BERPIKIR RELASIONAL MAHASISWA PADA MATERI FUNGSI POLINOMIAL

Saidah Ajilatun Nahdawiyah(1), Toto Nusantara(2*), Rustanto Rahardi(3),

(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(3) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir relasional mahasiswa ketika menyelesaikan soal matematika pada materi fungsi polinomial berdasarkan tahap proses berpikir pada teori Mason. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes proses berpikir relasional yang berupa soal mengenai fungsi polinomial dan wawancara. Pemilihan subjek penelitian menggunakan strategi maximal variation sampling, yaitu dengan mencari sampel kasus atau individu yang memiliki perbedaan dalam hal karakteristik. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat tiga karakteristik mahasiswa yang berbeda dalam menyelesaikan soal yang diberikan, yaitu dengan menggunakan teorema faktor, teorema sisa, dan metode subtitusi dan eliminasi. Mahasiswa yang menggunakan teorema faktor dan teorema sisa ketika menyelesaikan soal melakukan aktivitas berpikir relasional dengan mengajukan dugaan penyelesaiannya. Sedangkan mahasiswa yang menggunakan metode subtitusi dan eliminasi ketika menyelesaikan soal belum dapat berpikir relasional. Kesimpulan yang diperoleh adalah proses berpikir relasional yang dimiliki setiap mahasiswa dalam menyelesaikan soal fungsi polinomial berbeda satu sama lain, proses berpikir relasional juga dapat mempengaruhi hasil dari pengerjaan mahasiswa tersebut.

Abstract

This research is a descriptive qualitative research that aims to describe students' relational thinking process in solving mathematics problems of polynomial function material based on the thought process stages of Mason's theory. The research data was harvested from written questions and interviews. The selection of research subjects used a maximal variation sampling strategy, namely by looking for samples of cases or individuals who had differences in terms of characteristics. The research results obtained are that there are three different characteristics of students in solving the given problems, namely by using the factor theorem, the remainder theorem, and the substitution and elimination methods. Students who use the factor theorem and the remainder theorem when solving problems carry out relational thinking activities in proposing their alleged solutions. Meanwhile, students who use the substitution and elimination methods when solving problems have not been able to think relationally. The conclusion obtained is that each student's relational thinking process in solving problem polynomial function problems is different from one another, the relational thinking process can also affect the results of the student's work.


Keywords


Mason's theory; polynomial functions; relational thinking

References


Agustina, I., Nusantara, T., & Irawati, S. (2021). Proses Berpikir Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Teori Pemrosesan Informasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(10), 1503.

Aripin, U., Faudziah, L., Sri Rizky, E., Maryanasari, R., Nuryatin, S., Siliwangi, I., Terusan Jenderal Sudirman, J., & Barat, J. (2021). Identifikasi Penyelesaian Soal Bangun Ruang Sisi Lengkung Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(4), 501509.

Bintang, H., Darnah, E., Masta, N., Rinaldi, R., Guswantoro, T., & Sianturi, M. (2020). Analisis Pengetahuan Konseptual, Prosedural, dan Metakognitif Siswa Melalui Pembelajaran Integrasi Flipped Classroom dan PBL. Physics Education Research Journal, 2(2), 105.

Cahyati, V. I., & Siswono, T. Y. E. (2022). Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Numerasi Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 748760.

Creswell, J. . (2016). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Qualitative and Quantitative Research (4th ed.). Pearson Education Inc.

Imron, M. (2021). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(3), 621630.

Irianti, N. P., Subanji, & Chandra, T. D. (2016). Proses Berpikir Siswa Quitter dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Berdasarkan Langkah-langkah Polya. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 133.

Mason, J., Burton, L. and Stacey, K. (2010). Thinking mathematically. In Early Years Educator. Pearson Education.

Nazir, Sikumbang, M., & F., R. (2014). Metode Penelitian (9th ed.). Ghalia Indonesia.

Radiusman. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 18.

Rahmawati, A. R., Sudirman, S., & Rahardi, R. (2021). Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Fungsi dan Persamaan Polinomial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 25482559.

Santosa, A. M., & Kadarmanto, A. (2022). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Fungsi Polinomial. Progresif : Media Publikasi Ilmiah, 1(1), 18.

Sidik, G. S., Maftuh, A., & Salimi, M. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 21792190.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) (2nd ed.). Alfabeta.

Tafrilyanto, C. F. (2016). Profil Berpikir Relasional Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent. Sigma, 2(1), 512.

Ulpa, F., Marifah, S., Maharani, S. A., & Ratnaningsih, N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Teori Nolting. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 6780.

Utomo, D. P., & Huda, M. (2020). Pemahaman Relasional Analisis Proses pembuktian Induksi Matematika. CV. Bildung Nusantara.

Wantika, R. R. (2019). Profil Berpikir Relasional Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. SNHRP-II: Seminar Naional Hasil Riset Dan Pengabdian Ke-II, 2, 597602.

Wardani, D. L. (2021). Profil Berpikir Relasional Dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sma Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif. MATHEdunesa, 9(3), 552561.

Wardhani, W. A., Subanji, & Dwiyana. (2016). Proses Berpikir Siswa Berdasarkan Kerangka Kerja Mason. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 297313.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.