MATHEMATICAL CRITICAL THINKING ABILITY BASED ON STUDENTS SELF-EFFICACY USING PHENOMENOLOGICAL STUDY APPROACH

Irfa Ul Umam(1*), Elah Nurlaelah(2), Suhendra Suhendra(3),

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author


Abstract


Critical thinking is a key skill in terms of being used in most thinking processes. There is one variable related to critical thinking, namely self-efficacy. This can be seen from a positive significant relationship between self-efficacy and critical thinking. In this regard, this study aims to describe mathematical critical thinking abilities based on students' self-efficacy. This study uses a phenomenological approach. The researcher gave a self-efficacy questionnaire to class X students at a public high school in the city of Bandung, followed by giving tests on critical thinking skills, and conducted interviews with students with high self-efficacy (ST), medium self-efficacy (SS), and low self-efficacy (SR). The results show that ST belongs to high-level mathematical critical thinking skills in solving math problems. If students have high self-efficacy, so it will also have an impact on high critical thinking skills. SS is in the category of moderate-level critical thinking skills, thus showing that students with moderate self-efficacy do not necessarily have moderate-level mathematical critical thinking skills. SR cannot solve the given questions correctly and completely, so students with low levels of self-efficacy have low mathematical critical thinking skills.

Kemampuan berpikir kritis menjadi kemampuan kunci yang digunakan pada proses berpikir. Literatur menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa masih perlu ditingkatkan. Oleh karenanya perlu dideskripsikan kemampuan berpikir kritis melalui variabel yang memoderatorinya. Terdapat salah satu variabel yang berkaitan dengan berpikir kritis, yaitu self-efficacy. Hal ini ditunjukkan dengan adanya hubungan positif yang signifikan antara self-efficacy dan berpikir kritis. Berkaitan dengan itu, tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan self-efficacy siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Peneliti memberikan angket self-efficacy ke siswa kelas X di salah satu SMA Negeri di kota Bandung, dilanjutkan dengan memberikan tes kemampuan berpikir kritis, dan melakukan wawancara terhadap siswa dengan self-efficacy tinggi (ST), sedang (SS), dan rendah (SR). Hasil menunjukkan bahwa ST tergolong dalam kategori kemampuan berpikir kritis matematis tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal matematika. Apabila siswa memiliki efikasi diri yang tinggi maka akan juga berdampak pada kemampuan berpikir kritis yang tinggi. SS berada pada kategori kemampuan berpikir kritis tingkat sedang, sehingga memperlihatkan bahwa siswa dengan kategori self-efficacy sedang belum tentu mempunyai kemampuan berpikir kritis matematis pada tingkat sedang pula. SR tidak dapat menyelesaikan soal yang diberikan dengan benar dan lengkap, sehingga siswa dengan tingkat self-efficacy rendah memiliki kemampuan berpikir kritis matematis yang rendah pula.




Keywords


Critical Thinking Skills, Self-Efficacy

Full Text:

PDF

References


Agoestanto, A., Sukestiyarno, & Rochmad. (2016). Analysis of Mathematics Critical Thinking Students in Junior High School Based on Cognitive Style. Journal of Physics: Conference Series, 755(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001

Agus, I. (2021). Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 1. https://doi.org/10.31941/delta.v9i1.1061

Aswin, A., Dasari, D., Juandi, D., & Kurniawan, S. (2022). Analysis Of Factors That Influence Students Mathematical Critical Thinking Skills: Intrapersonal Intelligence And Learning Motivation. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2248. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5440

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analysis of Critical Thinking Skills of Elementary School Students in Learning Mathematics Curriculum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 6170.

Azwar, S. (2012). Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. In Self-efficacy: The exercise of control. W H Freeman/Times Books/ Henry Holt & Co.

Basito, M. D., Arthur, R., & Daryati, D. (2018). Hubungan Efikasi Diri Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMK Program Keahlian Teknik Bangunan Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik. Jurnal PenSil, 7(1), 2134. https://doi.org/10.21009/pensil.7.1.3

Creswell, J. W. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Newbury Park: Sage.

Dores, O. J., Wibowo, D. C., & Susanti, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 242254. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.889

Facione, P. A. (2013). Critical thinking: What it is and why it counts. Insight Assessment, 128.

Fatihah, A. N., Suhendri, H., & Mailizar. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Al Ihsan Jakata Ditinjau dari Efikasi Diri. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, 94, 3952.

Gurcay, D., & Ferah, H. O. (2018). High School Students Critical Thinking Related to Their Metacognitive Self-Regulation and Physics Self-Efficacy Beliefs. Journal of Education and Training Studies, 6(4), 125. https://doi.org/10.11114/jets.v6i4.2980

Hasanah, U., Dewi, N., & Rosyida, I. (2019). Self-Efficacy Siswa SMP Pada Pembelajaran Model Learning Cycle 7E (Elicit, Engange, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, and Extend). Prisma Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 551555.

Imaroh, A., Umah, U., & Asriningsih, T. M. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Self-Efficacy Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 843856. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.843-856

Koziko?lu, ?. (2019). Investigating critical thinking in prospective teachers: Metacognitive skills, problem solving skills and academic self-efficacy. Journal of Social Studies Education Research, 10(2), 111130.

Lestari, R., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2019). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dan Self Confidence. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 6577.

Listiawati, E. (2016). Pemahaman Siswa SMP Pada Masalah Kalimat Matematika. APOTEMA: Jurnal Pendidikan Matematika., 2, 2636.

Masrurotullaily, Hobri, & Suharto. (2013). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Keuangan Berdasarkan Model Polya Siswa SMK Negeri 6 Jember. Kadikma, 4(2), 129138.

Mukminah, Hirlan, & Sriyani. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Berhitung Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 1. Jurnal Pacu Pendidikan Dasae, 1(1), 114.

Nurjaman, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Implementasi Desain Pembelajaran Assure. IAIN Batusangkar.

Purwati, R., Hobri, H., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaranmodel Creative Problem Solving. Kadikma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 152.

Putri, A. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Kelas Viii Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Tambusai |, 7(1), 103112.

Rahmawati, A., Lukman, H. S., & Setiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Tingkat Self-Efficacy. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 7990. https://doi.org/10.46918/equals.v4i2.979

Rositawati, D. N. (2019). Kajian Berpikir Kritis Pada Metode Inkuiri. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 3, 74. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v3i0.28514

Siwi, N. I., & Haerudin. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Self Effcacy. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 836841.

Subaidi, A. (2016). Self-Efficacy Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. SIGMA, 1(2).

Tresnawati, R., Octavia, E., & Dewi Herawati, S. (2017). The Effect of Efficiency and Quality Cost on Profitability. Review of Integrativr Business & Economics Research, 6(1), 296.

Turan, M. B., & Ko, K. (2018). The impact of self-directed learning readiness on critical thinking and self-efficacy among the students of the school of physical education and sports. International Journal of Higher Education, 7(6), 98105. https://doi.org/10.5430/ijhe.v7n6p98




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6859

Refbacks