KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA-LIKE DITINJAU DARI GAYA BERFIKIR

Astrid Syifa Fajriati(1*), Mardiyana Mardiyana(2),

(1) 
(2) Universitas Sebelas Maret, Surakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Kemampuan literasi matematis siswa dijelaskan dalam penelitian ini dalam soal pisa-like ditinjau dari gaya berfikir siswa SMP Warga Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Dalam penelitian ini dimulai dengan menentukan subjek penelitian dengan menggunakan angket gaya berfikir, diberikan soal literasi matematis PISA-like, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan literasi matematis siswa ; 1) Siswa sekuensial kongkret menggunakan keterampilan dan pengetahuan dengan Langkah-langkah jelas dalam menyelesaikan soal PISA-Like; 2) Siswa sekuensial abstrak memikirkan konsep dengan baik serta menganalisis informasi secara rasional; 3) Siswa acak kongret banyak melakukan kesalahan karena mencoba-coba mengerjakan sehingga tidak sesuai konsep; 4) Siswa acak abstrak menggunakan situasi perasaaan saat mengerjakan soal PISA-Like)


Keywords


PISA-Like; Gaya Berfikir

References


Abdullah, A. H., Rahman, S. N. S. A., & Hamzah, M. H. (2017). Metacognitive skills of Malaysian students in non-routine mathematical problem solving. Bolema: Boletim de Educação Matemática, 31, 310–322.

Aryana, S., Subyantoro, S., & Pristiwati, R. (2022). Tuntutan Kompetensi Guru Profesional Bahasa Indonesia Dalam Menghadapi Abad 21. Semantik, 11(1), 71. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p71-86

Atiyah, K., & Priatna, N. (2023). Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis PISA di Masa Pandemi Covid-19. 07(1), 831–844.

Bolstad, O. H. (2020). Secondary teachers’ operationalisation of mathematical literacy. European Journal of Science and Mathematics Education, 8(3), 115–135. https://doi.org/10.30935/scimath/9551

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.

Genc, M., & Erbas, A. K. (2020). Exploring Secondary Mathematics Teachers’ Conceptions of the Barriers to Mathematical Literacy Development. International Journal for Mathematics Teaching and Learning, 21(2), 143–173. https://doi.org/10.4256/ijmtl.v21i2.181

Halim, A., Suriana, S., & Mursal, M. (2017). Dampak Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau dari Gaya Berpikir Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.21009/1.03101

Lestari, A. D., Hartoyo, A., & Suratman, D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 6 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kahatulistiwa, 9(9), 1–8.

Nuraini, E. (2020). Analisis proses matematisasi horizontal dan vertikal siswa dalam menyelesaikan soal PISA. Skripsi UIN Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/43921

Sahatcija, R., Ora, A., & Ferhataj, A. (2017). The Impact of the Thinking Style on Teaching Methods and Academic Achievement. European Scientific Journal, ESJ, 13(34), 16. https://doi.org/10.19044/esj.2017.v13n34p16

Sekaryanti, R. (2023). Students Combinatoric Thinking Proscess In Solving Timss Problems Viewed From Thingking Style. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1226–1239. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6758

Simatupang, S., & Napitupulu, E. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Smp Negeri 2 Gebang Kabupaten Langkat. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 9(1), 90–102. https://doi.org/10.24114/jtp.v9i1.4894

Soekardjo, M., & Sugiyanta, L. (2018). Analisis Strategi Pembelajaran Matematika Kurkulum 2013 Dalam Rangka Meningkatkan Nilai Pisa Matematika. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 42–64. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.05

Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. (2021). Pengembangan instrumen tes untuk mengukur higher order thinking skills (HOTS) berorientasi programme for international student asessment (PISA) pada peserta didik. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 57–68. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069

Wartono, W., Diantoro, M., & Bartlolona, J. R. (2018). Influence of Problem Based Learning Learning Model on Student Creative Thinking on Elasticity Topics A Material. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 14(1), 32–39. https://doi.org/10.15294/jpfi.v14i1.10654

Wassahua, S. (2016). ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR Matematika Pada Materi Himpunan Siswa Kelas VII SMP Negeri Karang Jaya Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Jurnal Matematika Dan Pembelajarannya, 2(1), 84–104.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.