PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN BANTUAN GEOGEBRA

Melda Datu Kalu(1*), Jailani Jailani(2), Wahyu Setyaningrum(3),

(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta
(3) Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan bantuan geogebra terhadap prestasi belajar dan keterampilan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode pre-eksperimen. Adapun desain penelitian yang dipakai yakni One-Group Pre-test-Postest Design. Tahapan pada penelitian ini, yakni: (1) melakukan pretest, (2) memberikan perlakuan pembelajaran, (3) melakukan postest dan (4) menarik kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan dikelas VIID SMPN 2 Gamping Tahun Akademik 2021/2022. Instrumen dari penelitian ini yakni tes. Instrumen tes berupa pre-tes dan posttest yang mengukur prestasi belajar matematika dan keterampilan komunikasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pembelajaran kooperatif jenis STAD dengan bantuan geogebra mampu meningkatkan prestasi belajar matematika yang mencapai kategori tinggi (N-gain = 0,73) dan keterampilan komunikasi matematis yang mencapai kategori tinggi (N-gain = 0,71). Sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif jenis STAD dengan bantuan geogebra bisa menjadi solusi untuk meningkatkan prestasi belajar dan keterampilan komunikasi matematis.


Keywords


geogebra; komunikasi matematis; prestasi belajar matematika; STAD

References


Anwar, A., & Santosa, R. H. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization (TAI) ditinjau dari Prestasi Belajar dan Self-Efficacy Matematika Siswa SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 49–57. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1560

Anwar, & Mardiana. (2022). Hubungan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Baubau. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 4(2), 185–199. https://doi.org/10.31605/ijes.v4i2.1330

Arifin, M. C. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) berbantuan geogebra terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan …, 232–236. http://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/947%0Ahttp://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/download/947/553

Arisa, N., Johansyah, & Ali Hanif, M. K. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Novick terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMK Negeri 17 Samarinda Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 1(01), 45–55. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i01.77

Asdarina, O., & Khatimah, H. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Matriks Berbantuan Aplikasi Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 860. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3515

Asmar, A., & Delyana, H. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penggunaan Software Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 221. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2758

Demitra, & Wulandandari, J. (2015). Hasil Belajar Matematika dan Motivasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Handep dan STAD. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 3(2), 1–15. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jktp/article/view/10149/6544

Edistria, E. (2016). Pengaruh Hypnoteaching dalam Problem- Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 59–66. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/8561/9022

Firdayati, L. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Discovery Learning Dengan Geogebra Pada Materi Transformasi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 833. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2899

Hendra. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bangkinang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 29–41.

Ismail, R. N., Arnawa, I. M., & Yerizon, Y. (2020). Student worksheet usage effectiveness based on realistics mathematics educations toward mathematical communication ability of junior high school student. Journal of Physics: Conference Series, 1554(1), 0–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1554/1/012044

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2014). Cooperative Learning in 21st Century. [Aprendizaje cooperativo en el siglo XXI]. Anales de Psicología, 30(3), 841–851. https://doi.org/10.6018/analesps.30.3.201241

Lusiana, R., Dewi Susanti, V., & Andari, T. (2019). Pengaruh Project Based Learning Berbasis Media Interaktif terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 354–361. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2203

Nofrianto, A., Maryuni, N., & Amri, M. A. (2017). Komunikasi matematis siswa: pengaruh pendekatan matematika realistik. Jurnal Gantang, 2(2), 113–122.

Nurani, S. E., Afghohani, A., & Exacta, A. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial Dan Agama, 4(2), 1–5.

Putri, L., Dwijanto, & Sugiman. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dan Rasa Percaya Diri Siswa SMK Kelas X pada Pembelajaran Geometri Model Van Hiele Ditinjau dari Gaya Kognitif. Unnes Journal Of Mathematics Education, 6(1), 97–107. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i1.1264

Rahmadani, Y., Tayeb, T., & Baharuddin. (2018). Modul Matematika Berbasis Model Kooperatif Tipe STAD Dengan Metode Penemuan Terbimbing Pada Pokok Bahasan Teorema Phytagoras. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 23–32. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i3

Roza, N., Arnawa, I. M., & Yerizon. (2018). Practicality of Mathematics Learning Tools Based on Discovery Learning for Topic Sequence and Series. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(5), 236–241. www.ijstr.org

Sadiyah, H., Hakiim, S., & Ibrahim. (2022). Pengaruh Cara Belajar Matematika Siswa SMP Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Masa Pandemi. Journal on Education, 4(3), 852–860. https://doi.org/10.31004/joe.v4i2.422

Silva, H., Lopes, J., Dominguez, C., & Morais, E. (2022). Lecture, Cooperative Learning and Concept Mapping: Any Differences on Critical and Creative Thinking Development. International Journal of Instruction, 15(1), 765–780. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15144a

Siti Fitriani, R. (2015). Pengaruh Pembelajaran Koopertif Tipe Stad Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 1(1), 128–141. https://doi.org/10.36989/didaktik.v1i1.19

Suardiana, I. (2021). Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD. Journal of Education Action Research, 5, 542. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.39476

Sumaji, Wanabuliandari, S., & Rahaju. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1484–1491. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.7167

Suparsawan, I. K. (2021). IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Indonesian Journal of Educational Developmen, 1(4), 607–620. https://doi.org/10.5281/zenodo.4560676

Vrihastien, A., Widodo, S. A., & Ayuningtyas, A. D. (2019). Efektivitas Student Teams Achievement Division Ditinjau Dari Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 374–381. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2312

Waluyo, S. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Materi Faktorisasi Suku Aljabar Siswa SMP (Vol. 63, Issue 2) [Universitas Muhammadiyah Malang]. http://forschungsunion.de/pdf/industrie_4_0_umsetzungsempfehlungen.pdf%0Ahttps://www.dfki.de/fileadmin/user_upload/import/9744_171012-KI-Gipfelpapier-online.pdf%0Ahttps://www.bitkom.org/ sites/default/files/ pdf/Presse/Anhaenge-an-PIs/ 2018/180607 -Bitkom

Wardhana, I. R., & Lutfianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.33772/jpbm.v6i1.18618




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.