PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI SEBAGAI MODERASI ANTARA MINAT BELAJAR DAN LITERASI NUMERASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Ni Komang Tri Yunita Dewi(1*), Kadek Adi Wibawa(2), Widiasih Widiasih(3),

(1) Universitas Terbuka
(2) Universitas Mahasaraswati Denpasar
(3) Universitas Terbuka
(*) Corresponding Author


Abstract


Dengan adanya pandemi covid-19, proses pembelajaran dilaksanakan dengan jarak jauh (daring). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap penggunaan teknologi; 2) Pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah; 3) Pengaruh yang signifikan penggunaan teknologi terhadap kemampuan pemecahan masalah; 4) Pengaruh yang signifikan literasi numerasi terhadap penggunaan teknologi; 5) Pengaruh yang signifikan literasi numerasi terhadap kemampuan pemecahan masalah; 6) Pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah melalui penggunaan teknologi; 7) Pengaruh yang signifikan literasi numerasi terhadap kemampuan pemecahan masalah melalui penggunaan teknologi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif “ex post facto” dengan sampel penelitian 242 siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Semarapura. Data dikumpulkan dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa kuesioner dan tes dengan analisis data SmartPLS 3 diperoleh hasil 1) Minat belajar tidak berpengaruh terhadap pemecahan masalah dengan koefisien jalur -0.115; 2) Minat belajar tidak berpengaruh terhadap penggunaan teknologi dengan koefisien jalur -0.077; 3) Penggunaan teknologi berpengaruh terhadap pemecahan masalah dengan koefisien jalur 0.211; 4) Literasi numerasi berpengaruh terhadap penggunaan teknologi dengan koefisien jalur 0.174; 5) Literasi numerasi berpengaruh terhadap pemecahan masalah dengan koefisien jalur 0.160; 6) Minat belajar terhadap pemecahan masalah melalui penggunaan teknologi tidak ada pengaruh yang signifikan dengan koefisien jalur -0.016; 7) Literasi numerasi terhadap pemecahan masalah melalui penggunaan teknologi terdapat pengaruh dengan koefisien jalur 0.073. Salah satu penyebabnya adalah kondisi pembelajaran pada saat penelitian dilakukan, para siswa harus belajar dari rumah akibat Pandemi Covid-19 yang mengurangi kesempatan belajar langsung di sekolah.


Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah; Kemampuan Penggunaan Teknologi; Literasi Numerasi; Minat Belajar.

References


Alberta. (2018). Literacy and Numeracy Progressions. (Online), (https://education.alberta.ca/literacy-and-numeracy/), diakses 19 Maret 2022.

Alfiah, S., Mulyadi, M., & Apriyani, D. C. N. (2021). HUBUNGAN ANTARA LITERASI NUMERASI DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PACITAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 1706-1711.

Gandur, F., Tola, D., & Ma, S. H. G. (2020). PENGARUH KEMAJUAN TEKNOLOGI INTERNET TERHADAP RENDAHNYA MINAT BELAJAR SISWA SMP NEGERI 4 RUTENG MANGGARAI BARAT: Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 5(1), 40-46.

Hendriana, Dkk. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 487-492.

Hermina, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dari Perspektif Minat Belajar?. JURING (Journal of Research in Mathematics Learning), 3(2), 141-148

Kemendikbud. (2017). Materi pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(9), 1-58

Kurniawan, D. E. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education and development, 9(2), 47-51.

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69-88.

Mayasari, D. (2019). Penggunaan Matematika Realistik Melalui Media Autograph Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemecahan Masalah Matematis. Musamus Journal of Mathematics Education, 2(1), 12-21.

Nisrina, N. (2020). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. ALFARISI: Jurnal Pendidikan MIPA, 1(3).

Nolaputra, A. P., Wardono, W., & Supriyono, S. (2018, February). Analisis Kemampuan Literasi Matematika pada Pembelajaran PBL Pendekatan RME Berbantuan Schoology Siswa SMP. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 18-32).

Purpura, D. J. (2009). Informal Number-Related Mathematics Skills: An Examination of The Structure of and Relations Between These Skills in Preschool. Dissertation, Florida State University.

Roebyanto, Goenawan & Harmini, Sri. (2017). Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rohmah, L., Sri Handono B, P., & Yusradi, Y (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Fisika berdasarkan Polya pada Pokok Bahasan Fluida Statis di SMAN Jember. Jurnal pembelajaran fisika, 7(4), 328-333.

Rosida, E. N., Kurniati, L., & Kusumawati, R. (2019). Analisis Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Pemanfaatan Teknologi Digital Siswa. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(1), 33-39.

Siskawati1, F. S., Chandra2, F.E., & Tri Novita Irawati3. (2020). Profil Kemampuan Literasi Numerasi Di Masa Pandemi Cov-19, Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika , 1(101), 258

Sudarman, S., Sartika, S., Sugiharta, I., & Farida, F. (2021). Pengaruh E-learning Berbantuan Google Classroom Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2133-2140.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Prastiwi, M. D., & Nurita, T. (2018). Kemampuan Pemecahan Pada Siswa VII SMP. 06, 6

Yuliati, I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1159-1168.

Zulya, L. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas IX. 1 SMP Negeri 1 Sungai Limau Kab. Padang Pariaman (Doctoral dissertation, STKIP PGRI Sumatera Barat).




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.