ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER MATEMATIKA

Kana Hidayati(1), Ziyana Endah Khairun Nisa'(2*),

(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Soal merupakan salah satu alat untuk mengukur keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pentingnya penelitian analisis butir soal untuk mengetahui kualitas soal sudah dalam kategori baik atau tidak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan item kualitas penilaian akhir semester (PAS) matematika kelas VII tahun pelajaran 2021/2022 pada validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian ini adalah 69 jawaban siswa pada PAS matematika kelas VII SMP Rafirna tahun 2021/2022. Didapatkan kesimpulan bahwa soal penilaian akhir semester (PAS) matematika kelas VII tahun 2021/2022 jenis soal pilihan ganda dan uraian ialah 17 butir soal pilihan ganda (85%) dinyatakan valid, 3 soal (15%) tidak valid, sedangkan soal bentuk uraian yang berjumlah 5 butir, semuanya valid. Reliabilitas soal pilihan ganda maupun uraian, dengan software IBM statistics 26 kemudian dikonversikan dengan rumus alpha strata diperoleh koefisiennya = 0,795 > 0,70, sehingga soal pilihan ganda maupun uraian soal PAS dinyatakan reliable. Tingkat kesukaran butir soal pilihan ganda diperoleh 2 soal (10%) kategori mudah, 7 soal (35%) sedang, dan 11 soal (55%) sukar. Daya pembeda soal pada bentuk soal pilihan ganda diperoleh 4 soal (20%) pada kategori baik, 12 soal (60%) cukup, dan 4 soal (20%) tidak baik.

Questions are a tool for measuring success in achieving learning objectives. The importance of research on item analysis is to find out whether the quality of the questions is in the good category or not. The purpose of this study was to determine the final of semester assessment (PAS) quality items for class VII mathematics for the 2021/2022 school year in terms of validity, reliability, level of difficulty, and appropriateness. This type of research is descriptive analysis with a quantitative approach. The object of this research is 69 students' answers to PAS mathematics class VII Rafirna Middle School in 2021/2022. It was concluded that the end of semester assessment questions (PAS) for class VII mathematics in 2021/2022 were of the type of multiple choice questions and descriptions, namely 17 multiple choice questions (85%) were declared valid, 3 questions (15%) were invalid, while the questions in the form of descriptions totaling 5 items, all of which are valid. The reliability of multiple choice and essay questions using IBM statistics 26 software was then converted using the alpha strata formula to obtain a coefficient = 0.795 > 0.70, so that the multiple choice questions and essay questions were declared reliable. The difficulty level of the multiple choice questions was 2 questions (10%) in the easy category, 7 questions (35%) in the medium category, and 11 questions (55%) in the difficult category. The appropriateness of questions in the form of multiple choice questions was found to be 4 questions (20%) in the good category, 12 questions (60%) sufficient, and 4 questions (20%) not good.


Keywords


Daya Pembeda; Tingkat Kesukaran; Reliabilitas, Validitas.

References


Ambarwati, Y. F., & Ismiyati, I. (2021). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Ulangan Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Kearsipan. Measurement In Educational Research (Meter), 1(2), 64–75. https://doi.org/10.33292/meter.v1i2.144

Amiruddin, K., Mania, S., Nina Ichiana, N., Farham Majid, A., Tarbiyah dan Keguruan, F., & Islam Negeri Alauddin Makassar, U. (2020). Analysis of Final School Examination Questions for Mathematics Subjects. Alauddin Journal of Mathematics Education Journal Homepage, 2(2), 207–217. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/ajme

Anita, A., Tyowati, S., & Zuldafrial, Z. (2018). Analisis Kualitas Butir Soal Fisika Kelas X Sekolah Menengah Atas. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(1), 35–47. https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.780

Bahar, R., Istiyono, E., Widihastuti, W., Munadi, S., Nuryana, Z., & Fajaruddin, S. (2021). Analisis Karakteristik Soal Ujian Sekolah Hasil Musyawarah Guru Matematika Di Tasikmalaya. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2660. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4359

Buckley-Walker, K., & Lipscombe, K. (2021). Validity and The Design of Classroom Assessment in Teacher Teams. Australian Educational Researcher, 49(2), 425–444. https://doi.org/10.1007/s13384-021-00437-9

Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian. In Mitra Wacana Media. www.mitrawacanamedia.com

Fietri, W. A., Zulyusri, & Violita. (2021). Analisis Butir Soal Biologi Kelas XI Madrasah Aliyah Sakinah Kerinci Menggunakan Program Komputer Anates 4.0 For Windows. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 17(2), 28–35. https://doi.org/10.35791/agrsosek.17.2.2021.33834

Firmansyah, H. (2018). Analisis Butir Soal Tes Pilihan Ganda Mata Pelajaran Penjas-Orkes Kelas VII SMPN 1 Wonosari. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 39.

Fiska, J. M., Hidayati, Y., Qomaria, N., & Hadi, W. P. (2021). Analisis Butir Soal Ulangan Harian Ipa Menggunakan Software Anates Pada Pendekatan Teori Tes Klasik. Natural Science Education Research, 4(1), 65–76. https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8133

Hanna, W. F., & Retnawati, H. (2022). Analisis Kualitas Butir Soal Matematika Menggunakan Model Rasch Dengan Bantuan Software Quest. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3695. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5908

Hartono, W., Hadi, S., Rosnawati, R., & Retnawati, H. (2023). Exploration of Student’ Cognitive Mathematics Ability Diagnostic Instruments: Validity, Reliabiity, and Item Characteristics. Pegem Journal of Education and Instruction, 13(3), 386–394. https://doi.org/10.47750/pegegog.13.03.39

Hasnah. (2017). Analisis Kualitas Soal Matematika Ujian Sekolah Kelas XII IPA SMA Negeri di Watansoppeng Berdasarkan Teori Respon Butir. PEP Educational Assessment, 1(1), 27–33.

Iskandar, A., & Rizal, M. (2018). Analisis kualitas soal di perguruan tinggi berbasis aplikasi TAP. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 12–23. https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.15609

Khasanah, I., Fuady, A., & Sunismi. (2023). Analisis Soal Ulangan Harian Matematika Bentuk Pilihan Ganda. Mathema Journal, 5(2), 110–125.

Kurniasi, E. R., Y, Y., & Karennisa, F. (2020). Analisis Soal Ulangan Harian Matematika Kelas IX SMP Negeri 1 Toboali. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 12(1), 43–52. https://doi.org/10.37640/jip.v12i1.276

Maemonah. (2018). Asesmen Pembelajaran. In PGMI Press UIN Suka. PGMI Press UIN Suka.

Muluki, A., Bundu, P., & Sukmawati, I. (2020). Analisis Kualitas Butir Tes Semester Ganjil Mata Pelajaran IPA Kelas IV MI Radhiatul Adawiyah. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 86. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23335

Purwanti, M. (2014). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Menggunakan Microsoft Office Excel 2010. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v12i2.2710

RI, P. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar Nasional Pendidikan. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Salinan PP Nomor 57 Tahun 2021.pdf

Susanto, H., Rinaldi, A., & Novalia. (2015). Analisis Validitas Reabilitas Tingkat Kesukaran dan Daya Beda pada Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika. Aljabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2013.

Syahputra, A. T., Nurjannah, N., & Arsyam, M. (2020). Pemberian Skor Dan Sistem Penilaian Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 2(1), 1–8.

Tilaar, A. L. F., & Hasriyanti, H. (2019). Analisis Butir Soal Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika pada Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 8(1), 57–68. https://doi.org/10.15408/jp3i.v8i1.13068

Yusuf, R. (2021). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Journal of Didactic Mathematics, 1(3), 158–164. https://doi.org/10.34007/jdm.v1i3.417




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.