KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS MELALUI SOAL HOTS KONTEKS ETNOMATEMATIKA BUDAYA JAMBI

Ali Murtadlo(1), Muslimahayati Muslimahayati(2*), Meirisa Sahanata(3), Michrun Nisa Ramli(4),

(1) UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
(2) UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
(3) UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
(4) UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
(*) Corresponding Author


Abstract


Hasil studi Internasional PISA yang diadakan oleh Organisation for Economic Cooperation and Development  (OECD) memaparkan bahwa sejak tahun 2000 hingga 2018 Indonesia berada di 10 besar terbawah dalam ketidaksesuaian penguasaan literasi matematis. Upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan sebuah penelitian yang memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis melalui soal HOTS menggunakan konteks etnomatematika budaya Jambi. Subjek penelitian terdiri 16 mahasiswa pada mahasiswa tahun pertama Prodi Tadris Matematika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi pada materi geometri yang selanjutnya dikelompokkan kedalam tingkatan  kategori kemampuan literasi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Dalam penelitian ini instrumen  yang digunakan berupa soal tes kemampuan literasi matematis berbentuk uraian , angket respon siswa dan lembar walktrough.  Analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan yakni reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Triangulasi metode digunakan untuk mengecek keabsahan data. Setelah dilakukan pengelompokkan berdasarkan kategori kemampuan literasi matematis (KLM) tidak ada subjek kemampuan tinggi, satu subjek kemampuan sedang dan 15 subjek kemampuan rendah. Kesimpulan secara keseluruhan didapatkan bahwa subjek penelitian yakni mahasiswa tahun pertama memiliki kemampuan literasi matematis yang tergolong rendah dengan rata-rata keseluruhan adalah 38,19 dari skala 100.


Keywords


Budaya Jambi; Etnomatematika; Literasi Matematis; Soal HOTS

References


Aristiyo, D. N., Triastuti, I. Y., & Fasha, E. F. (2021). Pengembangan Instrumen Soal Hots Matematika Tingkat Sma/Smk Untuk Menunjang Kemampuan Literasi Matematis. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 89. https://doi.org/10.31941/delta.v9i1.1262

Chasanah, A. N., As’ari, A. R., & ... (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bangun Ruang. … Matematika Dan Sains, 9(2), 107–115.

Desy Dwi Riana, & Zenizela, Z. (2020). Kemampuan Literasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 39–48. https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i1.844

Dwi Astuti, Y., & Krisna Wara Sabon, Z. A. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa Dalam Penyelesaian Soal Higher Order Thinking Skills (Hots) Ditinjau Pada Level 5 Pisa. Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 2(2), 91–102. https://doi.org/10.30822/asimtot.v2i2.766

Fointuna, D. W., Kaluge, A. H., & Fernandez, A. J. (2020). An analysis of mathematical literacy of state junior high school students in Kupang. Journal of Physics: Conference Series, 1422(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1422/1/012025

Hera, R., & Sari, N. (2015). SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY 2015 713 Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? 713–720.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Ikhwanudin, T. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal Untuk Membangun Karakter Bangsa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 11–18. https://doi.org/10.30738/.v6i1.1560

Kamid, K., Saputri, R., & Hariyadi, B. (2021). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills Berbasis Budaya Jambi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1793–1806. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.678

Khaesarani, I. R., & Ananda, R. (2022). Students’ mathematical literacy skills in solving higher-order thinking skills problems. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 13, Issue 1). http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/index

Laamena, C. M., & Laurens, T. (2021). MATHEMATICAL LITERACY ABILITY AND METACOGNITIVE CHARACTERISTICS OF MATHEMATICS PRE-SERVICE TEACHER. Infinity Journal, 10(2), 259. https://doi.org/10.22460/infinity.v10i2.p259-270

Lidinillah, D. A. M., Rahman, R., Wahyudin, W., & Aryanto, S. (2022). INTEGRATING SUNDANESE ETHNOMATHEMATICS INTO MATHEMATICS CURRICULUM AND TEACHING: A SYSTEMATIC REVIEW FROM 2013 TO 2020. Infinity Journal, 11(1), 33. https://doi.org/10.22460/infinity.v11i1.p33-54

Muslimahayati, M., Syutaridho, S., Ramli, M. N., & Nursalim, R. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Berbasis Budaya Jambi Pada Materi Pecahan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 125. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3122

OECD. (2012). PISA 2012 Results in Focus What 15-Year-Olds Know and What They Can do With What They Know. http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf

Ojose, B. (2011). Mathematics literacy : are we able to put the mathematics we learn into everyday use? Journal of Mathematics Education, 4(1), 89–100.

Pathuddin, H., Kamariah, K., & Nawawi, M. I. (2021). BUGINESE ETHNOMATHEMATICS: BARONGKO CAKE EXPLORATIONS AS MATHEMATICS LEARNING RESOURCES. Journal on Mathematics Education, 12(2), 295–312. https://doi.org/10.22342/jme.12.2.12695.295-312

Prabawati, M. N. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematik Mahasiswa Calon Guru Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 113–120. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.347

Prahmana, R. C. I., Yunianto, W., Rosa, M., & Orey, D. C. (2021). ETHNOMATHEMATICS: PRANATAMANGSA SYSTEM AND THE BIRTH-DEATH CEREMONIAL IN YOGYAKARTA. Journal on Mathematics Education, 12(1), 93–112. https://doi.org/10.22342/jme.12.1.11745.93-112

Salsabilla, I., & Hidayati, Y. M. (2021). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS). JKPD: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(1), 92–107.

Sani, R. A. (2019). Cara Membuat Soal HOTS (High Order Thinking Skills). Tira Smart.

Santoso, R. M., & Setyaningsih, N. (2020). Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Bentuk Aljabar Berdasarkan Kemampuan Matematika. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP) V, 62–71.

The National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.