ETNOMATEMATIKA : PENGENALAN BANGUN RUANG MELALUI KONTEKS MUSEUM NEGERI SUMATRA UTARA

Wulan Sipahutar(1*), Reflina Reflina(2),

(1) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATRA UTARA
(2) Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
(*) Corresponding Author


Abstract


Matematika dan Budaya merupakan dua hal yang saling berhubungan. Matematika dalam  budaya disebut dengan etnomatematika. Etnomatematika merupakan merupakan wadah untuk menjembatani matematika dnegan konteks budaya lokal. Tujuan penelitian ini yaitu mengeksplorasi konsep etnomatematika yang terdapat pada bangunan bersejarah yang ada di kota medan yaitu Museum Negeri Sumatra Utara geometri  khusunya pada materi bangun ruang yang terdapat pada ornamen dan seni arsitektuk pada bangunan Museum Negeri Sumatera Utara. Jenis Penelitian yang digunakan merupakan   penelitian  kualitatif dengan  pendekatan etnografi.  Metode pengumpulan datanya  berupa dokumentasi, observasi dan wawancara bersama petugas museum. Hasil dari penelitian  ini menunjukkan bahwa terdapat eksplorasi etnomatematika pada bangunan dan ornament yang ada di museum negeri Sumatra utara terkhusus materi geometri seperti : kubus, balok, limas, trapezium, tabung dan bola yang dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran kontekstual di sekolah.

 


Keywords


Etnomatematika, Bangun Ruang, konteks, Museum Negeri Sumatera Utara

References


Ahmadi, Rose &. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Andriyani, and E. , Kuntarto. 2017. “ETNOMATEMATIKA : MODEL BARU.” Jurnal Gantang II(2):133–44.

Angita Maharani, Seka Maulidia. 2018. “Etnomatematika Dalam Rumah Adat Panjalin.” Wacana Akademika 2(2):224–35.

Asma, Andi, and Kadir. 2022. “EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PROSES PEMBUATAN KUE TRADISIONAL CANGKUNING SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 11(4):3168–78.

Asri Fauzi, and Ulfa Lu’luilmaknun. 2019. “ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN DENGKLAQ.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 8(3):408–19.

Brandt, A., & Chernoff, E. J. 2015. “The Importance of Ethnomathematics in the Math Class.” Journal of Physics : Conference Series 1(71):31–36.

Cahyadi, W., Faradisa, M., Cahyani, S., & Syahri, F. S. 2020. “Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.” ARITHMETIC: Academic Journal of Math 2(2):157–68.

Dhiki, Yasinta Yenita. 2019. “ETNOMATEMATIKA: APLIKASI BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG PADA ALAT MUSIK TRADISIONAL WOLOTOPO KABUPATEN ENDE.” Jurnal Dinamika Sains 3(1):92–93.

Hasibuan, Havidah Adawiyah and Hasanah, Rusi Ulfa. 2022. “Etnomatematika: Eksplorasi Transformasi Geometri Ornamen Interior Balairung Istana Maimun Sebagai Sumber Belajar Matematika.” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2):2579.

Kemendikbud. 2017. “Infografis Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).”

Khalil, M., Farooq, R.A., Cakiroglu, E., Khalil, U., Khan, M. D. 2018. “The Development of Mathematical Achievement in Analytic Geometry of Grade-12 Student through Eogebra Activities.” EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(4):1453–63.

Lisnani, Zulkardi, Somakim, &. Putri. 2020. “Pengenalan Bangun Datar Melalui Konteks Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3):359–70.

Maulida, Siti Halimatul. 2020. “Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Melalui Permainan Tradisional Engklek.” LEMMA : Letters of Mathematics Education 7(1):35–44.

Nursyeli, Fitriyani, and Nitta Puspitasari. 2021. “Studi Etnomatematika Pada Candi Cangkuang Leles Garut Jawa Barat.” Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika 1(2):327–38.

Peredaryenko, Margarita S., Stephen Eric Krauss. 2013. “Calibrating the Human Instrument : Understanding the Interview Experience of Novice Qualitative Researchers.” The Qualitative Report 18:1–17.

Purniati, T., Turmudi, T., Juandi, D., & Suhaedi, D. 2021. “Ethnomathematics Exploration of the Masjid Raya Bandung Ornaments in Transformation Geometry Materials.” Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(2):235–43.

S.T. Negoro, dan B. Harahap. 2010. Ensiklopedia Matematika. 6th ed. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. 2018. “Efektifitas Etnomatematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa.” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 3(2).

Setiana, Dafid Slamet. 2020. “The Role of Ethnomathematics in Welcoming the Society 5 . 0.” Atlantis Press : Advances in Social Science, Education and Humanities Research 467(Semantik 2019):130–34.

Simangungsong, Sukino dan Wilson. 2006. Matematika Untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.

Soendari, Tjutju. 2012. Metode Penelitian Deskriptif." Online).




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.7054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.