PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN ANALYTICITY SISWA
(1) Universitas Jember
(2) Universitas Jember
(3) Universitas Jember
(4) Universitas Jember
(5) Universitas Jember
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Penting bagi siswa memiliki disposisi berpikir kritis, namun kenyataannya disposisi berpikir kritis siswa masih sangat rendah khususnya pada komponen analyticity. . Namun pada kenyataannya, belum ada perangkat pembelajaran yang dapat meningkatkan analyticity siswa. Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian pengembangan dengan tujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) dengan model pengembangan 4D yang valid, praktis dan efektif. Observasi, tes dan angket adalah teknik pengumpulan data. Adapun subjek uji coba adalah kelas VII A SMP Negeri 1 Rogojampi sebanyak 29 siswa. Data kevalidan diperoleh dari hasil validasi buku petunjuk penggunaan, modul ajar, LKPD dan soal tes dengan menganalisis skor dari validator, yakni berturut-turut adalah 3,73; 3,91; 3,88 dan 3,79. Hasil analisis dari observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran digunakan untuk data kepraktisan, dengan cara merata-rata skor dari seluruh pertemuan, yakni 3,51 yang memasuki kategori tinggi. Data keefektifan diperoleh dari THB, hasil observasi perilaku analyticity dan angket respon siswa yang menunjukkan siswa tuntas secara klaksikal sebesar 86,2%, rata-rata N-Gain siswa adalah tinggi, perilaku analyticity siswa baik dan respon siswa positif. Dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran PBL pada materi aritmatika sosial efektif untuk meningkatkan analyticity siswa.
Abstract
It is important for students to have a critical thinking disposition, but in fact students' critical thinking disposition is still very low, especially in the analyticity component. This research is categorized as development research with the aim of developing learning tools for the Problem Based Learning (PBL) model with a valid, practical and effective 4D development model. Observations, tests and questionnaires were used as data collection techniques. The test subjects were class VII A of SMP Negeri 1 Rogojampi with 29 students. Validity data was obtained from the validation results of user manuals, teaching modules, worksheets and test questions by analyzing the scores from the validator, namely 3.73; 3.91; 3.88 and 3.7. The results of observing the application of learning tools are used for practicality data, by means of averaging the scores of all meetings, namely 3.51 which is in the high category. Effectiveness data was obtained from THB, the results of observations of analytic behavior and student response questionnaires showed that students completed classically at 86.2%, the average N-Gain was high, the students' analytical behavior was good and the response positive students. It can be concluded that PBL learning tools on social arithmetic material are effective for increasing students’analyticity
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arifin, R. A. (2020). Pengembangan Buku Panduan Guru Tentang Game Merangkai Kata untuk Siswa Kelas 5. Universitas Muhammadiyah Malang.
As’ari, A. R., Kurniati, D., Maharani, S., & Basri, H. (2019). Ragam Soal Matematis untuk Mengembangkan Disposisi Berpikir Kritis. Universitas Negeri Malang.
Biber, A. C., Tuna, A., & Incikabi, L. (2013). An investigation of critical thinking dispositions of mathematics teacher candidates. Educational Research, 4(2), 2141–5161. http://www.interesjournals.org/ER
Boonsathirakul, J., & Kerdsomboon, C. (2021). The Investigation of Critical Thinking Disposition among Kasetsart University Students. Higher Education Studies, 11(2), 224. https://doi.org/10.5539/hes.v11n2p224
Dini, F., Nesri, P., Kristanto, Y. D., & Sanata, U. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa Pendidikan Matematika , Universitas Sanata Dharma Yogyakarta , Indonesia E-mail : Abstrak PENDAHULUAN Abad 21 memberikan banyak peluang bagi dunia pendidikan untuk be. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480–492.
Festina, Z. I., & Warniasih, K. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas X MIPA SMA N 1 Kasihan. Indonesian Journal Of Education …, 1(4), 185–194. http://ijoehm.rcipublisher.org/index.php/ijoehm/article/view/35
Fitri, O. M., & Bernard, M. (2021). Analisis Kesulitan Soal Materi Aritmatika Sosial pada Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1629–1636. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1629-1636
Fitriani, H., Asy’Ari, M., Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2018). Critical Thinking Disposition of Prospective Science Teachers at IKIP Mataram, Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1108(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1108/1/012091
Hobri. (2021). Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika). Pena Salsabila.
Jayahartwan, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 1(2), 102–110.
Kim, K. S., & Choi, J. H. (2014). The relationship between problem solving ability, professional self concept, and critical thinking disposition of nursing students. International Journal of Bio-Science and Bio-Technology, 6(5), 131–142. https://doi.org/10.14257/ijbsbt.2014.6.5.13
Kurniati, D., & As’ari, A. R. (2021). Disposisi Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Duta Media Publishing.
Lestari, N. D. S. (2016). Penggunaan Authentic Asesment Sebagai Media Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran Mathematics Problem Solving Performance Modelling Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Al-Ittihad, 37–55.
Maharani, S., Nusantara, T., As’ari, A. R., & Qohar, A. (2019). Analyticity and systematicity students of mathematics education on solving non-routine problems. Mathematics and Statistics, 7(2), 50–55. https://doi.org/10.13189/ms.2019.070204
Maulana. (2013). Mengukur dan Mengembangkan Disposisi Kritis dan Kreatif Guru dan Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Pendidikan Dasar, 4(2), 1–13.
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392
Naja, F. Y., Mei, A., & Sa, S. (2022). Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Berbantu Alat Peraga pada Materi Geometri Smp Kelas VII. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3469–3476. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6126
Nuraeni, R., Ardiansyah, S. G., & Zanthy, L. S. (2020). Permasalahan Matematika Aritmatika Sosial Dalam Bentuk Cerita: Bagaimana Deskripsi Kesalahan-Kesalahan Jawaban Siswa? Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 61. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3345
Özsoy-Güneş, Z., Güneş, İ., Derelioğlu, Y., & Kırbaşlar, F. G. (2015). The Reflection of Critical Thinking Dispositions on Operational Chemistry and Physics Problems Solving of Engineering Faculty Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 448–456. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.688
Pambudi, D. S., Budayasa, I. K., & Lukito, A. (2020). The Role of Mathematical Connections in Mathematical Problem Solving. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 129–144. https://doi.org/10.22342/jpm.14.2.10985.129-144
Rokhim, A. F., Amin, S. M., & Fuad, Y. (2019). Keefektifan Problem Based Learning pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 10–17. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.16097
Sumarni, Adiastuty, N., & Riyadi, M. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Non Rutin Mahasiswa pada Topik Segiempat. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 563–576.
Surati, S., Kumesan, S. L., & Sulistyaningsih, M. (2023). Model Problem Based Learning Pada Materi Aritmetika Sosial ; Suatu Eksperimentasi di Kelas VII SMP Kristen Kulur. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(1), 90–99. https://doi.org/10.56910/pustaka.v3i1.294
Uyun, S. N., & Fuat, F. (2020). Kemampuan Disposisi Berfikir Kritis Siswa Yang Berkategori Rendah Dalam Memecahkan Masalah Persamaan Nilai Mutlak Linier Satu Variabel. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 58. https://doi.org/10.33474/jpm.v6i2.5370
Wijayanti, C., Coesamin, M., & Widyastuti. (2016). Deskripsi Disposisi Berpikir Kritis Kritis Matematis Siswa dengan Pembelajaran Socrates Saintifik. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(4), 30–40.
Wulandari, I. P. (2019). Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa Ditinjau dari Adversity QUOTI. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 176. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29211/12879%0D%0A%0Ahttp://www.cala.fsu.edu/files/higher_order_thinking_skills.pdf
Yuliawanti, E., Suciati, & Ariyanto, J. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Scaffolding Learning Activities terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa The Influence of Problem Based Learning Model with Scaffolding Learning Activities toward Students ’ Problem Solving Skills. Bio Pedagogi : Jurnal Pembelajaran Biologi, 8(1), 23–29.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7533
Refbacks
- There are currently no refbacks.