HUBUNGAN KETERAMPILAN 4C DAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Arta Mulya Budi Harsono(1*), Rahayu Condro Murti(2), Risky Dwi Cahya(3),

(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Yogyakarta State University
(3) Yogyakarta State University
(*) Corresponding Author


Abstract


Studi pendahuluan menjelaskan bahwa perhatian kepada keterampilan 4C pada peserta didik belum diperhatikan dan terjadinya kemunduran kemampuan literasi numerasi peserta didik yang memiliki hubungan dengan perolehan hasil belajar pada pembelajaran matematika jenjang sekolah dasar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara keterampilan 4C dan kemampuan literasi numerasi peserta didik terhadap hasil belajar matematika. Sampel dalam penelitian ini merupakan 30 peserta didik kelas IV SDN 2 Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket dan tes. Instrumen angket digunakan untuk mengetahui keterampilan 4C dan kemampuan literasi numerasi peserta didik. Instrumen tes digunakan untuk mengetahui perolehan hasil belajar matematika peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi dan regresi linear berganda untuk menguji korelasi dan besar hubungan antara keterampilan 4C dan kemampuan literasi numerasi terhadap hasil belajar matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi atau hubungan antara keterampilan 4C dan kemampuan literasi numerasi terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Bentuk hubungan antara keterampilan 4C dan kemampuan literasi numerasi dengan hasil belajar matematika adalah bentuk hubungan positif. Besar hubungan antara keterampilan 4C dan kemampuan literasi numerasi dengan hasil belajar matematika adalah sebesar 81,5%.


Keywords


Hasil Belajar Matematika, Kemampuan Literasi Numerasi, Keterampilan 4C

References


Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh kemampuan numerasi dalam menyelesaikan masalah matematika terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 2(1), 1–10.

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku pegangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Erdoğan, V. (2019). Integrating 4c skills of 21st century into 4 language skills in efl classes. International Journal of Education and Research, 7(11), 113–127. www.ijern.com

Fitriana, E., & Ridlwan, M. K. (2021). Pembelajaran Transformatif Berbasis Literasi Dan Numerasi Di Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1), 71–80.https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11137

Hermawati. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Melalui Monitoring Evaluasi Berkelanjutan. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 31–35. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i1.726

Kim, S., Raza, M., & Seidman, E. (2019). Improving 21st-century teaching skills: The key to effective 21st-century learners. Research in Comparative and International Education, 14(1), 99–117. https://doi.org/10.1177/1745499919829214

Kurniawan, M. R., & Agoestanto, A. (2023). Systematic Literature Review: Identifikasi Kemampuan Berpikir Aljabar dan Resiliensi Matematis pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2208–2221. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2442

Lopez-Pedersen, A., Mononen, R., Aunio, P., Scherer, R., & Melby-Lervåg, M. (2023). Improving Numeracy Skills in First Graders with Low Performance in Early Numeracy: A Randomized Controlled Trial. Remedial and Special Education, 44(2), 126–136. https://doi.org/10.1177/07419325221102537

Maulidah, E. (2021). Keterampilan 4c dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 53–68.

Meilani, D., Danten, N., & Tika, I. N. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Saintifik Berbasis Keterampilan Belajar Dan Berinovasi 4C Terhadap Hasil Belajar IPA Dengan Kovariabel Sikap Ilmiah Pada Peserta Didik Kelas V SD Gugus 15 Kecamatan Buleleng. Jurnal Elementary, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.31764/elementary.v3i1.1412

Muttaqin, M. F., & Rizkiyah, H. (2022). Efektifitas Budaya Literasi dalam Meningkatkan Keterampilan 4C Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan SD/MI, 2(1), 2962–746. https://doi.org/10.35878/guru/v2.i1.342

Ningsih, S., Gunayasa, I. B. K., & Dewi, N. K. (2022). Pengaruh Literasi Numerasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III SDN Lingkok Lima Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1938–1943. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.881

Nur, R., Stkip, O., Insan, B., & Surabaya, M. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Melalui Lesson Study Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Dan Kolaborasi Mahasiswa Stkip Bim. ELSE (Elementary School Education Journal) Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar , 6, 257–275.

Nurjanah, M., Tara Dewi, D., Maulana Al Fathan, K., & Dewi Mawardini, I. (2015). Literasi numerasi dalam pembelajaran tematik siswa kelas 3 sd/ mi. MUALLIMUNA : JURNAL MADRASAH IBTIDAIYAH, 7(2), 87–98. http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). LITERASI NUMERASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS ATAS SEKOLAH DASAR. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385

Pertiwi, A. A., & Rizal, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Berbasis Collaboration, Communication, Creativity and Critical Thinking Terhadap Hasil Belajar Rangkaian Elektonika. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(1), 61–68. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i1.665

Rakhmawati, Y., & Mustadi, A. (2022). The circumstances of literacy numeracy skill: Between notion and fact from elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 10(1), 9–18. https://doi.org/10.21831/jpe.v10i1.36427

Rohartati, S. (2022). Analisis dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran daring di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1935

Sanjayanti, N. P. A. H., Darmayanti, S., Qondias, D., & Sanjaya, K. O. (2020). Integrasi Keterampilan 4C Dalam Modul Metodologi Penelitian. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 407–415.

Suastini, N. L. P., Mardani, D. M. S., & Hermawan, G. S. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis 4C Oleh Guru Bahasa Jepang Di Sma Negeri 2 Semarapura. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 6(1), 89. https://doi.org/10.23887/jpbj.v6i1.23736

Triwahyuningtyas, D., Sesanti, N. R., Firdayanti, E., & Aziza, N. (2022). Multiplication and division of fractions based on numerical literacy electronic module for fifth grade elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 10(1), 37–46. https://doi.org/10.21831/jpe.v10i1.44881

Weng, X., Cui, Z., Ng, O.-L., Jong, M., & Chiu, T. (2022). Characterizing students’ 4c skills development during problem-based digital making. Journal of Science Education and Technology, 3(1), 372–385. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s10956-022-09961-4

Widodo, S., & Wardani, R. K. (2020). Mengajarkan Keterampilan Abad 21 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation) di Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 185–197.

Winangun, I. M. A. (2023). Integrasi Aktivitas Belajar Tri Hita Karana Berorientasi 4C dalam Mata Kuliah Konsep Dasar IPA SD. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 71. https://doi.org/10.55115/edukasi.v4i1.2719

Yustitia, V., Siswono, T. Y. E., & Abadi. (2021). Numeracy of prospective elementary school teachers: A case study. Journal of Physics: Conference Series, 1918(4), 1–4. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042077




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.