LITERASI MATEMATIS SISWA BERGAYA KOGNITIF IMPULSIF DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MODEL PISA DITINJAU DARI GENDER

Henny Rismawatie Yusmarina(1*), Erry Hidayanto(2), Susiswo Susiswo(3),

(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Literasi matematis merupakan suatu kemampuan siswa dalam merumuskan, menggunakan, dan menginterpretasikan konsep matematika dalam berbagai konteks yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Adapun faktor yang berpengaruh pada literasi matematis yaitu gaya kognitif dan gender. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematis siswa bergaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan masalah model PISA pada konten quantity dan konten uncertainty and data berdasarkan gender. Metode yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif. Subjek yang dipilih sebanyak 10 siswa bergaya kognitif impulsif dari 30 siswa kelas IXE SMP Negeri 2 Talun. Pada penelitian ini, calon subjek diberi soal tes MFFT, untuk memperoleh subjek dengan gaya kognitif impulsif. Kemudian siswa yang menjadi subjek penelitian diberi masalah literasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi matematis siswa impulsif perempuan dan laki-laki yaitu dapat mengidentifikasi masalah, dapat menjelaskan model matematika, mampu merancang dan menerapkan strategi penyelesaian masalah. Namun, siswa impulsif perempuan lebih lengkap dan tepat dalam menerapkan strategi penyelesaian masalah dibandingkan dengan siswa impulsif laki-laki. Selanjutnya, literasi matematis siswa impulsif perempuan dan laki-laki dalam menyelesaikan masalah konten uncertainty and data yaitu hanya dapat mengidentifikasi masalah. Ketercapaian indikator literasi matematis dari siswa laki-laki dan perempuan adalah sama, hanya saja siswa perempuan sedikit lebih lengkap dalam menerapkan langkah-langkah penyelesaian masalah.

Abstract

Mathematical literacy is a students' ability to formulate, use, and interpret mathematical concepts in various contexts related to everyday life. The factors that influence mathematical literacy are cognitive style and gender. This study aims to describe the mathematical literacy of students with impulsive cognitive styles in solving PISA model problems on quantity and uncertainty and data based on gender. The method used is qualitative-descriptive. The research subjects selected were 10 students with an impulsive cognitive style from 30 students in class IXE at SMP Negeri 2 Talun. In this study, prospective subjects will be given MFFT test questions, to get subjects with an impulsive cognitive style. Then students who become research subjects are given mathematical literacy problems. The results showed that the mathematical literacy of female and male impulsive students was able to identify problems, able to explain mathematical models, able to design and implement problem solving strategies. However, female impulsive students are more complete and precise in implementing problem solving strategies compared to male impulsive students. Furthermore, the mathematical literacy of female and male impulsive students in solving uncertainty and data content problems is only able to identify problems. The achievement of indicators of mathematical literacy of male and female students is the same, it's just that female students are slightly more complete in implementing problem solving steps


Keywords


Gaya Kognitif Impulsif; Gender; Literasi Matematis; Masalah Model PISA

References


Annisa, S., & Siswanto, R. D. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Gender. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 14(2), 146167.

Awalyah, S., Nuraida, I., & Sunaryo, Y. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Dilihat dari Perspektif Gender. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 7180.

Awantagusnik, A., Susiswo, S., & Irawati, S. (2021). Mathematical Representation Process Analysis of Students in Solving Contextual Problem Based on Polyas Strategy. AIP Conference Proceedings, 2330, 19. American Institute of Physics Inc. https://doi.org/10.1063/5.0043422

Azhil, I. M., & Ernawati, A. (2016). Profil Pemecahan Masalah Siswa SMP Pada Materi Perbandingan Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 125131.

Daraini, R. (2012). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimedia dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 236243.

Delima, N., Kurniasih, I., Tohari, Hutneriana, R., Amalia, F. N., & Arumanegara, E. (2022). PISA DAN AKM Literasi Matematika dan Kompetensi Numerasi (N. Delima, Ed.). Subang: Unsub Press.

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah (1st ed.). Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fitriana, D., Suhendra, & Juandi, D. (2021). Kemampuan Literasi Matematis Pada Siswa Kelas X SMA Bergaya Kognitif Reflektif. Journal on Mathematics Education Research, 2(1), 3444.

Jazuli, A., & Putri, I. S. (2020). Kemampuan Literasi Matematis Siswa MTs Ditinjau dari Gaya Reflektif dan Impulsif. Purwokerto.

Jumarniati, Baharuddin, M. R., & Firman, S. (2021). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematis pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Gender. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 123132.

Konitah, R., & Hendriana, B. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Journal of Educational and Language Research, 1(7), 873882.

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran Daring. Jurnal Perisai, 1(1), 113. Retrieved from https://jurnal.serambimekkah.ac.id/index.php/perisai

Mevarech, Z. R., & Fan, L. (2018). Cognition, Metacognition, and Mathematics Literacy. https://doi.org/10.1007/978-3-319-66659-4_12

Nurani, M., Mahfud, M. S., Agustin, R. L., & Kananda, H. V. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMA Ditinjau dari Gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(4), 336347. https://doi.org/10.23960/mtk/v8i2.pp336-347

OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264190511-en

OECD. (2017). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematics, Financial, Literacy and Collaborative Problem Solving. Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9789264281820-en

Putri, A., Huda, N., & Suratno. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Barisan dan Deret Berdasarkan Asimilasi dan Akomodasi Pada Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 12101221.

Rahmatina, S., Sumarmo, U., & Johar, R. (2014). Tingkat Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 6270.

Ramadhan, F., Hajidin, & Abidin, Z. (2019). Proses Berpikir Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Soal Cerita ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Peluang, 7(1), 151156.

Rezky, M., Hidayanto, E., & Parta, I. N. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Konteks Sosial Budaya Pada Topik Geometri Jenjang SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 15481562. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4879

Riding, R., & Rayner, S. (2013). Cognitive styles and learning strategies: Understanding style differences in learning and behavior. London: Routledge.

Salmina, M., & Nisa, S. K. (2018). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Berdasarkan Gender pada Materi Geometri. Jurnal Numeracy, 5(1), 4148.

Sari, D. P., Sudargo, & Muhtaron. (2021). Analisis Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal Berorientasi PISA Konten Quantity pada Siswa SMA Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 6470.

Ulya, H. (2015). Hubungan Gaya Kognitif dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(2).

Wahyuningsih, S., Sani, A., & Sudia, M. (2019). Analisis Proses Berpikir Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematik Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Gender. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 4(1), 121132.

Warli. (2013). Kreativitas Siswa SMP yang Bergaya Kognitif Reflektif atau Impulsif dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 20(2), 190210. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/118711-ID-kreativitas-siswa-smp-yang-bergaya-kogni.pdf

Warli, & Nofitasari, Y. (2021). Junior High School Students Mathematical Connection: A Comparative Study of Children Who have Reflective and Impulsive Cognitive Styles. Journal of Physics: Conference Series, 1776(1), 19. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1776/1/012036

Zhu, Z. (2007). Gender Differences in Mathematical Problem Solving Patterns: A Review of Literature. International Education Journal, 8(2), 187203. Retrieved from http://iej.com.au




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.