KESALAHAN SISWA YANG BERGAYA KOGNITIF FD DAN FI DALAM MEMECAHKAN MASALAH REALISTIK TIPE HOTS

Kadek Adi Wibawa(1*), I Made Dharma Atmaja(2), Kadek Rahayu Puspadewi(3), Yohanes Ronaldus Lalung(4), Ni Made Hermayanti(5),

(1) Universitas Mahasaraswati Denpasar
(2) Universitas Mahasaraswati Denpasar
(3) Universitas Mahasaraswati Denpasar
(4) Universitas Mahasaraswati Denpasar
(5) Universitas Mahasaraswati Denpasar
(*) Corresponding Author


Abstract


Siswa seringkali melakukan kesalahan dalam memecahkan masalah matematika, terlebih masalah tipe HOTS. Kesalahan yang terjadi belum banyak meninjau dari gaya kognitif siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui jenis dan penyebab kesalahan siswa dalam memecahkan masalah realistik tipe HOTS ditinjau dari gaya kognitif FD dan FI. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif yang mengambil subjek penelitian di SMP Widiatmika dan SMPN 12 Denpasar. Jumlah subjek sebelum wawancara adalah 59 siswa, dan sebanyak 6 siswa diambil mewakili 6 kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 59 subjek sebanyak 18,64% memiliki gaya kognitif field dependent dan 81,36% dengan gaya kognitif field independent. Siswa yang masuk dalam kelompok tinggi sebanyak 22,03%, kelompok sedang 18.64% dan kelompok rendah 59,33%.  Jika ditinjau dari banyaknya kesalahan yang dibuat, siswa yang tidak melakukan kesalahan sebanyak 16,95%, siswa yang melakukan sedikit kesalahan 11,86%, siswa yang melakukan cukup banyak kesalahan 23,73%, dan siswa yang melakukan banyak kesalahan 47,46%. Jenis kesalahan yang banak terjadi pada siswa FD adalah memahami masalah, dan pada siswa FD pada tahap memeriksa kembali. Penyebab kesalahan yang terjadi pada siswa FD adalah pemahaman dan penalaran yang tidak lengkap, serta kurang teliti dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan. Penyebab kesalahan FI adalah karena terburu-buru dan tidak detail dalam menuliskan jawaban.


Keywords


analisis kesalahan; pemecahan masalah; HOTS; empat langkah Polya; gaya kognitif

References


Amalia, D & Hadi, W. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematis. Transformasi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1):219-236.

Anugrah, A. & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2):213-225. http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v11i2.11897

Aryani, I & Maulida. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika melalui Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Serambi Ilmu, 20(2):274-290.

Jailani, S, Heri, R, dkk. Desain Pembelajaran Matematika Untuk Melatih Higher Order Thinking Skills. Yogyakarta: UNY Press; 2018.

Jurnaidi dan Zulkardi. (2013). Pengembangan Soal PISA Pada Konten Change And Relationship Untuk Mengetahui Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2).

Khusna, AA, Utami, RE, & Nursyahidah, F. (2021). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Tipe HOTS Ditinjau dari Gaya Kognitif di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tadris Matematika, 4(1): 77-94. http://dx.doi.org/10.21274/jtm.2021.4.1.77-94

Mirlanda, EP & Pujiastuti, H. (2018). Kemampuan Penalaran Matematis: Analisis Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3(2).

Musser, GL, Burger, WF, & Peterson, BE. (2011). Mathematics for Elementary Teachers a Contemporary Approach, Ninth Edition. United States of America: John Wiley & Sons, Inc.

Nafi’an, MI & Pradani, SL. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2):112-118. DOI: http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v10i2.15050

Nugraha, GN, Awalliyah, S. (2016). Analisis Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas VII. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF 5. Diunduh di http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/download/402 0/2998/.

Resnick, LB. (1987). Educational and Learning to Think. Washington, DC: National Academy Press.

Susanto, HA. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasar Gaya Kognitif. Yogyakarta: Deepublish.

Thomas, A. & Thorne, G. (2009). How to increase higher order thinking. http://goo.gl/rXxI50.

Thomas, L. (1990). Educational Psychology: a Realistik Approach. London: Longman.

Viani, CF, Setyowati, RD, & Zuhri, MS. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP Berdasarkan Kriteria Watson dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe High Order Thinking Skills (HOTS) Ditinjau dari Gaya kognitif. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(5):372-381.

Witkin, HA, Moore, CA, Goodnough DR, dan Cox, PW. (1977). Field Dependent and Field Inependent Cognitive Style and Their Educational Implication. Review of Educational Researh Winter, 47(1).

Woolfok. (1993). Educational Psycology, 5 edition. Boston: Allyn and Bacon.

Wulandari, EA. Analiss Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berbasis Gaya Kognitif Di Kelas XI SMK Asta Mitra Purwodadi. Tesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.