KOMUNIKASI MATEMATIS LISAN, PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA QUIZIZZ

Nabila Muthia Ayu(1*), Hamdani Hamdani(2), Rachmat Sahputra(3), Mohamad Rif'at(4), Dede Suratman(5),

(1) Universitas Tanjungpura
(2) Universitas Tanjungpura
(3) Universitas Tanjungpura
(4) Universitas Tanjungpura
(5) Universitas Tanjungpura
(*) Corresponding Author


Abstract


Komunikasi matematis lisan, pemahaman konseptual, dan motivasi belajar merupakan bagian penting dalam pembelajaran matematika, akan tetapi fakta dilapangan yang diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis lisan, pemahaman konseptual, dan motivasi belajar pada peserta didik masih terdapat masalah. Sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis lisan, pemahaman konseptual, dan motivasi belajar dalam pembelajaran matematika materi persamaan kuadrat menggunakan media Quizizz pada peserta didik kelas XII di Pontianak.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.Partisipan penelitian ini yaitu empat orang peserta didik kelas XII.Sumber data diperoleh data lapangan dan pengamatan dilakukan oleh peneliti sendiri dengan menggunakan instrumen lembar observasi, hasil wawancara, dokumentasi berupa video dan rekaman suara selama kegiatan berlangsung.Pelaksanaan penelitian dilakukan tiga kali pertemuan dengan data yang diperoleh meliputi hasil observasi kemampuan komunikasi matematis lisan, motivasi belajar, dan hasil tes kemampuan pemahaman konseptual pesertadidik dengan data pendukung berupa video dan rekaman suara.Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran matematika materi persamaan kuadrat menggunakan media quizizz pada peserta didik kelas XII selama tiga pertemuan diperoleh kemampuan komunikasi matematis lisan terkategori baik, pemahaman konseptual terkategori sangat baik, dan motivasi belajar terkategori sangat tinggi.


Keywords


Komunikasi Matematis Lisan; Motivasi Belajar; Pemahaman Konseptual; Quizizz

References


Abdi, M. (2018). Hubungan motivasi belajar dengan kemampuan komunikasi matematis siwa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 1687–1692.

Amir, Z., & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Amornchewin, R. (2018). The Development of SQL Language Skills in Data Definition and Data Manipulation Languages Using Exercises with Quizizz for Students’ Learning Engagement. https://doi.org/10.20961/ijie.v2i2.24430

Ardiansyah, M. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Bilangan Pecahan dengan Platform Quizizz. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://doi.org/10.33654/jpl.v16i1.1405

Arifin, Z., Trapsilasiwi, D., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika Dalam MenyelesaikanMasalah Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua VariabelSiswa Kelas VIII-C SMP Nuris Jember. Jurnal Edukasi UNEJ, III(2), 9–12.

Bower, M., Dalgarno, B., Kennedy, G. E., Lee, M. J. W., & Kenney, J.

(2015). Design and implementation factors in blended synchronous learning environments: Outcomes from a cross-case analysis. Computers and Education, 86, 1–17. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.03.006

Franke, M. L., Turrou, A. C., Webb, N. M., Ing, M., Wong, J., Shin, N., & Fernandez, C. (2015). Student Engagement with Others’ Mathematical Ideas. The Elementary School Journal, 116(1), 126–148. https://doi.org/10.1086/683174

Hartati, S., Abdullah, I., & Haji, S. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 43–72. https://doi.org/10.22342/jpm.11.2.3354.41-60

Hayani, S. (2021). Motivasi Belajar Matematika Menggunakan Pembelajaran Online dan Kaitannya Dengan Ketersediaan Sarana dan Prasarana Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Negeri 111 Pekanbaru (UIN SUSKA RIAU). UIN SUSKA RIAU, Pekanbaru. Diambil dari http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/44608

Kemendikbud. (2017). Model Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs). Jakarta.

Kemendikbud. (2019, Desember 4). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas.

Kowiyah, K., Mulyawati, I., & Umam, K. (2019). Conceptual Understanding and Mathematical Representation Analysis of Realistic Mathematics Education Based on Personality Types. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 201–210. https://doi.org/10.24042/ajpm.v10i2.4605

Lee, J. (2015). “Oh, I just had it in my head”: Promoting mathematical communications in early childhood. Contemporary Issues in Early Childhood, 16(3), 284–287. https://doi.org/10.1177/1463949115600054

Lestari, D. (2022). Pemanfaatan Quizizz untuk PTM pada Mata Pelajaran Matematika. TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(1). Diambil dari http://quizizz.com.

Permata, C. P., Kartono, & Sunarmi. (2015). Analisi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa KelasVIII SMP pada Model Pembelajaran TSTS denganPendekatan Scientific. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(12). Diambil dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme

Sidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan (1 ed.; A. Mujahidin, Ed.). Ponorogo: CV. Nata Karya.

Sofiyati, Su’ad, Sri, &, & Surachmi W. (2021). The Use of Video Media

and Quizizz for Learning from Home in Grade VI Public Elementary School 1 Karangasem. ANP Journal Of Social Science And Humanities, 2(2), 88–92. https://doi.org/10.53797/anp.jssh.v2i2.12.2021

Staples, M., & King, S. (2017). Facilitating Meaningful Mathematical Discourse: Getting Clear on Our Terms What Is Meaningful Mathematical Discourse? Reston, VA. Diambil dari www.nctm.org.

Sür, B., & Delice, A. (2016). The examination of teacher student communication process in the classroom: mathematical communication process model. SHS Web of Conferences, 26(10), 01059. https://doi.org/10.1051/shsconf/20162601059

Wulandari, Y. S., & Munandar, D. R. (2019). Identifikasi Kemampuan Pemahaman Konsep Terhadap Gaya Kognitif Siswa SMP dengan Materi Kubus dan Balok. Sesiomadika. Karawang. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2393

Zhao, F. (2019). Using quizizz to integrate fun multiplayer activity in the accounting classroom. International Journal of Higher Education, 8(1), 37–43. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n1p37




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.