PENGEMBANGAN INSTRUMEN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA
(1) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(2) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(4) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penyebaran informasi yang tidak terkendali yang didukung oleh kemajuan teknologi informasi sebagai ciri abad 21 memerlukan kemampuan berpikir kritis untuk menyeleksi informasi yang diterima sehinga kemampuan berpikir kritis matematika menjadi penting bagi siswa untuk ditingkatkan melalui berbagai upaya kegiatan yang harus dilakukan. Menyusun dan mengembangkan instrumen yang handal dan layak digunakan sebagai pengumpul data kemampuan berpikir kritis matematika siswa adalah salah satu upaya. Penelitian ini adalah merupakan pengembangan instrumen tes dengan metode Research and Development. Penelitian dilakukan di SMA Negeri Tangerang Selatan dengan target populasi siswa kelas X IPA dan populasi terjangkau adalah siswa kelas X IPA SMAN 3 dan SMAN 12 Tangerang Selatan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa Confirmatory Factor Analysis (CFA) Kaisser-Meyer-Olkin Measure of Sampling Adequacy (KMO-MSA) sebesar 0,566 > 0,5 sehingga instrumen memenuhi syarat validitas dilihat dari sampel yang digunakan. Sedangkan untuk skor Anti-image korelasi, sembilan item menunjukkan nilai ? 0,5 dan ada tiga item yang nilainya masih <0,5 yaitu b1, b5, dan b11. Kemudian dilakukan rotasi tanpa melibatkan 3 item dan diperoleh nilai loading faktor ? 0,5 (N = 143), disimpulkan bahwa indikator (item) yang digunakan pada variabel berpikir kritis matematika dinyatakan valid.
The spread of uncontrolled information supported by advances in information technology as a feature of the 21st century requires critical thinking skills to select the information received so that mathematical critical thinking skills become important for students to be improved through various activities that must be carried out. Arranging and developing instruments that are reliable and appropriate for use as data collectors for students' critical thinking skills in mathematics is one of the efforts. This research is the development of a test instrument with the Research and Development method. The research was conducted at SMA Negeri Tangerang Selatan with the target population being students in class X IPA, and the accessible population was students in class X IPA at SMAN 3 and SMAN 12 Tangerang Selatan.. From the research results, it was found that the Kaisser-Meyer-Olkin Confirmatory Factor Analysis (CFA) Measure of Sampling Adequacy (KMO-MSA) was 0.566 > 0.5 so that the instrument met the validity requirements seen from the sample used. As for the correlation Anti-image score, nine items show a value ? 0.5 and there are three items whose value is still <0.5, namely b1, b5, and b11. Afterwards, a rotation was carried out without 3 elements and a load factor of 0.5 (N = 143) was obtained. It was concluded that the indicators (items) used in the mathematical critical thinking variable were declared valid.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afriansyah, E. A., Herman, T., Turmudi, T., & Dahlan, J. A. (2020). Mendesain soal berbasis masalah untuk kemampuan berpikir kritis matematis calon guru. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 239250.
Alwi, I. (2015). Kriteria empirik dalam menentukan ukuran sampel pada pengujian hipotesis statistika dan analisis butir. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).
Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Saffanah, K. N. (2021). Pengaruh kurangnya literasi serta kemampuan dalam berpikir kritis yang masih rendah dalam pendidikan di Indonesia. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1).
Arifin, Z. (2016). Pengembangan instrumen pengukur berpikir kritis matematika siswa SMA kelas X. Jurnal Theorems, 1(2), 301751.
Arifin, Z., & Retnawati, H. (2017). Pengembangan instrumen pengukur higher order thinking skills matematika siswa SMA kelas X. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1).
Dewangga Yudhistira, T. (2020). Content Validity of Agility Test in Karate Kumite Category. Journal of Human Movement and Sports Sciences, 8(5), 211216.
Farib, P. M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019). Proses berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama melalui discovery learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 99117.
Feriyanto, F., & Putri, R. O. E. (2020). Developing mathematics module based on literacy and higher order thinking skills (HOTS) questions to train critical thinking ability of high school students in Mojokerto. Journal of Physics: Conference Series, 1594(1), 012014.
Firyomanto, F., Wibawanto, H., & Syamwil, R. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Penilaian Diri, Teman Sejawat, Dan Penilaian Oleh Siswa. Journal Of Research And Educational Research Evaluation, 5(1), 3240.
Florea, N. M., & Hurjui, E. (2015). Critical thinking in elementary school children. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 180, 565572.
Harjo, B., Kartowagiran, B., & Mahmudi, A. (2019). Development of Critical Thinking Skill Instruments on Mathematical Learning High School. International Journal of Instruction, 12(4), 149166.
Hendryadi, H. (2017). Validitas isi: tahap awal pengembangan kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 259334.
Hidayat, R., Zamri, S. N. A. S., & Zulnaidi, H. (2018). Exploratory and confirmatory factor analysis of achievement goals for Indonesian students in mathematics education programmes. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(12), em1648.
Marasabessy, R., Hasanah, A., & Angkotasan, N. (2021). Efforts to improve students mathematical critical thinking ability by using Team Assisted Individualization learning model. Journal of Physics: Conference Series, 1882(1), 012051.
Marzuki, M., Negara, H. R. P., & Wahyudin, W. (2022). Enhancement of students critical thinking ability in the algebraic function derivatives application based on student learning styles during online learning. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 139152.
Midgett, C. W., & Eddins, S. K. (2001). NCTMs principles and standards for school mathematics: Implications for administrators. Nassp Bulletin, 85(623), 3542.
Nursyahidah, F., & Albab, I. U. (2018). Identifikasi kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa berkemampuan pemecahan masalah level rendah dalam pembelajaran kalkulus integral berbasis problem based learning. Jurnal Elemen, 4(1), 3449.
Puspasari, H., & Puspita, W. (2022). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Tingkat Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa terhadap Pemilihan Suplemen Kesehatan dalam Menghadapi Covid-19. Jurnal Kesehatan, 13(1), 6571.
Putra, H. D., Herman, T., & Sumarmo, U. (2020). The Impact of Scientific Approach and What-If-Not Strategy Utilization towards Students Mathematical Problem Posing Ability. International Journal of Instruction, 13(1), 669684.
Ritdamaya, D., & Suhandi, A. (2016). Konstruksi instrumen tes keterampilan berpikir kritis terkait materi suhu dan kalor. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2), 8796.
Setiana, D. S. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Matematika Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 4(2), 3548.
Suranto, S., Muhyadi, M., & Mardapi, D. (2014). Pengembangan instrumen evaluasi uji kompetensi keahlian (UKK) administrasi perkantoran di SMK. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(1), 98114.
Susilowati, S., Sajidan, S., & Ramli, M. (2018). Keefektifan perangkat pembelajaran berbasis inquiry lesson untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 4960.
Syahlani, A., & Setyorini, D. (2021). Pengembangan Instrumen Hasil Belajar Matematika Siswa (Tes Pilihan Ganda). Akrab Juara: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 6(3), 3446.
Tomoliyus, T., & Sunardianta, R. (2020). Validitas dan reliabilitas instrumen tes reaktif agility tenis meja. Jurnal Keolahragaan, 8(2), 148157.
Warrens, M. J. (2015). Some relationships between Cronbachs alpha and the Spearman-Brown formula. Journal of Classification, 32, 127137.
Yudha, R. P. (2019). Pengembangan Instrumen Asesmen Otentik Tes Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika. MATHLINE: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 920.
Yunita, Y., Wahidin, W., & Tsurayya, A. (2018). The development of mathematics higher order thinking skills instrument for grade VIII junior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1088(1), 012093.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7251
Refbacks
- There are currently no refbacks.