EKSPLORASI KONSEP GEOMETRI TRANSFORMASI MELALUI SEJARAH SANGASANGA

Nur Fathaillah Pajrin(1*), Emi Pujiastuti(2), Sugiman Sugiman(3),

(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author


Abstract


Etnomatematika merupakan suatu pendekatan yang digunakan untuk mengajarkan aspek budaya peninggalan sejarah di Sangasanga, seperti tugu pahlawan, museum, penjara kolonial, makam pahlawan, dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap konsep geometri transformasi yang dieksplor dari peninggalan sejarah Sangasanga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi yang didasarkan pada aspek sejarah kebudayaan sangasanga. Data dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi untuk memperoleh gambar dari bangunan bersejarah dan teknik wawancara untuk menanyakan sejarah bangunan yang diteliti kepada tokoh masyarakat yang paham dengan budaya Sangasanga. Teknik analisis dimulai dari tahap reduksi, penyajian, interpretasi, hingga kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada bangunan penjara kolonial Belanda memuat beberapa konsep translasi pada bagian pintu sel tahanan, sedangkan pada monumen Sangasanga Muara memuat konsep refleksi yang ditunjukkan melalui keindahan bentuk naga, dan pada objek telaga minyak memuat konsep rotasi yang ditunjukkan melalui mekanisme atau cara kerjanya.

Ethnomathematics is an approach used to teach the cultural aspects of historical heritage in Sangasanga, such as hero monuments, museums, colonial prisons, hero graves, and so on. The purpose of this research is to reveal the concept of transformation geometry that is explored from Sangasanga's historical heritage. This research is a qualitative research with an ethnographic approach based on historical aspects of Sangasanga culture. Data was collected using documentation techniques to obtain images of historical buildings and interview techniques to ask the history of the buildings studied to community leaders who understand Sangasanga culture. The analysis technique starts from the reduction, presentation, interpretation, and conclusion stages. The results showed that the Dutch colonial prison building contains several translational concepts in the prisoner cell door, while the Sangasanga Muara monument contains the concept of reflection shown through the beauty of the dragon shape, and the oil lake object contains the concept of rotation shown through the mechanism or how it works.


Keywords


Etnomatematika; Geometri Tranformasi; Monumen Sangasanga

References


Anggristia, S., Yohanie, D. D., & Handayani, A. D. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menentukan Koordinat Cartesius Dan Koordinat Kutub Berdasarkan Teori Hadar. JMPM, 7(1), 3850. Retrieved from http://repository.unpkediri.ac.id/5423/%0Ahttp://repository.unpkediri.ac.id/5423/3/RAMA_84202_18101050013_07107127601_0721048402_01_front_ref.pdf

Balkist, P. S., Patimah, S., & Perlita, N. (2022). Analisis Pembelajaran Matematika di Sekolah Penggerak dalam Menjalankan Kurikulum Merdeka di Masa Pandemi. Prisma, 11(2), 619. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2640

Bustan, A. W., Salmin, M., & Talib, T. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Terhadap Transformasi Geometri Pada Batik Malefo. JUPITEK, 4(2), 8794.

Dambrosio, U. (2014). Ethnomathematics and Its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. FLM Publishing Association, 5(1), 4448.

Darhim, & Rasmedi, A. (2012). Geometri Transformasi (1st ed.; E. Purwanto, N. Hikmah, & B. Pratiwi, eds.). Banten: Universitas Terbuka.

Dewita, A., Mujib, A., & Siregar, H. (2019). Studi Etnomatematika tentang Bagas Godang sebagai Unsur Budaya Mandailing di Sumatera Utara. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 112. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.202

Fachrunnisa, Y. N., & Sari, C. K. (2023). Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Transformasi Geometri Pada Batik Melati Desa Kebon, Bayat. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 294304.

Fitriyah, I. M., Pristiwati, L. E., Saadah, R. Q., Nikmarocha, N., & Yanti, A. W. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Koordinat Cartesius Menurut Teori Kastolan. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 109122. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i2.1002

Hasibuan, H. A., & Hasanah, R. U. (2022). Etnomatematika: Eksplorasi Transformasi Geometri Ornamen Interior Balairung Istana Maimun Sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 16141622. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1371

Kemendikbudristek BSKAP. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen, dan Sebelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek BSKAP RI, p. 9. Jakarta.

Litiloly, S. R., & Namasela, S. raudhah. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Geometri Pada Simbol dan Kegiatan Adat Suku Nuaulu Di Pulau Seram. 12(1), 436449.

Mulyani, E., & Natallasari, I. (2020). Eksplorasi Etnomatematik Batik Sukapura. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 131142.

Muslim, S. R., & Prabawati, M. N. (2020). Studi Etnomatematika terhadap Para Pengrajin Payung Geulis Tasikmalaya Jawa Barat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 5970. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.628

Purba, J. (2013). Sejarah Perjuangan Merah Putih di Sangasanga, Kabupaten Kutai kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur (1st ed.). Pontianak: STAIN Pontianak Press.

Purba, J., Hendraswati, & Anita. (2006). Sangasanga Kota Bersejarah di Provinsi Kalimantan Timur (1st ed.). Pontianak: Balai Pelestarian Niali Budaya Kalimantan Barat.

Sari, A., & Putri, R. I. I. (2021). Inductive Reasoning Ability of Students Using the Palembang Songket Fabric Context in Rotational Learning in Grade IX. Jurnal Pendidikan Matematika, 16(1), 5772. https://doi.org/10.22342/jpm.16.1.14304.57-72

Sulistyowati, D., & Khotimah, R. P. (2022). An exploration of ethnomathematics at Sewu Temple in Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 9(2), 177190.

Thanheiser, E. (2023). What is the Mathematics in Mathematics Education? Journal of Mathematical Behavior, 70(December 2022), 101033. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2023.101033

Ubi, E. E., & Odiong, A. U. (2018). Misconception in Mathematics. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 3(10), 444445. Retrieved from http://www.counton.org/resources/misconceptions/pdfs/misconceptions1~22.pdf

Verner, I., Massarwe, K., & Bshouty, D. (2013). Constructs of engagement emerging in an ethnomathematically-based teacher education course. Journal of Mathematical Behavior, 32(3), 494507. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2013.06.002

Verner, I., Massarwe, K., & Bshouty, D. (2019). Development of competencies for teaching geometry through an ethnomathematical approach. Journal of Mathematical Behavior, 56(May 2017), 100708. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2019.05.002

Wulandari, D. A., & Kusumah, Y. S. (2022). Eksplorasi Konseptual Matematis Pada Batik Trusmi Khas Cirebon Ditinjau Dari Aspek Etnomatematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 35563564.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.