PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA MATERI STATISTIKA SISWA SMP
(1) Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
(2) Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
(3) Universitas Negeri Medan
(*) Corresponding Author
Abstract
Statistika merupakan sebuat materi yang secara umum dipandang sulit oleh peserta didik, sehingga dipelukan adanya media yang dapat mempermudah pemahaman dan meningkatkan minat belajar mereka. Salah satu media. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran statistika adalah Powtoon. Powtoon memungkinkan pembuat presentasi untuk membuat animasi menarik dan interaktif yang dapat membantu menjelaskan konsep-konsep statistika dengan cara yang lebih jelas dan menarik bagi peserta didik. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui sejauh mana kelayakan dan sikap siswa terhadap penggunaan media pembelajaran Powtoon dalam materi statistika. Penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D digunakan dalam jenis penelitian ini. Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Deli Tua yang berpartisipasi dalam penelitian ini sebagai subyek penelitian dengan jumlah sebanyak 36 siswa. Perangkat penelitian ini meliputi lembar validasi ahli media, validasi ahli materi, dan respon siswa. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli media, diperoleh nilai rata-rata untuk keseluruhan aspek sebesar 4,27 yang menjadikan media termasuk ke dalam kategori "Sangat Layak", kemudian validasi oleh ahli materi menempatkan media ke dalam kategori "Layak" dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 4,19. adapun persentase respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis Powtoon ini untuk setiap aspek berada pada rentang 80-90% yang berarti respon siswa masuk dalam kategori "Bagus" . Sehingga dapat disimpulkan penelitian ini telah mencapai tujuannya untuk mendapatkan media pembelajaran berbasis Powtoon untuk materi ajar statistika yang layak dan valid.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alabdulaziz, M. S. (2021). COVID-19 and the use of digital technology in mathematics education. Education and Information Technologies, 26(6), 76097633. https://doi.org/10.1007/S10639-021-10602-3/FIGURES/1
Ali, S. S. (2019). Problem Based Learning: A Student-Centered Approach. English Language Teaching, 12(5), 7378. https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p73
Apriliani, S. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Powtoon pada Materi Himpunan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Apriliastuti, L., 1?, F., Wijayati, N., & Utanto, Y. (2022). The Effectiveness of Android-Based Learning Media on Science Lesson Content to Increase Motivation and Digital Literacy of Grade V Elementary School Students. Journal of Primary Education, 11(1), 105121. https://doi.org/10.15294/JPE.V11I1.58732
Archambault, L., Leary, H., & Rice, K. (2022). Pillars of online pedagogy: A framework for teaching in online learning environments. Https://Doi.Org/10.1080/00461520.2022.2051513, 57(3), 178191. https://doi.org/10.1080/00461520.2022.2051513
Audretsch, D. B., & Belitski, M. (2020). The role of R&D and knowledge spillovers in innovation and productivity. European Economic Review, 123, 103391. https://doi.org/10.1016/J.EUROECOREV.2020.103391
Awalia, I., Pamungkas, A. S., Trian Alamsyah, dan P., Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J., & Sultan Ageng Tirtayasa Banten Corresponding Author, U. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 4956. https://doi.org/10.15294/KREANO.V10I1.18534
Faradita?, ?Meirza N. (2021). Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Course Review Horay. CV. Jakad Media Publishing.?
Firmadani, F. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 9397. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084
Hasyim, F. (2018). Mengukur Kemampuan Berpikir Analitis dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Fisika STKIP Al Hikmah Surabaya. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(1), 80. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i1.591
Kusumawati, F. F., & Setyadi, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Powtoon pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 14861498. https://doi.org/10.31004/CENDEKIA.V6I2.1267
Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2), 2843. https://doi.org/10.36588/SUNDERMANN.V1I1.18
Latifah, N., Studi Pendidikan Kimia, P., & Tarbiyah dan Keguruan, F. (2020). DESAIN DAN UJI COBA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI POWTOON SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR. JEDCHEM (JOURNAL EDUCATION AND CHEMISTRY), 2(1), 2631. https://www.ejournal.uniks.ac.id/index.php/JEDCHEM/article/view/428
Liono, R. A., Amanda, N., Pratiwi, A., & Gunawan, A. A. S. (2021). A Systematic Literature Review: Learning with Visual by The Help of Augmented Reality Helps Students Learn Better. Procedia Computer Science, 179, 144152. https://doi.org/10.1016/J.PROCS.2020.12.019
Marini, A., Khairunisa, A., Yarmi, G., Safitri, D., Lestari, I., Suntari, Y., Siregar, R., & Yuliati, S. R. (2023). Animation video based on PowToon to upgrade student learning achievement. 5TH INTERNATIONAL CONFERENCE ON INNOVATIVE DESIGN, ANALYSIS & DEVELOPMENT PRACTICES IN AEROSPACE & AUTOMOTIVE ENGINEERING: I-DAD22, 2766(1), 020048. https://doi.org/10.1063/5.0141390/2895078
Novriandami, A., Jannah, M., Arrahma, A., Randa, G., & Nasir*, M. (2023). Development of Microsoft Power Point Interactive Media Based on Visual Basic for Application as Middle School Science Learning Media. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 11(3), 528544. https://doi.org/10.24815/JPSI.V11I3.29927
Panjaitan, D. J., Ridwan, M., & Aprilia, R. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 15241536. https://doi.org/10.24127/AJPM.V11I2.4875
Pratama, M. (2020). Perbedaan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Yang Diajar Menggunakan Alat Peraga Dan Power Point Pada Materi Relasi Dan Fungsi Kelas X MA Al-Washliyah 12 Perbaungan Tahun Ajaran 2020/2021.
Putri, E. F. (2021). Media Pembelajaran Powtoon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 198205. https://doi.org/10.23887/JPPP.V5I2.34339
Rahmawati, A. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 18. https://doi.org/10.33654/JPL.V17I1.1797
Rusmiyati, R., Setyaningsih, S., & Parsiyono, P. (2020). BUDDHIST SUNDAY SCHOOL LEARNING PATTERN AT DHAMMA PAA MONASTERY TEMANGGUNG. Jurnal Pencerahan, 13(1), 3851. https://syailendra.e-journal.id/jupen/article/view/45
Sabilla, A. F., Irianto, S., & Badarudin, B. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Menggunakan Animasi Powtoon di Kelas IV SD Universitas Muhammadiyah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 354364. https://doi.org/10.5281/ZENODO.3951014
Sholikah, K. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Powtoon Berbasis Kearifan Lokal Tuban pada Materi Aplikasi Turunan Kelas XI SMK. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4910
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Visvizi, A., & Daniela, L. (2019). Technology-Enhanced Learning and the Pursuit of Sustainability. Sustainability 2019, Vol. 11, Page 4022, 11(15), 4022. https://doi.org/10.3390/SU11154022
Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(2), 269279. https://doi.org/10.24815/JPSI.V8I2.16835
Yusi, D. F., & Merliza, P. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS POWTOON PADA MATERI SPLDV SISWA KELAS VIII. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 4(1), 2234. https://doi.org/10.32332/LINEAR.V4I1.6045
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7209
Refbacks
- There are currently no refbacks.