META ANALISIS: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS

Asyifa Rahmawati(1*), Dadang Juandi(2), Kartika Yulianti(3),

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author


Abstract


Telah banyak studi yang mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dari penerapan model pembelajaran CPS di Indonesia dengan hasil yang beragam sehingga menimbulkan inkonsistensi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji dan menyelidiki secara keseluruhan studi mengenai penerapan model pembelajaran CPS terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis menggunakan meta analisis. Meta analisis merupakan  metode analisis statistik yang menghitung  beberapa studi secara kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa model pembelajaran CPS berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dengan effect size 1,387 pada klasifikasi efek yang sangat besar. Jika ditinjau dari jenjang pendidikan menengah menyatakan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dari pengaruh adanya  penerapan model pembelajaran CPS dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis baik pada jenjang SMP/MTs ataupun SMA/MA/SMK. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka model pembelajaran CPS dapat dijadikan sebagai rekomendasi model pembelajaran yang diterapkan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa baik pada jenjang SMP/MTs ataupun SMA/MA/SMK.

Keywords


CPS Learning Model; Mathematical Creative Thinking Ability; Meta Analysis

References


Avina, A. N., Sundari, A., Casandra, B., Candra, D., Agustina, S., Sriyani, S., Bidara, Y., & Zulfah, Z. (2022). Meta Analisis: Creative Problem Solving. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 1(1).

Fadillah, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.24853/Fbc.2.1.1-8

Fahera, J. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 8.

Fitriyantoro, A., & Prasetyo, A. P. B. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Pada Pembelajaran Creative Problem Solving Berpendekatan Scientific. 8.

Habibi, M. W., & Suyitno, S. (2020). Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Dan Berpikir Kreatif Siswa Smpn 1 Yosowilangun. Factor M: Focus Action Of Research Mathematic, 2(2), 127–140. Https://Doi.Org/10.30762/F_M.V2i2.2276

Handayani, A., & Koeswanti, H. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3).

Juandi, D., & Tamur, M. (2020). Pengantar Analisis Meta. Upi Press.

Kholili, A., Shoffa, S., & Soemantri, S. (2021). Pembelajaran Matematika Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa : Kajian Meta Analisis. Jpmi: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6).

Kuneni, E. (2015). Keefektifan Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Dengan Teknik Probing Prompting Berbantuan Cd Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Vii. 8.

Muslich, M. (2007). Ktsp Pembelajaran Berbasis Kompetensi Dan Kontekstual. Bumi Aksara.

Noviyana, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Jurnal E-Dumath, 3(2). Https://Doi.Org/10.26638/Je.455.2064

Nurfitriani, N., Fahinu, F., & Mukhsar, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Cps Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Smp Ditinjau Dari Self Efficacy. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 142. Https://Doi.Org/10.36709/Jpm.V9i2.5863

Paloloang, M. F. B., Juandi, D., Tamur, M., Paloloang, B., & Adem, A.

M. G. (2020). Meta Analisis: Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Di Indonesia Tujuh Tahun Terakhir. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 851–864. Https://Doi.Org/10.24127/Ajpm.V9i4.3049

Prawiyogi, A. G., Anggraeni, S. W., & Rahayu, T. G. (2019). Penerapan Model Creative Problem Solving (Cps) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 7–12. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i1.295

Putra, Y. P. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Jp3m Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 73–80.

Sartika, N. S., Yulita S, S. R., & Laeliyah, S. (2021). Penerapan Model Creative Problem Solving Terintegrasi Nilai Islam Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 130–139. Https://Doi.Org/10.33373/Pythagoras.V9i2.2300

Tamur, M., Subaryo, S., Ramda, A. H., Nurjaman, A., Fedi, S., & Hamu, A. (2021). The Effect Of Jigsaw Type Of Cooperative Learning On Critical Thinking Ability Of Junior High School Students. Journal Of Honai Math, 4(2), 173–182. Https://Doi.Org/10.30862/Jhm.V4i2.201

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21 St Century Skills Learning For Life In Our Times. Jossey-Bass.

Wardhani, I. S. (2019). Geometri Dan Permasalahannya Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah (Suatu Penelitian Meta Analisis). 3(1), 124–129.

Yuliastuti, N. P., Sukajaya, I. N., & Mertasari, N. M. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Media Berbasis Tik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas Viii Smpn 1 Bangli. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(2), 78–86. Https://Doi.Org/10.23887/Jppm.V8i2.2855

Yunita, Y., Juandi, D., Hasanah, A., & Tamur, M. (2021). Studi Meta-Analisis: Efektivitas Model Project-Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.