PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS HYBRID-CARING COMMUNITY DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA

Misbahul Munir(1), Dian Kurniati(2*), Didik Sugeng Pambudi(3), Erfan Yudianto(4), Abi Suwito(5),

(1) Universitas Jember
(2) Universitas Jember
(3) Universitas Jember
(4) Universitas Jember
(5) Universitas Jember
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Tujuan. penelitian. ini yaitu untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis. hybrid-caring community yang valid, praktis. dan efektif. yang terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja. peserta didik. (LKPD) dan tes. hasil belajar. (THB) dan menguji.dampaknya terhadap kemampuan koneksi matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Metode penelitian ini menggunakan.  metode penelitian. pengembangan (R&D) dilanjutkan. penelitian. eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi aktivitas siswa, angket respon siswa dan tes hasil belajar untuk mengetahui kemampuan koneksi matematika siswa. Hasilvalidasi RPP, LKPD, dan THB memenuhi kriteria valid. Kepraktisan perangkat dibuktikan dari hasil observasi pelaksanaan perangkat. pembelajaran kategori. “sangat. praktis” dengan persentase.  96%. Kriteria. Keefektifan. perangkat. pembelajaran. dilihat. dari skor lembar observasi. aktivitas peserta. didik, angket respon peserta didik, dan ketuntasan. THB. yang memenuhi kriteria efektif. Berdasarkan t-test pada penelitian eksperimen, dihasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis hybrid-caring community materi SPLDV memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan. koneksi. matematika. 

Abstract

The purpose of this research is to develop valid, practical and effective hybrid-caring community-based mathematics learning tools consisting of learning implementation. plans, student worksheets and learning achievement tests. and test their impact on connection ability. mathematics on the material system. of two-variable. linear equations. This research method uses development. research followed by experimental. research. Data collection techniques in this study used observation of student activities, student response questionnaires and learning achievement tests to determine students' mathematical connection abilities. Learning. implementation. plans, student. worksheets and learning achievement tests validation results meet the valid criteria. The practicality of the device is proven from the results of observing the implementation of the learning device in the "very practical" category with a percentage of 96%. The criteria for the effectiveness of the learning device can be seen from the score of the student activity observation sheet, the student response questionnaire, and the completeness of the learning achievement tests. which meets the criteria for being effective. Based on the t-test in experimental research, a hybrid-caring community-based mathematics learning tool produced by system. of two-variable. linear equations material has a significant influence on mathematical connection abilities

Keywords


Hybrid-caring community; koneksi matematika; perangkat pembelajaran; SPLDV

Full Text:

PDF

References


Dede, R. (2005). Paradigma Pendidikan Demokratis, Sebuah Model Pelibatan Masyaraat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Gazali Yuliana, R. (2016). Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190.

Hanipa, A., & Sari, V. T. A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Siswa Kelas VIII MTs Di Kabupaten Bandung Barat. Journal On Education, 01(02), 15–22.

Hasanah, N. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study For Learning Community Menggunakan Media Google Classroom dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Univeristas Jember.

Hobri. (2010). Metode Penelitian Pengembangan (Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika. Jember: Pena Salsabila.

Hobri. (2021). Metodologi Penelitian Pengembangan (Developmental Rsearch) Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika. Jember: FKIP Universitas Jember.

Hosnan. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Caring Community pada bahasan pokok Aljabar Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII SMP/MTs. Universitas Jember.

Hosnan, H., Hobri, H., & Dafik, D. (2018). Algebraic Learning through Caring Community Based On Lesson Study for Learning Community. International Journal of Advanced Engineering Research and Science, 5(4), 40–45. https://doi.org/10.22161/ijaers.5.4.6

Kenedi, A. K., Helsa, Y., Ariani, Y., Zainil, M., & Hendri, S. (2019). Mathematical connection of elementary school students to solve mathematical problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69–79. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5416.69-80

Lestari, W. (2015). Efektifitas Strategi Pembelajarandan Motivasi Belajarterhadap Hasil Belajar Matematika. 2(3), 170–181. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/98/95

Maulida, A. R., Suyitno, H., & Asih, T. S. N. (2019). “Kemampuan Koneksi Matematis pada Pembelajaran CONINCON (Constructivism, Integratif and Contextual) untuk Mengatasi Kecemasan SIswa.” Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 724–731. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Munir, M., Hobri, & Kurniati, D. (2022). Students’ mathematic connection ability in solving mathematics problems two-variable linear equations system based on gender. AIP Conference Proceedings, 2633(September). https://doi.org/10.1063/5.0102259

Nuraeniah, W., Fitriani, N., Amelia, R., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., … Barat, I. (2022). Analisis Kesulitan Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(1), 131–138. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i1.131-138

Pambudi, D S, Sunardi, S., & Sugiarti, T. (2022). Learning Mathematics Using a Collaborative RME Approach in the Indoor and Outdoor Classrooms to Improve Students’ Mathematical Connection Ability. Jurnal Pendidikan …, 16(3), 303–324. Retrieved from https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/17883

Pambudi, Didik Sugeng. (2022). Exploration of Prospective Mathematics Teachers’ Mathematical Connections When Solving the Integral Calculus Problems Based on Prior Knowledge. European Journal of Mathematics and Science Education, 3(2), 105–116. https://doi.org/10.12973/ejmse.3.2.105

Pemerintah Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah tentang standar nasional pendidikan dengan (PP no. 19 tahun 2005). Sekretariat Negara Indonesia, (1), 1–95.

Prasetyo, K. B., Sukestiyarno, Y. L., & Cahyono, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau dari Self- Efficacy Siswa Kelas VII Pokok Bahasan Geometri. PROSNAMPAS (Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana), 2(1), 975–980.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Rahmi, M., Usman, & Subianto, M. (2020). First-grade junior high school students’ mathematical connection ability. Journal of Physics: Conference Series, 1460(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1460/1/012003

Ridwan, M., & Lestari, K. E. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Sari, F. K., Sudirman, & Chandra, T. D. (2018). Proses Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 715–722. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Siregar, N. D., & Surya, E. (2017). Analysis of Students’ Junior High School Mathematical Connection Ability. International Journal of Sciences Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(2), 309–320. Retrieved from https://gssrr.org/index.php/JournalOfBasicAndApplied/article/view/7363

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D – MPKK. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.