PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEKS PRIBADI: APAKAH SISWA REFLEKTIF LEBIH UNGGUL DARI IMPULSIF?

Ika zuwaida fatma(1), suwarno suwarno(2*),

(1) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
(2) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
(*) Corresponding Author


Abstract


Dalam dunia pendidikan, tuntutan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik sangat tinggi. Salah satu indeks yang mengukur kompetensi siswa adalah Program for Internasional Student Assessment (PISA). PISA mengukur kompetensi siswa dalam mengerjakan soal-soal berbasis konteks pribadi. Pada konteks ini, pengambilan keputusan adalah bagian penting karena keberhasilan menyelesaikan soal PISA bergantung pada pengambilan keputusan. Perbedaan gaya kogntif setiap siswa berpengaruh dalam menentuan pengambilan keputusan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengambilan keputusan siswa SMP yang memiliki kognitif reflektif dan impulsif dalam menyelesaikan soal PISA konteks pribadi. Bentuk penelitian yang dipilih termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif  dengan mengumpulkan data menggunakan tes tertulis dan wawancara yang melibatkan 4 subjek yaitu 2 siswa reflektif dan 2 siswa impulsif. Pemilihan keempat subjek ini didasarkan pada hasil tes MFFT (Matching Familiar Figure Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa impulsif hanya mampu memenuhi 3 indikator pengambilan keputusan yaitu mampu mendefinisikan keputusan, memahami konteks dan memprioritaskan pilihan, sedangkan siswa reflektif mampu memenuhi seluruh indikator pengambilan keputusan. Dapat disimpulkan bahwa siswa reflektif lebih unggul daripada siswa impulsif. Kurangnya pemahaman yang dimiliki subjek impulsif dalam menyelesaikan masalah menjadi penyebab ketidak mampuannya untuk mengambil keputusan dengan tepat

Keywords


Decision making; PISA in a personal context; Reflective and impulsive cognitive Styles

References


Agustina, D. A., & Supriyanto, D. H. (2018). Upaya Mempersiapkan Calon Pendidik Abad XXI Melalui Pembelajaran Quantum. Seminar Nasional IKA UNY, 188–205.

Ali, A. Z. F., & Nageeb, S. M. (2020). Effect of Problem-Solving Educational Program on Decision-Making Skills among Nurses in critical care units. International Journal of Novel Research in Healthcare and Nursing, 7(1), 148–160. Retrieved from www.noveltyjournals.com

Annizar, A. M., Lestari, A. C., Sofiah, S., Khairunnisa, G. F., & Maulyda, M. A. (2020). Proses Berpikir Inkuiri Dalam Menyelesaikan Masalah Higher Order Thinking Skills (HOTS) Ditinjau dari Tingkat Kognitif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1192–1204. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3113

Astuti, N., & Adirakasiwi, A. G. (2019). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill). Prosiding Sesiomadika 2019, 415–426. Prosiding Sesiomadika 2019.

Charmila, N., Zulkardi, & Darmawijoyo. (2016). Pengembangan soal matematika model PISA menggunakan Konteks Jambi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 198–207. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7444

Diani, N. S., & Fikri, A. (2021). Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills Materi Aturan Sinus dan Cosinus di SMAN Rambipuji. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 2(1), 52–71. https://doi.org/10.35719/mass.v2i1.60

Gustiningsi, T., & Somakim. (2021). Pengembangan Soal Matematika Tipe PISA Level 5 dengan Konteks Pribadi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 915–926. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3535

Haendler, T., & Frysak, J. (2019). Deconstructing the refactoring process from a problem-solving and decision-making perspective. ICSOFT 2018 - Proceedings of the 13th International Conference on Software Technologies, 363–372. SciTePress. https://doi.org/10.5220/0006915903630372

Happy, N., Alfin, Z. F., & Handayanto, A. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dengan Gaya Kognitif Reflektif Pada Materi Segiempat Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(2), 129–140.

Jamil, A. F., Inganah, S., & Prasetya, A. (2022). Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Membuktikan Identitas Dasar Trigonometri Ditinjau dari Gaya Reflektif-Impulsif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1095–1104. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4822

Jhahro, K. F., Trapsilasiwi, D., & Setiawan, T. B. (2018). Pemahaman Konsep Siswa Pada Pemecahan Masalah Soal Geometri Pokok Bahasan Segiempat Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif Siswa. Kadikma, 9(1), 116–122.

Konitah, R., & Hendriana, B. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(1), 9–20.

Liang, S., & Muhammad, R. M. (2021). Computer Based Information System Journal Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penilaian Siswa Dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting). Computer Based Information System Journal, 09(01), 23–35. Retrieved from http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cbishttp://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cbis

Masfingatin, T., & Suprapto, E. (2020). Student’s Statistical Literacy skills Based on the Reflective and Impulsive Cognitive Styles. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 273–286. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/index

Murtafiah, W., Sa’dija, C., Chandra, T. D., Susiswo, & Zayyadi, M. (2020). Novice and Experienced Mathematics Teachers’ Decision Making Process in Designing Math Problem. Journal of Physics: Conference Series, 1464(1), 012030. Institute of Physics Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1464/1/012030

Nasriadi, A. (2016). Berpikir Reflektif Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif. Numeracy: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 15–26.

Pekdoğan, S., & Akgül, E. (2020). Decision-making as a Predictor of Problem-solving Skills in 5-6-year-old Children. Journal of Education and Future, (19), 25–35. https://doi.org/10.30786/jef.635246

Rahayu, G., Kurniati, D., Jatmiko, D. D. H., Lestari, N. D. S., & Ambarwati, R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Memecahkan maslah Matematika Materi Bentuk Aljabar Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Edikasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(2), 207–216.

Rahayu, L. D., & Kusuma, A. B. (2019). Peran Pendidikan Matematika di Era Globalisasi. Prosiding Sendika, 5(1), 534–541.

Rahayu, Y. A., & Winarso, W. (2018). Berpikir Kritis Siswa Dalam Penyelesaian Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Tipe Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif. Ejournal Undiksha: Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 1–11.

Rismen, S., Juwita, R., & Devinda, U. (2020). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 163–171.

Samsul, K. (2022). Pengambilan Keputusan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Sungai Kakap Dalam Membuat Pengajuan Masalah pada Materi Lingkaran Ditinjau Dari Ide Kreatif Scamper. (Doctoral Dissertation, IKIP PGRI PONTIANAK).

Siregar, S. L., Arriswoyo, S., & Sembiring, P. (2014). Pengambilan Keputusan Menggunakan Metode Bayes Pada Ekspektasi Fungsi Utilitas. Jurnal Saintia Matematika, 2(1), 47–54.

Solihat, I., Fauzi, A., & Fajriya, R. N. (2022). Pengambilan Keputusan Kepemimpinan dalam Organisasi Lembaga Pendidikan. PENAIS (Jurnal Pendidikan Agama Islam), 2(1), 133–140.

Suwarno, Nusantara, T. , Susiswo., Irawati, S. , & Abdullah, A. H. (2022). How can HOTS problems arise from Covid-19 data?: Pre-service mathematics teacher decision making process in developing an analytical problem. AIP Conference Proceedings, 2633(1), 030041.

Suwarno, S., Nusantara, T., Susiswo, S., & Irawati, S. (2022). The decision making strategy of prospective mathematics teachers in improving LOTS to be HOTS problem. Internatuonal Journal. Nonlinear Analysis Appllication, 13(1), 1613–1627. https://doi.org/10.22075/ijnaa.2022.5776

Wahyuni, I., Purwanto, Subanji, & Rahardi, R. (2019). The Students’ Mathematical Thinking Ability In Solving The Program for International Student Assessment (PISA) Standard Questions. Jour of Adv Research in Dynamical & Control Systems, 11(7), 777–787.

Wijaya, H., & Hanita, R. (2022). Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis E-Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 446–469.

Yurtseven, R., Baysal, Ö. A., Emine, Ü., & Ocak, G. (2021). Analysis Of The Relationship Between Decision Making Skills and Problem Solving Skills Of Primary School Students. International Online Journal of Education and Teaching, 8(3), 2117–2130.

Yusuf, M., & Ekawati, R. (2020). The Decision Making Process Of High School Students With High Mathematical Ability In Solving Social Arithmetic Problems. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 194–201.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.7007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.