PEMBUDAYAAN REPRESENTASI MATEMATIS DALAM PERSIAPAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) SEKOLAH DASAR

Alifia Rosyida(1*), Sutama Sutama(2), Markhamah Markhamah(3), Achmad Fathoni(4),

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Representasi matematis merupakan kemampuan yang perlu dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan masih rendahnya kemampuan representasi matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa pada soal asesmen kompetensi minimum sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, serta observasi. Subyek penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, dan siswa kelas IV SD N 2 Semampir, Blora, Jawa Tengah, Indonesia. Uji validitas data menggunakan uji triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) siswa yang memiliki kemampuan tinggi mampu menggunakan kemampuan representasi matematis baik melalui simbolik, verbal, maupun visual dengan baik; 2) siswa yang memiliki kemampuan representasi matematis sedang dinilai mampu menggunakan kemampuan representasi matematis berupa visual dan simbolik, sedangkan kemampuan representasi matematis verbal masih kurang mampu; 3) siswa yang memiliki kemampuan representasi matematis rendah dinilai kurang dalam menguasai representasi matematis baik itu melalui verbal, simbolik, maupun visual dengan baik.


Keywords


Asesmen Nasional; Representasi Matematis;Sekolah Dasar

References


Alifa, K. R. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Numerasi Materi Relasi Melalui Problem Based Learning. Universitas Sriwijaya.

Anwar, R. B., & Rahmawati, D. (2017). Symbolic and Verbal Representation Process of Student in Solving Mathematics Problem Based Polya’s Stages. International Education Studies, 10(10), 20. https://doi.org/10.5539/ies.v10n10p20

Aryanti, D., Zubaidah, & Nursangaji, A. (2013). Kemampuan Representasi Matematis Menurut Tingkat Kemampuan Siswa Pada Materi Segi Empat di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1).

Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 237–247. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2299

Borgonovi, F., Choi, A., & Paccagnella, M. (2021). The evolution of gender gaps in numeracy and literacy between childhood and young adulthood. Economics of Education Review, 82(April), 102119. https://doi.org/10.1016/j.econedurev.2021.102119

Debrenti, E. (2013). Representations in Primary Mathematics Teaching. Acta Didactica Napocensia, 6(3), 55–64.

Eviyanti, R., & Yerizon, Y. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 887–897. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1187

Hadi, S. (2018). Representasi Matematis Pemahaman Geometri Siswa MI. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 3(1), 87–98. https://doi.org/10.21154/ibriez.v3i1.47

Kemendikbud. (2020). Apa Itu Asesmen Kompetensi Minimum? https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/an/

Koyimah, R. N. (2020). Analisis kemampuan representasi Matematika dalam penyelesaian soal cerita materi bangun datar siswa kelas IV SD Negeri 2 Plampangrejo. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/21796

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88

Mulyadi, N. A., & Fiangga, S. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Bangun Datar. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(2), 143–152. https://doi.org/10.25139/smj.v9i2.3938

Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. , 5(1). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1), 72–79.

Nurdiana, R., & Novianti, M. (2023). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Pada Bangun Datar Melalui Media Tangram. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 258–268. https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1126

Nuzulia, N., & Gafur, A. (2022). Development of Minimum Competency Assessment ( AKM ) - Based Exercise Books to Improve Students ’ Literacy and Numeracy Ability at Sdn Janti 02 Sidoarjo Pengembangan Buku Latihan Berbasis. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v6i1.1564

Permata, J. I., Sukestiyarno, Y. L., & Hindarto, N. (2017). Analisis Representasi Matematis Ditinjau dari Kreativitas dalam Pembelajaran Cps dengan Asesmen Diagnostik. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 233–241.

Ramadhan, M. I., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Bangun Ruang. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 975–984. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.975-984

Rasyid, A. N., & Irawati, S. (2017). Penerapan Realistic Mathematics Education Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(12), 1590–1595. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Rohantizani, R., Marhami, M., Herizal, H., & Nuraina, N. (2022). Minat Siswa Sekolah Menengah Atas Terhadap Literasi Numerasi Berbasis Budaya Aceh. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(1), 1865–1872. https://doi.org/10.36312/jisip.v6i1.2673

Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49

Sari, H. J., Kusaeri, A., & Mauliddin. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 5(2), 56–66.

Sari, P. S., Prihatiningtyas, N. C., & Utami, C. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dengan Model Group Investigation Pada Materi Turunan. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 159–172. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i2.1234

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sunanti, T., Sagita, L., & Anggraini, G. (2022). Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 6(2), 116–128.

Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, Mix Method, R&D. Jasmine.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v13i1.7090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.