PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP

Khusnul Khotimah(1), Moh. Mahfud Effendi(2), Alfiani Athma Putri Rosyadi(3*),

(1) Universitas Muhammadiyah Malang
(2) Universitas Muhammadiyah Malang
(3) Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk mengetahui kevalidan dan keefektifan perangkat pembelajaran berbasis Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development) yang mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan pada kelas VIII berjumlah 25 siswa di SMP Muhammadiyah 1 Malang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket validasi, dokumen dan tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kevalidan perangkat pembelajaran berbasis Discovery Learning yaitu 83,33% dengan kategori sangat valid.  Berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kritis, diperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 80% yang menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kualitas efektif. Dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis Discovery Learning valid dan efektif untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP.

 

This research and development were carried out to determine the validity and effectiveness of learning tools based on Discovery Learning in improving junior high school students' mathematical critical thinking skills. This type of research is research and development (Research & Development), which refers to the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The study was conducted in class VIII with 25 SMP Muhammadiyah 1 Malang students. The research instruments used were validation questionnaires, documents, and critical thinking skills tests. The results showed that the validity value of learning tools based on Discovery Learning was 83.33%, with an outstanding category. Based on the results of the critical thinking ability test, the proportion of learning completeness was obtained by 80% indicating that the learning tool developed has adequate quality. Learning tools based on Discovery Learning are valid and effective for improving students' mathematical critical thinking skills in class VIII SMP.


Keywords


critical thinking ability; discovery learning model; learning device.

References


Ainia, D. K. (2020). “Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter.” Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.

Anggraeni, A., Bintoro, H. S., & Purwaningrum, J. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.4646

Edi, S., & Rosnawati, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Model Discovery Learning. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 234. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.3604

Fridayanti, Y., Irhasyuarna, Y., & Putri, R. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Materi Hidrosfer Untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik SMP/MTS. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 49–63. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.75

Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Self-Confidence Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa Sma Di Bogor Timur. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 157–168. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2040

Islahiyah, I., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2021). Pengembangan E-Modul Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2107. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3908

Jana, P., & Fahmawati, A. A. N. (2020). Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 213. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2157

Khasanah, B. A., & Ayu, I. D. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Brain Based Learning. Eksponen, 7(2), 46–53.

Kurniaman, O., Noviana, E., & Dasar, S. (2013). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Universitas Riau, 6(2), 389–396.

Mustafa, S., & Sari, V. (2017). Deskripsi kemampuan berpikir matematis siswa dengan menggunakan worksheet. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya II (KNPMP II) Universitas Muhammadiyah Surakarta, II, 546–554.

Nurrohmi, Y., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10), 1308–1314.

Oktaviani, W., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 5–10.

Risaldi, R., Effendi, M. M., & Ummah, S. K. (2022). ANALISIS PENALARAN MATEMATIS SISWA SMA BERBASIS HOTS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pembelajarannya (SNMP), 1, 231–243.

Rosyadi, A. A. P., & Sa’dijah, Cholis; Susiswo; Rahardjo, S. (2022). Critical thinking of prospective mathematics teachers: What are the errors in argumentation? Multicultural Education, 8(3), 80–90.

Sa’diyah, A., & Dwikurnaningsih, Y. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Discovery Learning. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 11(1), 55–66. https://doi.org/10.31603/edukasi.v11i1.2677

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7.

Sitorus, P. S., Hutapea, N. M., & Anggraini, R. D. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis Pembelajaran Matematika Realistik pada Materi Garis Singgung Lingkaran Kelas VIII SMP/MTs. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3069–3081. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.921

Syamsu, F. D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Genta Mulia, 11(1), 65–79.

Tanjung, & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia, 9(2), 56–70.

Upadani, N. M., Tri Agustiana, I. G. A., & Astawan, I. G. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Tema Berbagai Pekerjaan dengan Fun thinkers. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 450–458. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.37730




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.