PENGARUH MODEL CORE DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA
(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(3) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Model Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending (CORE) menekankan kepada kemampuan berpikir siswa melalui 4 tahapan yaitu, keterikatan, pengorganisasian, refleksi, dan mengembangkan informasi yang didapat. Pembelajaran matematika yang sering dilakukan kurang terperinci, sehingga terhambatnya kemampuan siswa dalam berpikir kritis matematis. Pelaksanaan pembelajaran matematika yang berbantuan dengan pendekatan Open-Ended akan membantu siswa dalam menyelesaikan permasalahan pada soal secara terperinci. Penelitian ini dilakukan di kelas VI SDN Sidorejo pada materi bangun ruang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran CORE dengan pendekatan Open-Ended terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini menggunakan jenis pre-experiment dengan desain One group pretest-postest. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa tes berbentuk esay untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 24 siswa dari 30 siswa dengan teknik pengambilan sampel bertujuan. Berlandaskan hasil yang diperoleh menyatakan = bahwa model pembelajaran CORE dengan pendekatan Open-Ended memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas IV pada materi bangun ruang.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Agasisti, T., & Zoido, P. (2018). Comparing the efficiency of schools through international benchmarking: Results from an empirical analysis of OECD PISA 2012 data. Educational Researcher, 47(6), 352–362. https://doi.org/https://doi.org/10.3102/0013189X18777495
Agustian, E., Sujana, A., & Kurniadi, Y. (2015). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 234–242. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i2.1333
Ayu, G., Dantes, N., & Jampel, I. N. (2015). Pengaruh Penerapan Model Core Terhadap Kecamatan Denpasar Barat. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 1–10. http://download.portalgaruda.org/
Ayudia, G., & Mariani. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Core untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP S Methodist Rantauprapat. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1–19.
Beladina, N., & Suyitno, A. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran Core Berbantuan LKPD terhadap Kreativitas Matematis Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3), 34–39.
Betty. B. A. (2015). Penerapan Model Open Ended Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn 1 Repaking - Wonosegoro - Boyolali. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 78. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p78-91
Dwidayati, N. K., & Solehuzain. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu pada Model Problem-Based Learning dengan Masalah Open Ended. Ujmer, 6(1), 103–111. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Elson, S. B., Hartman, R., Beatty, A., Trippe, M., Buckley, K., Bornmann, J., Bochniewicz, E., Lehner, M., Korenovska, L., Lee, J., Servi, L., Dingwall, A., Lehner, P. E., Soltis, M., Brown, M., Beltz, B., & Sprenger, A. (2018). Critical Analytic Thinking Skills: Do They Predict Job-Related Task Performance Above and Beyond General Intelligence? Personnel Assessment and Decisions, 1(4). https://doi.org/10.25035/pad.2018.002
Fatimah, A. E. (2019). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Pembelajaran Model Connecting-. Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 51–58.
Friscillia, N., Prihatiningtyas, N. C., & Nurhayati, N. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Conecting, Organizing, Reflecting, Extending (Core) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas Vii. Journal of Educational Review and Research, 4(1), 63. https://doi.org/10.26737/jerr.v4i1.2364
Hamidy, A., & Jailani, J. (2019). Kemampuan proses matematis siswa Kalimantan Timur dalam menyelesaikan soal matematika model PISA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 133–149. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.26679
Koriyah, V. N., & Harta, I. (2015). Pengaruh Open-Ended terhadap Prestasi Belajar, Berpikir Kritis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 95–105.
Kurniati, K., Kusumah, Y. S., Sabandar, J., & Herman, T. (2015). Mathematical Critical Thingking Ability Through. IndoMS-JMS, 6(1), 53–62. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1079602.pdf
Monrat, N., Phaksunchai, M., & Chonchaiya, R. (2022). Developing Students’ Mathematical Critical Thinking Skills Using Open-Ended Questions and Activities Based on Student Learning Preferences. Education Research International, 2022(2015). https://doi.org/10.1155/2022/3300363
Novikasari, I. (2009). Pengembangan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran Matematika Open-Ended di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(2), 346–364.
Nugroho, S. G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa di SMP Negeri 206 Jakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 2(1), 84–93. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v2i1.12128
OEDC. (2018). PISA 2012 Assesment and Analytical Framework: Mathematic, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. OEDC Publications
Prihartini, E., Lestari, P., & Saputri, S. A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Pendekatan Open Ended. Prosiding Seminar Nasional Matematika IX 2015, 58–64.
Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441.
Ratna Widianti Utami, Bakti Toni Endaryono, & Tjipto Djuhartono. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir KreatifMatematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48.
Rezeki, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Novick. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 281–291. https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1203
Ruli, E., & Indarini, E. (2022). Meta analisis pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 221–228. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Sarimanah, T. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Smp Melalui Pendekatan Problem Posing. Prisma, 6(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.123
Septian, A., & Komala, E. (2019). Kemampuan Koneksi Matematik Dan Motivasi Belajar Siswa Dengan Mengunakan Model Problem-Based Learning (Pbl) Berbantuan Geogebra Di Smp. Prisma, 8(1), 1. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.438
Siregar, N. A. R., Deniyanti, P., & Hakim, L. El. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Core Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Disposisi Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Siswa Sma Negeri Di Jakarta Timur. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2997
Subur, J. (2016). Analisis Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika Di Kelas. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1). https://doi.org/10.17509/jpp.v13i1.3478
Sukerti, N. N., Marhaeni, A. A. I. N., & Suarni, N. K. (2015). Pengaruh Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Pendekatan Saintifik Terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tibubeneng Kuta Utara. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4 (1), 2–9.
Wahyuningtyas, P. S., Setiani, Y., & Khaerunnisa, E. (2020). Pengaruh Model Core dengan Pendekatan Open Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 81. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.979
Wu, X., Wu, R., Chang, H. H., Kong, Q., & Zhang, Y. (2020). International Comparative Study on PISA Mathematics Achievement Test Based on Cognitive Diagnostic Models. Frontiers in Psychology, 11(September), 1–13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.02230
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7333
Refbacks
- There are currently no refbacks.