Pemanfaatan Geogebra Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep pada Pembelajaran Matematika Ekonomi

Anton Nasrullah(1), Umalihayati Umalihayati(2*), Melinda Putri Mubarika(3),

(1) Universitas Bina Bangsa
(2) Universitas Bina Bangsa
(3) Universitas Pasundan
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep pada pembelajaran matematika ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menggali keefektifan penggunaan GeoGebra dalam meningkatkan pemahaman konsep fungsi linier dan meningkatkan sikap mahasiswa dalam konteks pembelajaran matematika ekonomi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu, dan desain penelitiannya adalah non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah mahasiswa jurusan manajemen pada semester pertama, dan sampel sebanyak dua dari enam kelas secara non random. Kelas eksperimen menggunakan aplikasi GeoGebra dan terdiri dari 35 mahasiswa. Sebaliknya, kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran biasa terdiri dari 30 mahasiswa. Hasil penelitian adalah 1) mahasiswa yang belajar menggunakan aplikasi GeoGebra mengalami peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dibandingkan dengan mahasiswa yang belajar menggunakan pembelajaran biasa pada pembelajaran matematika ekonomi, dan 2) mahasiswa memiliki sikap positif terhadap pembelajaran matematika ekonomi menggunakan GeoGebra. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika ekonomi dengan menggunakan GeoGebra dapat membantu mahasiswa meningkatkan pemahaman konsep dan berdampak pada sikap positif.

Keywords


Pemanfaatan GeoGebra; pemahaman konsep; matematika ekonomi; sikap.

References


Afhami, A. H. (2022). Aplikasi Geogebra Classic terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Transformasi Geometri. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 449-460.

Akkaya, R. (2016). Research on the development of middle school mathematics pre-service teachers’ perceptions regarding the use of technology in teaching mathematics. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(4), 861-879.

Aufa, N., Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran model Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan software Geogebra untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2377-2394.

Bagossi, S., Swidan, O., & Arzarello, F. (2022). Timeline tool for analyzing the relationship between students-teachers-artifacts interactions and meaning-making. Journal on Mathematics Education, 13(2), 357-382.

Dwijayani, N. M. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa dengan Menggunakan Geogebra. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 110-116.

Feudel, F., & Biehler, R. (2021). Students’ understanding of the derivative concept in the context of mathematics for economics. Journal für Mathematik-Didaktik, 42(1), 273-305.

Gökçe, S., & Güner, P. (2022). Dynamics of GeoGebra ecosystem in mathematics education. Education and Information Technologies, 27(4), 5301-5323.

Greefrath, G., Hertleif, C., & Siller, H. S. (2018). Mathematical modelling with digital tools—a quantitative study on mathematising with dynamic geometry software. ZDM, 50, 233-244.

Hanipa, A. (2019). Analisis minat belajar siswa MTs kelas VIII dalam pembelajaran Matematika melalui aplikasi Geogebra. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 315-322.

Ishartono, N., Nurcahyo, A., Waluyo, M., Prayitno, H. J., & Hanifah, M. (2022). Integrating Geogebra into the Flipped Learning Approach to Improve Students' Self-Regulated Learning during the COVID-19 Pandemic. Journal on Mathematics Education, 13(1), 69-86.

Jelatu, S., & Ardana, I. (2018). Effect of GeoGebra-Aided REACT Strategy on Understanding of Geometry Concepts. International journal of instruction, 11(4), 325-336.

Jufri, J., Annajmi, A., & Deswita, H. (2019). Pemanfaatan software geogebra pada komunitas mgmp matematika wilayah I Kabupaten Rokan Hulu. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 88-96.

Kaya, A., & Öçal, M. F. (2018). A Meta-Analysis for the Effect of GeoGebra on Students' Academic Achievements in Mathematics. Necatibey Faculty of Education Electronic Journal of Science & Mathematics Education, 12(2).

Khansila, P., Yonwilad, W., Nongharnpituk, P., & Thienyutthakul, S. (2022). Improving Academic Performance in Geometry Using a Mastery Learning Approach through GeoGebra. Journal of Educational Issues, 8(2), 876-894.

Kirvan, R., Rakes, C. R., & Zamora, R. (2015). Flipping an algebra classroom: analyzing, modeling, and solving systems of linear equations. Computers in the Schools, 32(3-4), 201-223.

Negara, H. R. P., Nurlaelah, E., & Herman, T. (2022). Improving Students' Mathematical Reasoning Abilities Through Social Cognitive Learning Using GeoGebra. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 17(18).

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87-98.

Rohaeti, E. E., & Bernard, M. (2018). The students’mathematical understanding ability through scientific-assisted approach of geogebra software. Infinity Journal, 7(2), 165-172.

Septian, A., Inayah, S., & Putri, M. M. (2022). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melalui model pembelajaran flipped classroom. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2787-2798.

Sugandi, A. I., Sofyan, D., Maesaroh, S., Linda, L., & Sumarmo, U. (2021). Efektivitas pendekatan induktif deduktif berbantuan geogebra terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada masa pandemi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 367-376.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiawati, S., Kusumah, Y. S., & Dahlan, J. A. (2021). Penggunaan information communication and technology (ICT) tools dalam mendukung pembelajaran matematika interaktif. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1033-1054.

Sumarni, S., Prayitno, A. T., & Nurpalah, M. (2017). Pengembangan bahan ajar matematika ekonomi berbasis learning cycle berbantuan software GeoGebra untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 3(2), 139-154.

Susanti, D., Jailani, J., & Irfan, L. (2022). Pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuaan geogebra untuk mendukung keterampilan collaboration, problem solving, dan communication. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1000-1008.

Susiaty, U. D., & Oktaviana, D. (2018). Desain aplikasi media pembelajaran untuk membantu pemahaman siswa tentang konsep geometri. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(1).

Wichadee, S. (2017). A development of the blended learning model using Edmodo for maximizing students’ oral proficiency and motivation. International Journal of Emerging Technologies in Learning (Online), 12(2), 137.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.