PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN BANTUAN GEOGEBRA
(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(3) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan bantuan geogebra terhadap prestasi belajar dan keterampilan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode pre-eksperimen. Adapun desain penelitian yang dipakai yakni One-Group Pre-test-Postest Design. Tahapan pada penelitian ini, yakni: (1) melakukan pretest, (2) memberikan perlakuan pembelajaran, (3) melakukan postest dan (4) menarik kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan dikelas VIID SMPN 2 Gamping Tahun Akademik 2021/2022. Instrumen dari penelitian ini yakni tes. Instrumen tes berupa pre-tes dan posttest yang mengukur prestasi belajar matematika dan keterampilan komunikasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pembelajaran kooperatif jenis STAD dengan bantuan geogebra mampu meningkatkan prestasi belajar matematika yang mencapai kategori tinggi (N-gain = 0,73) dan keterampilan komunikasi matematis yang mencapai kategori tinggi (N-gain = 0,71). Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif jenis STAD dengan bantuan geogebra bisa menjadi solusi untuk meningkatkan prestasi belajar dan keterampilan komunikasi matematis.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anwar, A., & Santosa, R. H. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization (TAI) ditinjau dari Prestasi Belajar dan Self-Efficacy Matematika Siswa SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 49–57. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1560
Anwar, & Mardiana. (2022). Hubungan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Baubau. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 4(2), 185–199. https://doi.org/10.31605/ijes.v4i2.1330
Arifin, M. C. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) berbantuan geogebra terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan …, 232–236. http://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/947%0Ahttp://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/download/947/553
Arisa, N., Johansyah, & Ali Hanif, M. K. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Novick terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMK Negeri 17 Samarinda Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 1(01), 45–55. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i01.77
Asdarina, O., & Khatimah, H. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Matriks Berbantuan Aplikasi Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 860. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3515
Asmar, A., & Delyana, H. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penggunaan Software Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 221. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2758
Demitra, & Wulandandari, J. (2015). Hasil Belajar Matematika dan Motivasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Handep dan STAD. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 3(2), 1–15. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jktp/article/view/10149/6544
Edistria, E. (2016). Pengaruh Hypnoteaching dalam Problem- Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 59–66. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/8561/9022
Firdayati, L. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Discovery Learning Dengan Geogebra Pada Materi Transformasi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 833. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2899
Hendra. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bangkinang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 29–41.
Ismail, R. N., Arnawa, I. M., & Yerizon, Y. (2020). Student worksheet usage effectiveness based on realistics mathematics educations toward mathematical communication ability of junior high school student. Journal of Physics: Conference Series, 1554(1), 0–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1554/1/012044
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2014). Cooperative Learning in 21st Century. [Aprendizaje cooperativo en el siglo XXI]. Anales de Psicología, 30(3), 841–851. https://doi.org/10.6018/analesps.30.3.201241
Lusiana, R., Dewi Susanti, V., & Andari, T. (2019). Pengaruh Project Based Learning Berbasis Media Interaktif terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 354–361. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2203
Nofrianto, A., Maryuni, N., & Amri, M. A. (2017). Komunikasi matematis siswa: pengaruh pendekatan matematika realistik. Jurnal Gantang, 2(2), 113–122.
Nurani, S. E., Afghohani, A., & Exacta, A. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial Dan Agama, 4(2), 1–5.
Putri, L., Dwijanto, & Sugiman. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dan Rasa Percaya Diri Siswa SMK Kelas X pada Pembelajaran Geometri Model Van Hiele Ditinjau dari Gaya Kognitif. Unnes Journal Of Mathematics Education, 6(1), 97–107. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i1.1264
Rahmadani, Y., Tayeb, T., & Baharuddin. (2018). Modul Matematika Berbasis Model Kooperatif Tipe STAD Dengan Metode Penemuan Terbimbing Pada Pokok Bahasan Teorema Phytagoras. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 23–32. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i3
Roza, N., Arnawa, I. M., & Yerizon. (2018). Practicality of Mathematics Learning Tools Based on Discovery Learning for Topic Sequence and Series. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(5), 236–241. www.ijstr.org
Sadiyah, H., Hakiim, S., & Ibrahim. (2022). Pengaruh Cara Belajar Matematika Siswa SMP Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Masa Pandemi. Journal on Education, 4(3), 852–860. https://doi.org/10.31004/joe.v4i2.422
Silva, H., Lopes, J., Dominguez, C., & Morais, E. (2022). Lecture, Cooperative Learning and Concept Mapping: Any Differences on Critical and Creative Thinking Development. International Journal of Instruction, 15(1), 765–780. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15144a
Siti Fitriani, R. (2015). Pengaruh Pembelajaran Koopertif Tipe Stad Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 1(1), 128–141. https://doi.org/10.36989/didaktik.v1i1.19
Suardiana, I. (2021). Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD. Journal of Education Action Research, 5, 542. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.39476
Sumaji, Wanabuliandari, S., & Rahaju. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1484–1491. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.7167
Suparsawan, I. K. (2021). IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Indonesian Journal of Educational Developmen, 1(4), 607–620. https://doi.org/10.5281/zenodo.4560676
Vrihastien, A., Widodo, S. A., & Ayuningtyas, A. D. (2019). Efektivitas Student Teams Achievement Division Ditinjau Dari Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 374–381. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2312
Waluyo, S. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Materi Faktorisasi Suku Aljabar Siswa SMP (Vol. 63, Issue 2) [Universitas Muhammadiyah Malang]. http://forschungsunion.de/pdf/industrie_4_0_umsetzungsempfehlungen.pdf%0Ahttps://www.dfki.de/fileadmin/user_upload/import/9744_171012-KI-Gipfelpapier-online.pdf%0Ahttps://www.bitkom.org/ sites/default/files/ pdf/Presse/Anhaenge-an-PIs/ 2018/180607 -Bitkom
Wardhana, I. R., & Lutfianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.33772/jpbm.v6i1.18618
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7317
Refbacks
- There are currently no refbacks.