DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENGATASI LEARNING OBSTACLE PADA MATERI INTEGRAL TAK TENTU FUNGSI ALJABAR

Julianti Izza Sufitri(1), Lusiana Lusiana(2*), Nyiayu Fahriza Fuadiah(3),

(1) Universitas PGRI Palembang
(2) Universitas PGRI Palembang
(3) Universitas PGRI Palembang
(*) Corresponding Author


Abstract


Sering ditemukan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menurunkan maupun mengintegralkan Fungsi Aljabar, yang berarti hambatan belajar akan berlanjut jika tidak diatasi, oleh karena itu guru perlu mendisain pembelajaran matematika untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dialami siswa. Melalui Penelitian yang bertujuan untuk merancang desain didaktis pembelajaran Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar dengan memperhatikan learning obstacle dan learning trajectory yang diharapkan dapat mengatasi kesulitan belajar yang dialami siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Didactical Design Research (DDR) yang dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu analisis situasi didaktis (proespektif), analisis metapedadidaktik, dan analisis retrospektif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Langkah pertama dari penelitian ini adalah megidentifikasi kesulitan belajar siswa dengan melakukan tes diagnostik kepada siswa kelas XII IPA SMA Shailendra sebagai kelas yang telah mempelajari materi Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar. Setelah kesulitan belajar yang dialami siswa teridentifikasi, maka dilakukan penyusunan HLT (Hypothetical Learning Trajectory) yang dituangkan dalam desain didaktis kemudian di uji cobakan kepada siswa kelas XI IPA SMA Shailendra yang belum pernah mempelajari materi Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar. Dari analisis hasil tes diagnostik dan identifikasi akhir didapati penurunan learning obstacle sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa desain didaktis yang dirancang dan diterapkan dapat mengatasi learning obstacle yang dialami siswa.

Abstract

It is often found that students make mistakes in deriving or integrating Algebraic Functions, which means that learning obstacles will continue if they are not overcome, therefore teachers need to design mathematics learning to overcome the difficulties experienced by students. Through research which aims to design a didactic design for Algebraic Integral Indefinite Function learning by paying attention to learning obstacles and learning trajectories which are expected to be able to overcome the learning difficulties experienced by students. The research method used is Didactical Design Research (DDR) which is carried out in three stages, namely didactical situation analysis (prospective), metapedadidactic analysis, and retrospective analysis. Data collection techniques are observation, interviews, tests, and documentation. The first step of this research was to identify students' learning difficulties by conducting diagnostic tests on class After the learning difficulties experienced by the students were identified, an HLT (Hypothetical Learning Trajectory) was prepared which was outlined in a didactic design and then tested on class From the analysis of the diagnostic test results and final identification, it was found that learning obstacles had decreased so that the research results showed that the didactic design that was designed and implemented could overcome the learning obstacles experienced by students.


Keywords


Didactical design research; Hypothetical Learning Trajectory; Learning Trajectory.

References


DAFTAR PUSTAKA

Agustianingsih, A., Lusiana, L., & Kesumawati, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Materi Kubus Berdasarkan Pendekatan Open Ended Berbantuan Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1787-1796.

Amelia, S., & Yadrika, G. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Integral. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 124–131.

Ardiansyah, Azainil, & Berahman. (2020). Kesalahan-Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Integral Siswa KELAS XII SMA Budi Luhur Samarinda. 88–98.

Clements, D. H., & Sarama, J. (2004). Learning Trajectories in Mathematics Education. Mathematical Thinking and Learning, 6(2), 81–89.

Ernawati. (2020). Deskripsi pemahaman konsep dalam menyelesaikan soal-soal integral. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 42–57.

Fuadiah, N. F. (2015). Hypothetical Learning Trajectory Dan Peranannya Dalam Perancanaan Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pembelajarannya, 382–387. Malang: CV Bintara Sejahtera.

Kurniawati, R., Nur’aini, N. F., Nurtsaniyah, S., Devitasari, D., & Oktaviani, R. M. (2020). Problematika Siswa Pada Penyelesaian Permasalahan Integral Tak Tentu. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan, 233–240.

Lestari, J., Pranata, O. H., & Ladinillah, D. A. M. (2018). Desain Didaktis Jaring-Jaring Kubus dan Balok untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 263–273.

Mulyani, E. (2017). Desain Didaktis Konsep Luas Daerah Trapesium Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Supremum Journal of Mathematics Education (SJME), 1(2), 79–87.

Nurhikmah, S., & Febrian. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Integral Tak Tentu. Jurnal Tatsqif, 14(2), 218–237.

Putri, D. P., Manfaat, B., & Haqq, A. A. (2020). Desain didaktis pembelajaran matematika untuk mengatasi hambatan belajar pada materi matriks. Jurnal Analisa, 6(1), 56–68.

Rahimah, D. (2012). Identifikasi Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pokok Bahasan Integral Pada Mata Kuliah Kalkulus Integral. EXACTA: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 10(1), 89–97.

Rahmah, F., Lusiana, & Jayanti. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(1), 38–46.

Simon, M. A. (1995). Reconstructing Mathematics Pedagogy From A Constructivist Perspective. Journal for Research in Mathematics Education , 26(2), 114–145.

Sopiati, A., & Kosasih, U. (2018). Learning Obstacle Yang Dialami Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Integral Tak Tentu. UNINUS Journal Published, 3(2), 67–71.

Suratno, T. (2016). Didaktik dan Didactical Design Research Dalam D. Suryadi, E. Mulyana, E. Sumiaty, D. A. K. Dewi, dan S. Y. Maudy (Eds). Monograf Didactical Design Research. Bandung: Rizqi Press.

Suryadi, D. (2010). Menciptakan proses belajar aktif: Kajian dari sudut pandang teori belajar dan teori didaktik. In D. Suryadi, Monograf 2 Didactical Design Research (DDR). Bandung: Garuda Press.

Suryadi, D. (2019). Penelitian desain didaktis (DDR) dan implementasinya. Bandung: Garuda Press.

Widhiastuti, H. T., & Sumardi. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Uraian Matematika Berbentuk Cerita Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ngemplak Boyolali. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yudianto, E. (2020). Modul Integral. Jember: Universitas Jember.

Yuliani, R. E. (2016). Prespective Of Theory Of Didactical Situation Toward The Learning Obstacle In Learning Mathematics. Sriwijaya University Learning and Education-International Conference, 911–927.

Zulkarnaen, R. (2020). Desain Pembelajaran Berbasis Riset. Prosiding Sesiomadika, 27–44.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.