PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS
(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Salah satu kompetensi yang paling penting adalah literasi matematis, namun peserta didik masih memiliki tingkat kemampuan yang rendah, terutama dalam materi terkait statistik. Penggunaan LKPD elektronik berbasis discovery learning merupakan solusi alternatif untuk masalah ini. Pengembangan LKPD elektronik berbasis discovery learning yang valid dan praktis menjadi tujuan dari penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah design research tipe development studies, yang terdiri dari tiga tahapan yaitu preliminary research, development or prototyping phase, dan assessment phase. Dokumen, walkthrough, dan lembar penilaian merupakan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini. Sebanyak 20 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Pekanbaru berpartisipasi dalam penelitian selaku subjek penelitian untuk menghasilkan LKPD elektronik berbasis model discovery learning pada materi statistika yang valid dan praktis. Temuan penelitian menunjukkan LKPD elektronik sudah valid dari segi face validity, content validity, dan construct validity berdasarkan keterangan yang dibuat oleh para ahli selama expert review dan sudah melewati uji keterbacaan pada tahap one-to-one. Penerapan LKPD elektronik pada tahap small group menunjukkan kepraktisan dengan kriteria baik berdasarkan dari angket respon peserta didik. Diperoleh simpulan bahwa LKPD elektronik yang dikembangkan sangat baik atau praktis dan layak dipakai dalam proses pembelajaran serta memiliki kemampuan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis peserta didik.
Abstract
One of the most necessary competencies is mathematical literacy, but students still have a low level of aptitude, especially in statistics material. An additional solution to this issue is the usage of digital worksheets built on discovery learning. The development of electronic worksheets based on valid and practical discovery learning is the aim of this research. The research method used is design research of the type of development studies, which consists of three stages, name preliminary research, development or prototyping phase, and assessment phase. Documents, walkthroughs, and the study’s methods for collecting data include assessment sheets. As many as 20 class VIII students of SMP Negeri 6 Pekanbaru participated in the research as research subjects to produce electronic worksheets based on discovery learning models on valid and practical statistical material. The research findings show that electronic worksheets are valid in terms of face validity, content validity, and construct validity based on information made by experts during the expert review and have passed the readability test at the one-to-one stage. The application of electronic LKPD at the small group stage shows practicality with good criteria based on student response questionnaires. it come to an end that the developed electronic LKPD was very good or practical and ideal for use in the educational process and may enhance students' literacy in mathematics.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afriyanti, I., Wardono, W., & Kartono, K. (2018). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Akker, J. van den, Bannan, B., Kelly, A. E., Nieveen, N., & Plomp, T. (2013). Educational design research / Part A: an introduction. (T. Plomp & N. Nieveen, eds.). Retrieved from http://international.slo.nl/publication/edr/
Babys, U. (2016). Kemampuan Literasi Matematis Space And Shape Dan Kemandirian Siswa SMA Pada Discovery Learning Berpendekatan RME-PISA. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(2), 2477–8443.
Dewi, S., Rizal, S., & Johar, R. (2019). Pengembangan Modul Matematika Diskrit Berbantuan Software wxMaxima. Jurnal Peluang, 7(2), 56–65. https://doi.org/10.24815/jp.v7i2.13747
Diyarko, D., & Budi Waluya, S. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Metakognisi dalam Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Lembar Kerja Mandiri Mailing Merge. UJMER (Unnes Journal of Mathematics Education Reseacrh), 5(1), 70–80. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Fajri, H. N., Johar, R., & Ikhsan, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Spasial dan Self-Efficacy Siswa Melalui Model Discovery Learning Berbasis Multimedia. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 180. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i2.14
Fiad, U., Suharto, S., & Kurniati, D. (2017). Identifiasi Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri 12 Jember dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space and Shape. Kadikma, 8(1), 72–78.
Handayani, S., & Mandasari, N. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 1(2), 144–151. https://doi.org/10.31539/judika.v1i2.412
Heriyadi, H., & Prahmana, R. C. I. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2). https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2782
Hilaliyah, N., Sudiana, R., & Subhan Pamungkas, A. (2019). Pengembangan Modul Realistic Mathematics Education Bernilai Budaya Banten untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 6(2), 121–135. https://doi.org/10.24815/jdm.v%vi%i.13359
Hutabarat, L. B., Antika, R., & Fera, M. (2021). Pengembangan E-Lkpd Flipbook Interaktif Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Transformasi Geometri Kelas Xi Sma. Student Online Journal, 2(2), 1385–1398.
In’am, A., & Hajar, S. (2017). Learning Geometry through Discovery Learning Using a Scientific Approach. International Journal of Instruction, 10(1), 55–70.
Istiqomah, A. N., & Suparman, S. (2019). Analisis Kebutuhan E-LKPD Penunjang Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif. Prosiding Sendika, 5(1), 712–717.
Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Julian, R., & Suparman, S. (2019). Analisis Kebutuhan E-LKPD Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah. PROCEEDINGS OF THE 1 St STEEEM, 1(1), 238–243. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
Khanafi, K., Wardono, W., & Masrukan, M. (2015). Penerapan Model Guided Discovery Learning Pendekatan Realistik Berbantuan Google Drive Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika.
Mahardika, A. I., Arifuddin, M., & Juhroh, S. (2022). The Development of Impulse and Momentum E-Module with Authentic Learning Content in Cooperative Learning Model Syntax. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(1), 174–183. https://doi.org/10.23960/jpp.v12.i1.202214
Nuurjannah, P. E. I., Amaliyah, W., & Fitrianna, A. Y. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(1), 15. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i01.12016
Oktaviranda, A., & Asmara, A. (2021). Kemampuan Literasi Melalui Pengembangan Soal pada Materi Statistika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(1), 15. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.10620
Pernandes, O., & Asmara, A. (2020). Kemampuan Literasi Matematis Melalui Model Discovery Learning di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 140–147. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.ph
Prabawati, M. N., Herman, T., & Turmudi, T. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah dengan Strategi Heuristic untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1). Retrieved from http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Purwasih, R., Sari, N. R., & Agustina, S. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematik dan Mathematical Habits Of Mind Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Numeracy, 5(1), 67–76.
Putri, D. A., Dewi Susanti, V., & Apriandi, D. (2020). Pengembangan Modul Berbasis RME untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas XI SMK. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 138–146.
R, N., & Susanti, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Literasi Matematiks. Jurnal Borneo Saintek, 2(1), 37–46.
Rahmiati, R., Musdi, E., & Fauzi, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Mosharafa, 6(2), 267–272. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i1.2540
Ridwan, R., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Aritmatika Sosial Berbasis Problem Based Learning di Kelas VII SMP. Jurnal Elemen, 2(2), 92–115.
Rifai, R., & Wutsqa, D. U. (2017). Mathematical Literacy of State Junior Secondary School Students in Bantul Regency. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 152–162. https://doi.org/10.21831/jpms.v4i1.10111
Sari, N. S., Farida, N., & Rahmawati, D. (2020). PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MELATIH LITERASI MATEMATIKA. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 11–23. https://doi.org/10.24127/emteka.v1i1.377
Sari, R. H. N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 713–720. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Suanto, E., Khainingsih, F. G., & Hutapea, N. M. (2022). Pengembangan LKPD-EL Berbasis Problem Based Learning Berkonteks Budaya Melayu untuk Meningatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1805. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5659
Sugianto, H., Suyitno, A., & Asih, T. S. N. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Menggunakan E-learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis MTs. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 6(1), 145–157. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.6264
Syafruddin, I. S., Pamungkas, A. S., Khaerunnisa, E., & Rafianti, I. (2022). Pengembangan E-LKPD untuk Mendukung Kemampuan Literasi Matematis pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3214–3227. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1727
Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan literasi matematika siswa SMP ditinjau dari gaya belajar. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 222–240. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.121
Wijaya, A. P. (2017). Pengembangan Modul dengan Pendekatan Open Ended untuk Memfasilitasi Pencapaian Literasi Matematis. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP, 6(2), 159–168.
Wildani, J., Triyani, I. W., & Mahmudah, W. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Literasi Matematis pada Materi Statistika. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 141–150.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7022
Refbacks
- There are currently no refbacks.