PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP/MTs

Desnani Ulfa(1*), Elfis Suanto(2), Putri Yuanita(3),

(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan koneksi matematis peserta didik dalam materi segiempat dan segitiga disebabkan bahan ajar yang belum dapat memfasilitasi kemampuan koneksi matematis. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis pendekatan kontekstual pada materi segiempat dan segitiga untuk memfasilitasi kemampuan koneksi matematis peserta didik SMP/MTs. Metode penelelitian menggunakan 4D yaitu Define (pendefinisian), Design (perencanaan), Develop (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran). Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi angket, observasi dan wawancara. Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Bangkinang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD valid dari hasil expert review dan praktis dari hasil small group. Pada tahap small group LKPD yang dikembangkan memenuhi aspek penilaian yaitu: kemudahan penggunaannya, penyajian LKPD, keterbacaan, dan waktu. Sehingga LKPD berbasis pendekatan kontekstual untuk memfasilitasi kemampuan koneksi matematis bisa digunakan dalam pembelajaran.

Kata kunci: Kemampuan Koneksi Matematis; LKPD; Pendekatan Kontekstual.

This research is motivated by the low mathematical connection abilities of students in quadrilateral and triangle material due to teaching materials that cannot facilitate mathematical connection abilities. The research aims to produce LKPD based on a contextual approach to quadrilateral and triangle material to facilitate the mathematical connection abilities of SMP/MTs students. The research method uses 4D namely Define, Design, Develop and Disseminate. Data collection techniques used include questionnaires, observation and interviews. This research involved students of class VII SMP Negeri 3 Bangkinang. The results of the study show that LKPD is valid from the results of expert reviews and practical results from small group results. At the small group stage the developed LKPD meets the assessment aspects, namely: ease of use, presentation of LKPD, readability, and time. So that LKPD based on a contextual approach to facilitate mathematical connection abilities can be used in learning.

Keywords:Contextual Approach; LKPD; Mathematical Connection Capability

This research is motivated by the low mathematical connection abilities of students in quadrilateral and triangle material due to teaching materials that cannot facilitate mathematical connection abilities. The research aims to produce LKPD based on a contextual approach to quadrilateral and triangle material to facilitate the mathematical connection abilities of SMP/MTs students. The research method uses 4D namely Define, Design, Develop and Disseminate. Data collection techniques used include questionnaires, observation and interviews. This research involved students of class VII SMP Negeri 3 Bangkinang. The results of the study show that LKPD is valid from the results of expert reviews and practical results from small group results. At the small group stage the developed LKPD meets the assessment aspects, namely: ease of use, presentation of LKPD, readability, and time. So that LKPD based on a contextual approach to facilitate mathematical connection abilities can be used in learning.

Keywords: Contextual Approach; LKPD; Mathematical Connection Capability.


References


Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Andini, N. D., Nurjanah, S., & Hakim, L. El. (2021). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika (THETA), 3(1), 2632.

Ariani, W. (2022). Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 10731077.

Faizah, N., & Listyani, E. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Segitiga Dan Segiempat Dengan Pendekatan Kontekstual Berorientasi Pada Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Pedagogia Matematika, 7(5), 8292.

Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 182192.

Harahap, T. H. (2017). Penerapan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. Jurnal Matematics Paedagogic, I(2), 152162.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(1), 3041.

Juniati, J., Kartini, K., & Maimunah, M. (2021). Perangkat Pembelajaran Materi Segiempat dan Segitiga Berbasis Model PBL untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik SMP/MTs. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 13591374.

Mentari, A., Rahman, B., & Wijaya, S. (2020). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbantuan Puzzle dan Geogebra Ditinjau Berdasarkan Gender. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 2(1), 6988.

Mutiah, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran CTL( Contextual Teaching and Learning ) Kelas XI SMA Negeri 1 Silangkitang. Jurnal SIGMA, 3(2), 3239.

Nursafitri, N., Handayani, N., & Mayasari, M. (2018). Menganalisis Kemampuan Koneksi Matematis pada Materi Bangun Datar Siswa SMPN di Bandung Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 18201828.

Rahmadeni, F., Rahmi, D., & Fitraini, D. (2020). Pengaruh Penerapan Model CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar Peserta Didik MTs Al-Muttaqin Pekanbaru. Journal of Research in Mathematics Learning, 3(3), 225232.

Rizki, L. M., Risnawati, R., & Amir, Z. M. (2017). Pegembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi SMP/MTs. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 4(6), 400409.

Samosir, K., & Simatupang, N. (2022). Analisis Validitas dan Praktikalitas terhadap Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah Pada Materi Statistik. Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 2229.

Sari, J., & Sutirna, S. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 137144.

Suhandri, S., Nufus, H., & Nurdin, E. (2017). Profil Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Level Kemampuan Akademik. Jurnal Analisa, 3(2), 115129.

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulastri, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Ekuivalen-Pendidikan Matematika, 30(1), 16.

Tessmer, M. (1993). Planning, and Conducting - Formative Evaluations. London: Kogan Page.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A sourcebook. In Journal of School Psychology. Indiana: Indiana University.

Yanti, D., Fauziyah, A., & Friansah, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas X Sma Negeri 4 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2015/2016 . Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 139150.

Yenti, I. N. (2009). Pendekatan Kontekstual (CTL) Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Tadib, 12(2), 118125.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.