EFEKTIVITAS TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN POWER POINT INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD

Candra Tri Utami(1*), Kelana Gusti Arwan Fernando(2), Asih Mardati(3),

(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Sebelas Maret
(3) Universitas Ahmad Dahlan
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk menganalisis keefektivan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar siswa. Quasi Experimental Design dipilih sebagai jenis penelitian pada studi ini, dengan populasi berjumlah 124 siswa SD Muhamadiyah Condongcatur. Subjek penelitian ini mengambil 31 siswa kelas 5A sebagai kelas eksperimen dan 31 siswa 5C sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Instrumen penelitian ini berupa observasi, pemberian soal tes pilihan ganda, dan dokumentasi.  Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji prasyarat dengan rincian yaitu uji normalitas, uji liniearitas, dan uji homogenitas serta uji hipotesis (Uji T).  Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model TGT efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Hal tersebut terbukti dari hasil uji hipotesis (Uji T) yang menunjukkan nilai mean pada kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol (57,50 > 53,25) dengan nilai standar deviasi (21,78 > 15,06). Selain itu, terdapat perbedaan signifikansi pada nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol (Sig. 0,0436 < 0,05).

 

This study aims to determine the effectiveness of the TGT cooperative model on student learning outcomes. The type of this research is a Quasi-Experimental Design with a population of 124 students at SD Muhamadiyah Condongcatur. The subjects of this study took 31 students from class 5A as the experimental class and 31 people from 5C as the control class. The sampling technique used is purposive sampling. The research instruments were in the form of observation, giving multiple-choice test questions, and documentation. Analysis of the data used in this study with a prerequisite test using the normality test, linearity test, and homogeneity test as well as hypothesis testing (T-test). The results showed that the use of the TGT learning model was effective in improving mathematics learning outcomes. This is evident from the results of the hypothesis test (T-test) which shows the mean value in the experimental class is greater than in the control class (57.50 > 53.25) with a standard deviation value (21.78 > 15.06). In addition, there is a significant difference in the values of the experimental class and the control class (Sig. 0.0436 <0.05).


Keywords


Hasil Belajar, Kerjasama, Teams Games Tournament

References


Damayanti, S., & Apriyanto, M. T. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Jkmp (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 02(02), 235–244. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00

Endah, N. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbantuan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 96. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2131

Fadlurreja, R., N., R, D., & S., R. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model. 2, 616–621.

Ismah, Z., & Ernawati, T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Viii Smp Ditinjau Dari Kerjasama Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 82–85. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.576

Lestari, N. I., Razak, A., Lufri, L., Zulyusri, Z., & Arsih, F. (2022). Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 8(1), 17–30. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v8i1.12917

Marfu’ah, S., Zaenuri, Masrukan, & Walid. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 50–54. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Mukminah, M., Fitriani, E., Mahsup, M., & Syaharuddin, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(2), 1. https://doi.org/10.31764/justek.v2i2.3533

Nadrah, N., Tolla, I., Ali, M. S., & Muris, M. (2017). The Effect of Cooperative Learning Model of Teams Games Tournament (TGT) and Students’ Motivation toward Physics Learning Outcome. International Education Studies, 10(2), 123. https://doi.org/10.5539/ies.v10n2p123

Nafiah, M., Retno, R. S., & Dewi, C. (2022). Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Penerapan Media Pembelajaran PPT Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 936–944. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Solihah, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1), 45–53. https://doi.org/10.30998/sap.v1i1.1010

Surya, Y. F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Gamestournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajarmatematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Bangkinang Kota. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 154–163. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.41

Suryasa, I. K. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Inovasi, 8(9), 70–74. https://drive.google.com/file/d/1AiylJFtFrQe9_qSyflnUQ1WP8qn9t5LX/view

Susmiati. (2021). Penggunaa Media Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa di Kelas V SDN 118275 Sialang Pamoran II Kecamatan Silangkitang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 03(01), 62–72.

Ummah, I. W. (2022). The Effect of the TGT (Teams Games Tournament) Learning Model on the Collaborative Skills of Class VI Students on the Theme of Unity in Difference. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 4(6), 837–842.

Widayanti, L., & Rahayu, W. A. (2022). THE EFFECTIVENESS OF TEAMS GAMES TOURNAMENT IN BILINGUAL MATHEMATICS LEARNING AGAINTS ACTIVITIES AND LEARNING OUTCOME. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3565–3572.

Yulianti, F., Enawati, E., & Amalya Melati, H. (2016). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Tgt Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Mts. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(9), 1–12.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.