ANALISIS PENGALAMAN PENGEMBANGAN DIRI GURU MATEMATIKA TERHADAP PEMBELAJARAN YANG BERDIFERENSIASI DAN MENDORONG BERPIKIR KRITIS

Pujia Siti Balkist(1*), Dadan Dasari(2), Putri Fitriasari(3),

(1) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas PGRI Palembang
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis signifikansi factor-faktor pendukung variable pengalaman guru, pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran yang mendorong kemampuan berpikir kritis pada kurikulum merdeka . Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dimana pengumpulan data secara survey pada sampel yang dipilih secara purposive, dan pengolahan data dengan analisis klaster serta Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan seluruh factor-faktor pendukung masing-masing variable signifikan dan hanya 3 dari 18 faktor keseluruhan yang memiliki nilai loading factor lemah (<0,3). Analisis signifikansi persamaan structural dari variable pengalaman guru ke pembelajaran berdiferensiasi diperoleh hasil signifikan, variable pengalaman guru ke pembelajaran mendorong berpikir kritis tidak signifikan dan variable pembelajaran berdiferensiasi ke pembelajaran mendorong berpikir kritis signifikan. Adapun efek tidak langsung dari variable pengalaman guru menuju pembelajaran berdiferensiasi kemudian menuju pembelajaran mendorong kemampuan berpikir kritis signifikan. Model yang dibuat juga cocok untuk digunakan menganalisis variable-variabel dalam penelitian ini.

Keywords


berpikir kritis, pembelajaran berdiferensiasi, pengalaman guru, kurikulum merdeka.

References


Balkist, P. S., Patimah, S., & Perlita, N. (2022). Analisis Pembelajaran Matematika di Sekolah Penggerak dalam Menjalankan Kurikulum Merdeka di Masa Pandemi. 11(2), 619–629. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2640

Bikmaz, F. H., Çelebi, Ö., Ata, A., Özer, E., Soyak, Ö., & Reçber, H. (2010). Scaffolding Strategies Applied by Student Teachers to Teach Mathematics. Educational Research Association The International Journal of Research in Teacher Education The International Journal of Research in Teacher Education, 1(1), 25–36.

Binti Anisaul Khasanah, I. D. A. (2017). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING. Jurnal Eksponen, 7(2).

Cangur, S., & Ercan, I. (2015). Comparison of model fit indices used in structural equation modeling under multivariate normality. Journal of Modern Applied Statistical Methods, 14(1), 152–167. https://doi.org/10.22237/jmasm/1430453580

Doğanay, S. D. &Ahmet. (2022). Development of critical thinking in mathematics classes via authentic learning: an action research. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 53(6).

Dukungan, H., Terhadap, K., Pasien, M., & Stroke, P. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 1707–1715.

Himmah, W. I. (2019). Analisis Soal Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Berdasarkan Level Berpikir. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 55. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.698

Kemendikbudristek. (2021). Pedoman Asesmen dan Pembelajaran Kurikulum Merdeka.

Marko Sarstedt, C. M. R. & J. F. H. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling.

Rahmawati, N. S., Bernard, M., & Akbar, P. (2018). Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Journal On Education, 01(02), 344–352.

Salim Nahdi, D. (2019). KETERAMPILAN MATEMATIKA DI ABAD 21. Jurnal Cakrawala Pendas. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1386

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan. PANDUAN PENGEMBANGAN Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 137.

Suryadi, D. (2019). Landasan Filosofis Penelitian Desain Didaktis (DDR).

Susanna Calkins, S. G. &Jason S. (2020). Using Peer-Assisted Reflection in Math to Foster Critical Thinking and Communication Skills. Problems, Resources, and Issues in Mathematics Undergraduate Studies, 30(4).

Tesmanto, J., & Ardiansyah, F. (2022). Pengaruh Administrasi Pendidikan Bagi Disiplin Kerja Guru Di Sdn Lenggahsari 02 Kecamatan Cabangbungin Bekasi. Jurnal Publikasi Sistem …, 1(1). http://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/jupsim/article/view/234

Wong, K. K. K.-K. (2013). 28/05 - Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Techniques Using SmartPLS. Marketing Bulletin, 24(1), 1–32. http://marketing-bulletin.massey.ac.nz/v24/mb_v24_t1_wong.pdf%5Cnhttp://www.researchgate.net/profile/Ken_Wong10/publication/268449353_Partial_Least_Squares_Structural_Equation_Modeling_(PLS-SEM)_Techniques_Using_SmartPLS/links/54773b1b0cf293e2da25e3f3.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.