KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL BERDASARKAN KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS

Asfa Milati(1), Baiduri Baiduri(2), Arif Hidayatul Khusna(3*),

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(3) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual berdasarkan kecerdasan logis-matematis, mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kecerdasan logis-matematis dengan kemampuan numerasi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu 81 siswa kelas VII di SMP N 8 Malang. Instrumen yang digunakan dalam peneitian ini yaitu soal tes kemampuan numerasi dan kecerdasan logis-matematis. Teknik analisis data menggukan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis regresi linear sederhana untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logis-matematis terhadap kemampuan numerasi. Uji prasyarat dilakukan dengan uji normalitas, uji linearitas dan uji heterokedatisitas sebagai syarat dari analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan persentase ketuntasan kemampuan numerasi siswa indikator (1) siswa dengan kecerdasan logis-matematis kategori tinggi sebesar 84,05%, sedang 71,45%, rendah 40%. Indikator (2) siswa dengan kecerdasan logis-matematis kategori tinggi sebesar 67,85%, sedang 21,45%, rendah 20%. Indikator (3) siswa dengan kecerdasan logis-matematis kategori tinggi sebesar 80,5%, sedang 14,2%, rendah 30%. Selain itu, terdapat pengaruh positif kecerdasan logis-matematis terhadap kemampuan numerasi sebesar 40,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.


Keywords


kemampuan numerasi; kontekstual; kecerdasan logis-matematis.

References


Amieni, A. (2020). Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VIII Berdasarkan Kognitif Penalaran Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Skripsi.

Anggriani, S. (2020). Kemampuan Numerasi Siswa Kelas Vii Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Hots Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat. 1–4.

Azwar, S. (1993). Kelompok Subjek Ini Memiliki Harga Diri Yang Rendah"; Kok, Tahu...? Buletin Psikologi, 1(2), 13–17. https://doi.org/10.22146/bpsi.13160

Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, Nento, M., & Akbari, Q. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9), 1–58.

Hartantik, S., & Nafiah. (2020). Indonesia Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education and Human Development Journal, 5(1), 32–42. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1456

Juliyanti, J., Prayitno, S., Amrullah, A., & Sarjana, K. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerik dan Spasial terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 262–274. https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.65

Kemendikbud. (2019). Mendikbud Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar.” https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/mendikbud-tetapkan-empat-pokok-kebijakan-pendidikan-merdeka-belajar

Mujib, M., Mardiyah, M., & Suherman, S. (2020). STEM : Pengaruhnya terhadap Literasi Matematis dan Kecerdasan Multiple Intelligences. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(1), 66–73. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i1.5448

Nugraha, Y. (2018). Kontribusi kecerdasan visual spasial dan kecerdasan logis matematis terhadap prestasi belajar geometri. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 1(2), 105–123.

Pramesti, S. L. D., & Oktalia, A. (2021). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Spasial Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. 1, 49–60.

Rinawati, R., & Ratu, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1223–1237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.607

Siswandi, E., Sujadi, I., & Riyadi. (2016). Ditinjau Dari Perbedaan Gender ( Studi Kasus Pada Siswa Kelas VII SMPN 20 Surakarta ). Jurnal Elektroik Pembelajaran Matematika, 4(7), 633–643.

Suciati, & Subagyo, H. B. (2017). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal- Soal Model Pisa Konten Numerik Level 1 Sampai 3. Proseding Seminar Nasional Matematika Dan Pembelajaran 2017, 6(1), 746–754.

Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Sri Cacik. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 498–508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090

Zein, S., Yasifa, L., Ghozi, R., Harahap, E., Badruzzaman, F., & D, D. (2019). Pengolahan Dan Analisis Data Kuantitatif Menggunakan Aplikasi SPSS. Andi, 4, 3–12.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.