidang Datar Berdasarkan Teori Van Hiele. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lambertus. (2016). Developing Skills Understanding of Mathematical High School Student. International Journal of Education Research, 4(7), 315–326.

Lestari, A. P., Hasbi, M., & Lefrida, R. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX dalam Menyelesaikan Soal Cerita Keliling Dan Luas Lingkaran Di Smp Al-Azhar Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(4), 373–385.

Mabruroh, Unais, Sunarsih, D., & Mumpuni., A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Muatan Matematika Kelas IV SD Tahfidzul Qur`An Darul Abror. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(1), 58–68. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.250

Milkhaturrohman, Da Silva, S., & Wakit, A. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar di SDN 2 Mantingan Jepara. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 94–106.

Nari, N., & Musfika, A. P. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Koneksi Matematika Peserta Didik. Procceding IAIN, 1(2), 311–320.

National Research Council. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: The National Academies Press.

Ningsih, Y. L. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) Berbasis Teori APOS Pada Materi Turunan. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–8.

Rahayu, E. (2021). Problema Kesulitan Peserta didik Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Geometri. AtTàlim : Jurnal Pendidikan, 7(1), 2548–4419.

Suendarti, M., & Liberna, H. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Perbandingan Trigonometri Pada Siswa SMA. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 326–339. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4917

Utami, N. A., Murtianto, Y. H., & Nizaruddin, N. (2020). Profil kemampuan representasi matematis ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kecerdasan emosional. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 274–285. https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.6501

Utari, R. S., & Utami, A. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Dalam Mengidentifikasi Penyelesaian Soal Integral Tak Tentu Dan Tentu. 14(1), 39–50. https://doi.org/10.22342/jpm.14.1. 6820.39-50

Verina, I., & Juandi, D. (2022). Indonesian Students’ Conceptual Understanding in Mathematics based on Learning Style: Systematic Literature Review (SLR). Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 160–170. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6409

Wong, M., & Evans, D. (2007). Students’ Conceptual Understanding of Equivalent Fractions. Proceedings of the 30th Annual Conference of the Mathematics Education Research Group of Australasia J. Watson & K. Beswick (Eds), 824–833.

Yanala, N. C., Uno, H. B., & Kaluku, A. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Operasi Bilangan Bulat di SMP Negeri 4 Gorontalo. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 50–58. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10993




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.