PROFIL PENALARAN INDUKTIF SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH NUMERASI PADA MATERI POLA BILANGAN
(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ardhiyanti, E., Sutriyono, S., & Pratama, F. W. (2019). Deskripsi Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 90–103. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.82
As’ari, A. R., Mohammad, T., Imron, E. V. Z., & Taufiq, I. (2017). Buku Siswa Matematika Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 (ke-2). Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Cañadas, M. C., & Castro, E. (2009). A proposal of categorisation for analysing inductive reasoning. Research in Educational Psychology, 1(2), 261–278. https://doi.org/10.30827/pna.v1i2.6213
Chabibah, L. N., Siswanah, E., & Tsani, D. F. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita barisan ditinjau dari adversity quotient. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 199–210. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.29024
Febriani, C., & Rosyidi, A. H. (2013). Identifikasi Penalaran Induktif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. Mathedunesa, 7(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v2n1.p%25p
Geiger, V. (2016). Teachers as Designers of Effective Numeracy Tasks. In White, B., Chinnappan, M. & Trenholm, S. (Eds.). Opening up mathematics education research (Proceedings of the 39th annual conference of the Mathematics Education Research Group of Australasia), 2013, 254–261.
Hidayati, A. N., Rahman As, A., & Abadyo. (2017). Proses berpikir siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal matematika timss materi besar sudut dalam bentuk geometris. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(7), 946–954. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9677
Irianti, N. P. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(1), 80. https://doi.org/10.30651/must.v5i1.3622
Kaput, J. J., & Blanton, M. (2005). Characterizing a classroom practice that promotes algebraic reasoning. Journal for research in mathematics education, 36(5), 412.
Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. In Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Vol. 8, Nomor 9).
Kemendikbud. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD, 021, 1–206.
Lailiyah, S., Nusantara, T., Sa’dijah, C., & Irawan, E. B. (2015). Proses Berpikir Versus Penalaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 978.
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakag) di SMPn Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644
Muhsetyo, G. (2017). Kajian Penggunaan Kalender, Daftar Bilangan, Dan Persegi Magis Untuk Membelajarkan Siswa Tentang Pola Bilangan. J-KPS, 1(1).
NCTM. (2000). Principle and standards for school mathematics. VA : NCTM.
OECD. (2003). The PISA 2003 Assessment framework-Mathematics, Reading, Science and problem Solving knowledge and skills. In USA. OECD-PISA.
Polya, G. (1985). How To Solve It (Second edi). University Press, Princeton.
Pradini, W. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Amal Pendidikan, 2(2), 130. https://doi.org/10.36709/japend.v2i2.19563
Purwaningtyas, K., & Rosyidi, abdul haris. (2020). Penalaran Aljabar Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pola Bilangan. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 4(1), 41–49.
Sari, I. L., Irawan, E., Aristiawan, A., & Rokmana, A. W. (2021). Analisis Tingkat Penalaran Peserta Didik SMP dalam Memecahkan Masalah Soal Evaluasi Berbasis Literasi Numerasi. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 333–342. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i3.135
Sari, N. I. P., Subanji, S., & Hidayanto, E. (2018). Diagnosis Kesalahan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan. Kajian Pembelajaran Matematika, 2(2), 64–69. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm/article/view/1065
Serli, E., Subanji, & Santi, I. (2019). Penalaran Induktif Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Transformasi Geometri. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(2), 78–85.
Sosa Moguel, L. E., Aparicio Landa, E., & Cabañas-Sánchez, G. (2019). Characterization of Inductive Reasoning in Middle School Mathematics Teachers in a Generalization Task. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(3), 563–581. https://doi.org/10.29333/iejme/5769
Vebrian, R., Putra, Y. Y., Saraswati, S., & Wijaya, T. T. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Kontekstual. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2602. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4369
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7279
Refbacks
- There are currently no refbacks.