PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “CERMAT” BERBASIS ANDROID PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS
(1) Universitas Negeri Gorontalo
(2) Universitas Negeri Gorontalo
(3) Universitas Negeri Gorontalo
(*) Corresponding Author
Abstract
Penggunaan media dalam pembelajaran matematika dimaksudkan untuk mengakselerasi pemahaman konsep matematis siswa yang diharapkan akan berdampak pada peningkatan hasil belajarnya. Melalui penelitian ini dikembangkan suatu multimedia pembelajaran matematika berbasis android “Cermat” pada materi Koordinat Cartesius, yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan model ASSURE yang diadopsi untuk pengembangan media pembelajaran. Tahapan model ASSURE terdiri dari 6 tahapan yaitu Analyze learners characteristic, State objectives, Select technology, media and materials, Utilize technology, media and materials, Require learner participation, dan Evaluation and revise. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Bone Bolango. Berdasarkan hasil penilaian validator ahli media dan ahli materi masing-masing memperoleh skor rata-rata kevalidan 3,84 kategori sangat valid dan 3,09 valid. Persentase hasil analisis uji keterbacaan mencapai 89,74% dengan kriteria sangat baik. Untuk uji coba multimedia mendapatkan hasil respon siswa dengan persentase 85,66% kategori sangat positif sedangkan untuk evaluasi media oleh guru meraih skor rata-rata keseluruhan 3,58 kategori sangat praktis. Hasil tes belajar matematika siswa menunjukkan ketuntasan sebesar 77,77% kategori efektif, sehingga multimedia pembelajaran matematika “CerMat” layak diterapkan di kelas
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arina, D., Sri Mujiwati, E., & Kurnia, I. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pebelajaran Volume Bangun Ruang Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 168–175.
Asmal, M., & Taufik, A. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Powtoon Terintegrasi Dengan Microsoft Office Powerpoint Pada Materi Koordinat Cartesius. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 112–122.
Audina, R., Setyaningsih, K., & Fitri, I. (2022). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Dharma Wanita Pampangan Oki. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3).
Baina, N., Machmud, T., & Abdullah, A. W. (2022). Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(1), 28–37.
Bringula, R. P., Alvarez, J. N., Evangelista, M. A., & So, R. B. (2018). Learner-interface interactions with mobile-assisted learning in mathematics: Effects on and relationship with mathematics performance. In K-12 STEM Education: Breakthroughs in Research and Practice (pp. 305–321). IGI Global.
Fitriyah, I. M., Pristiwati, L. E., Sa’adah, R. Q., Nikmarocha, N., & Yanti, A. W. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Koordinat Cartesius Menurut Teori Kastolan. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 109–122.
Heswari, S., & Patri, S. F. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2715–2722.
Hodiyanto, H., Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash bermuatan problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323–334.
Ibrahim, A. A. (2015). Comparative analysis between system approach, Kemp, and ASSURE instructional design models. International Journal of Education and Research, 3(12), 261–270.
Ismiranda, & Ariani, Y. (2020). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran Faktor dan Kelipatan Suatu Bilangan di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 503–511.
Khaeroni, K., & Nopriyani, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas V SD/MI Pada Pokok Bahasan Sistem Koordinat. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 76–93.
Khusnah, N., Sulasteri, S., Suharti, S., & Fitriani Nur. (2020). Pengembangan media pembelajaran jimat menggunakan articulate storyline. Jurnal Analisa, 6(2), 197–208.
Kue, H. A., Badu, S. Q., Resmawan, R., & Zakiyah, S. (2022). Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Muhammadiyah Tolangohula. Research in the Mathematical and Natural Sciences, 1(1), 39–46.
Machmud, T., Sartika, S., & Achmad, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline Materi Statistika dan Peluang Kelas VIII SMP. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 67–78.
Masykur, R., Ramadhani Aulia, L., & Sugiharta, I. (2018). Microsoft Powerpoint Pada Aplikasi Android Dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis. MaPan, 6(2), 265–273.
Nadzif, M., Irhasyuarna, Y., & Sauqina, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Sistem Tata Surya SMP (Vol. 1).
Nawawi, N. (2018). Mendesain Pembelajaran Efektif Berdasarkan Model’Assure’. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 1, 1302–1307.
Nissa, A. D. A., Toyib, M., Sutarni, S., Akip, E., Kadir, S., Ahmad, & Solikin, A. (2021). Development of Learning Media Using Android-Based Articulate Storyline Software for Teaching Algebra in Junior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1720(1). IOP Publishing Ltd.
Nurdiana, R., & Asmah, S. N. (2022). GAME EDUKASI MATEMATIKA “Tang Mane Bakoel Saprahan” DENGAN KONTEKS KEARIFAN LOKAL MELAYU KALIMANTAN BARAT. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 7(1), 1. https://doi.org/10.26737/jpmi.v7i1.2695
Nurmala, S., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2021). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa SD/MI. Jurnal Basicedu, 5(6), 5024–5034. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1546
Pakaya, A., & Machmud, T. (2021). The development of Geogebra-assisted mathematics learning media on geometry of space flat-side of cubes and blocks. Journal of Physics: Conference Series, 1968(1). IOP Publishing Ltd.
Pauweni, K. A. Y., Uwange, D. I., Ismail, S., & Kobandaha, P. E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teorema Pythagoras Menggunakan Aplikasi Geogebra di Kelas VIII SMP Negeri 15 Gorontalo. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2660–2672.
Prasetyo, A. F. D., & Astuti, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran “ORMAS” (Organ tubuh manusia) Berbasis Aplikasi Microsoft Power Point di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1198–1209.
Rahmat, R., & Irfan, D. (2019). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Komputer Dan Jaringan Dasar Di SMK. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(1), 48–53.
Shunkov, V., Shevtsova, O., Koval, V., Grygorenko, T., Yefymenko, L., Smolianko, Y., & Kuchai, O. (2022). Prospective Directions of Using Multimedia Technologies in the Training of Future Specialists. IJCSNS International Journal of Computer Science and Network Security, 22(6), 739.
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2011). Intrukctional Technology & Media For Learning (9th ed.; A. Rahman, Ed.). Jakarta Timur: Prenada Media Group.
Susilo, J., Riyadi, & Hadiyah. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan Articulate Storyline pada materi kecepatan dan debit untuk peserta didik kelas V sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 11(1), 2003–2005.
Tarigan, D., & Siagian, D. S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. In Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan (Vol. 2).
Viola, F. O., & Waldi, A. (2023). Pengembangan Media Interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Problem-Based Learning di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 11, 78–88.
Wahyudi, D. A., & Amry, Z. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Articulate Storyline 3 Berbasis Android. Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 12–21.
Wahyuni, D. Q., & Ananda, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 859–872.
Wares, F. R. D., Djakaria, I., Usman, K., & Bito, N. (2021). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bola Kelas IX di SMP Negeri 2 Gorontalo. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 211–225.
Wonggo, M. A., Waworuntu, J., Komansilan, T., Pendidikan, J., Informasi, T., Komunikasi, D., & Teknik, F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Animasi 2d Berbasis Mobile Untuk Siswa SMK. In Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Vol. 1).
Yasin, A. N. (2017). Kelayakan Teoritis Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 169–174.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7265
Refbacks
- There are currently no refbacks.