PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author
Abstract
Pemecahan masalah merupakan bagian penting dalam pembelajaran matematika. Kebutuhan siswa pada suatu modul pembelajaran perlu menjadi perhatian serius guna memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran matematika berbasis discovery learning yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan menggunakan model Borg & Gall. Adapun tahap pelaksanaannya terdiri dari: 1) research and information collecting, 2) planning, 3) develop preliminary of product, 4) preliminary field testing. Analisis yang digunakan berupa deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis discovery learning memenuhi kriteria kevalidan dengan persentase 90% oleh ahli materi, 91% oleh ahli media, dan 82% oleh ahli bahasa. Modul yang dikembangkan juga memenuhi kriteria kepraktisan dengan persentase 94% oleh guru dan 85% oleh siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis discovery learning memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan, sehingga secara teoritis layak digunakan untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afifah, N., Batubara, I. H., & Harahap, T. H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Investigasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 7(2), 200206.
Agustyaningrum, N., & Pradanti, P. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 568582. https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1440
Andayani, S., & Pratama, Y. (2022). Pengembangan Modul Matematika Dasar Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 121. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4806
Anggraini, V., Delyana, H., & Sari, I. K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 12311240.
Anisah, A., & Lastuti, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 191197. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i2.16341
Anjarwati, D., Juandi, D., Nurlaelah, E., & Hasanah, A. (2022). Studi Meta-Analisis: Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 24172427.
Dina, Z. H., Ikhsan, M., & Hajidin, H. (2019). The Improvement of Communication and Mathematical Disposition Abilities through Discovery Learning Model in Junior High School. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 4(1), 1122. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v4i1.6824
Durak, H. Y. (2020). The Effects of Using Different Tools in Programming Teaching of Secondary School Students on Engagement, Computational Thinking and Reflective Thinking Skills for Problem Solving. Technology, Knowledge and Learning, 25, 179195. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s10758-018-9391-y
Edi, S., & Rosnawati, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Model Discovery Learning. Jnpm (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 234246.
Gokbulut, Y., & Kus, S. (2019). Cartoon to Solve Teaching Problem on Mathematics. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(1), 145150. https://doi.org/https://doi.org/10.11591/ijere.v8i1.17609
Hasyim, A. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan di Sekolah. Media Akademi.
Hikmasari, P., Kartono, & Mariani, S. (2017). Analyze of Diagnostic Assessment and Remedial Teaching Result of Mathematics Problem Solving Achievement by Problem Based Learning Mode. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 215222. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/15576/8697
Iswara, E., & Sundayana, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dan Direct Instruction dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 223234. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1258
Jana, P., & Fahmawati, A. A. N. (2020). Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 213220. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2157
Jannah, M., Supratman, M., & Rahmawati, H. (2021). Efektivitas Penggunaan Modul Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. TIRAI EDUKASI: Jurnal Pendidikan, 4(1), 5964. https://www.jkqh.uniqhba.ac.id/index.php/tirai_edukasi/article/view/313/196
Kaitera, S., & Harmoinen, S. (2022). Developing Mathematical Problem-Solving Skills in Primary School by Using Visual Representations on Heuristics. LUMAT: International Journal on Math, Science and Technology Education, 10(2), 111146. https://doi.org/https://doi.org/10.31129/LUMAT.10.2.1696
Karlina, L., & Anugraheni, I. (2021). Meta Analisis Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 6(1), 3543.
Maulina, V., Harun, L., & Sutrisno, S. (2022). Pengaruh Minat Belajar dan Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(4), 347354.
Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480492. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925
Nindiawati, D., Subandowo, M., & Rusmawati, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), 140150. https://doi.org/10.17977/um039v6i12021p140
Palanisamy, S., & Nor, N. B. M. (2021). Effectiveness of Mayers Problem Solving Model with Visual Representation Teaching Strategy in Enhancing Year Four Pupils Mathematical Problem Solving Ability. Malaysian Online Journal of Educational Sciences, 9(2), 4152. http://ojie.um.edu.my/index.php/MOJES/article/view/29378
Patmaniar, Amin, S. M., & Sulaiman, R. (2021). Students Growing Understanding in Solving Mathematics Problems Based on Gender: Elaborating Folding Back. Journal on Mathematics Education, 12(3), 507530. https://doi.org/https://doi.org/10.22342/jme.12.3.14267.507-530
Purwaningsih, D., & Ardani, A. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Eksponen dan Logaritma Ditinjau Dari Gaya Belajar dan Perbedaan Gender. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 118125. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2632
Rahmayani, R., Anwar, R. B., & Vahlia, I. (2022). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Disertai QR Code pada Materi Logaritma. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 224. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4703
Ramadhani, M. H., Kartono, K., Haryani, S., Marwoto, P., & Mulyono, S. E. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Negeri Ngijo 02 Gunungpati. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 168176. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4518
Rosadi, A., Haryani, S., & Hidayah, I. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Basicedu, 6(6), 98989907. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4084
Salma, F. A., & Sumartini, T. S. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa antara yang Mendapatkan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Discovery Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 265274.
Sari, N. N., & Haryani, S. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Chemistry in Education, 9(2), 4047.
Sarkawi, M. R., & Permana, D. (2022). Efektivitas Penggunaan Modul Matematika yang Bernuansa Islami untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 10(2), 164172. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JEMS/article/view/12268
Septiati, E., Misdalina, M., & Rohana, R. (2022). Pengembangan Modul Elektronik Konsep Dasar Bilangan Berbasis Flipped Classroom bagi Mahasiswa PGSD. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1173. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4976
Setyadi, A., & Saefudin, A. A. (2019). Pengembangan Modul Matematika dengan Model pembelajaran Berbasis Masalah untuk Siswa Kelas VII SMP. Pythagoras: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 14(1), 1222.
Simarmata, S. M., Sinaga, B., & Syahputra, H. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa dalam Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Matlab. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 692701. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1227
Son, A. L., & Fatimah, S. (2020). Students Mathematical Problem-Solving Ability Based on Teaching Models Intervention and Cognitive Style. Journal on Mathematics Education, 11(2), 209222. https://doi.org/https://doi.org/10.22342/jme.11.2.10744.209-222
Sugandi, A. I., Sofyan, D., Linda, L., & Sari, D. R. (2022). Pengembangan Modul Geometri Analitik Berbasis Strategi REACT Berbantuan Geogebra untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 850. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4963
Sulistyo, L., & Kartono. (2021). Guided Discovery Learning Model with The Teacher-Student Active Learning Approach, Assisted by The Whatsapp Solution Alternative Application on The COVID-19 Pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1918(4), 14. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042052
Surya, E., Putri, F. A., & Mukhtar, M. (2017). Improving Mathematical Problem-solving Ability and Self-confidence of High School Students Through Contextual Learning Model. Journal on Mathematics Education, 8(1), 8594. https://doi.org/https://doi.org/10.22342/jme.8.1.3324.85-94
Suseelan, M., Chew, C. M., & Chin, H. (2022). Research on Mathematics Problem Solving in Elementary Education Conducted from 1969 to 2021: A Bibliometric Review. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(4), 10031029. https://doi.org/https://doi.org/10.46328/ijemst.2198
Sutama, S., Fuadi, D., Narimo, S., Hafida, S. H. N., Novitasari, M., Anif, S., Prayitno, H. J., Sunanih, S., & Adnan, M. (2022). Collaborative Mathematics Learning Management: Critical Thinking Skills in Problem Solving. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(3), 10151027. https://doi.org/http://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.22193
Tjiptiany, E. N., Asari, A. R., & Muksar, M. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri untuk Membantu Siswa SMA Kelas X dalam Memahami Materi Peluang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 19381942.
Usman, M., Degeng, I. N. S., Utaya, S., & Kuswandi, D. (2022). The Influence of JIGSAW Learning Model and Discovery Learning on Learning Discipline and Learning Outcomes. Pegem Journal of Education and Instruction, 12(2), 166178.
Utomo, H. P., Hendrayana, A., Yuhana, Y., & Saputro, T. V. D. (2021). Pengaruh Gender Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematis Ditinjau dari Minat Belajar. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 3(2), 106115.
Wahyuni, S., Yati, M., & Fadila, A. (2020). Pengembangan Modul Matematika Berbasis REACT terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 112. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4542
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7574