ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENGERJAKAN SOAL BANGUN RUANG SISI LENGKUNG BERDASARKAN TAHAPAN KASTOLAN

Kartini Kartini(1), Rini Dian Anggraini(2*), Elina Elina(3),

(1) 
(2) Universitas Riau
(3) Universitas RIau
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Siak Kecil yaitu tepatnya di kelas IX yang berjumlah 42 orang, yang selanjutnya dijadikan subjek pada penelitian ini. Tujuan Penelitian  ini adalah untuk mengetahui jenis dan penyebab kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi lengkung berdasarkan tahapan Kastolan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal materi bangun ruang sisi lengkung yang berbentuk essay yang terdiri dari 5 buah yang sudah melalui uji validitas dari tim ahli. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengolahan analisis data diperoleh rata-rata pada masing-masing jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik adalah sebagai berikut: (1) Rata-rata kesalahan konseptual sebanyak 44 %, (2) Rata-rata kesalahan prosedural sebanyak 11,43 %, dan (3) Rata-rata kesalahan teknikal sebanyak 8,57 %. Berdasarkan hasil wawancara dan analisis terhadap penyebab kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam mengerjakan soal bangun ruang sisi lengkung adalah sebagai berikut: (1) Peserta didik belum tepat memilih rumus dalam mengerjakan soal, (2) Peserta didik belum menerapkan rumus dengan tepat, (3) Peserta didik belum mampu menyelesaikan soal ke tahap yang lebih sederhana, (4) Peserta didik kurang teliti dan terburu-buru dalam mengerjakan soal.


Keywords


Analisis Kesalahan, Bangun Ruang Sisi Lengkung, Kastolan

References


Ardiawan, Y. (2016). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Induksi Matematika di IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 4(1).

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi II, Jakarta: Bumi Aksara,(2006). Prosedur Penelitian.

Farhan, M. S., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kesulitan Matematika Siswa MA dalam Menyelesaikan Soal Menggunakan Taksonomi Bloom. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 307–314.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41.

Khanifah, N. M. (2013). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Prosedural Bentuk Pangkat Bulat dan Scaffoldingnya. Universitas Negeri Malang.

Luthfia, L., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kesalahan Menurut Tahapan Kastolan dan Pemberian Scaffolding dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Journal on Education, 1(3), 396–404.

Mahfud, S. A., Mujib, A., Kurniawan, M. A., & Yunita, Y. (2015). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multietnik. Deepublish.

Nuraida, I. (2017). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Bangun Ruang Sisi Lengkung Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 1(2), 25–30.

Raharti, A. D., & Yunianta, T. N. H. (2020). Identifikasi Kesalahan Matematika Siswa SMP Berdasarkan Tahapan Kastolan. Journal of Honai Math, 3(1), 77–100.

Schleicher, A. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations. OECD.

Sriyanto, H. J. (2017). Mengobarkan Api Matematika. CV Jejak (Jejak Publisher).

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Ulfa, D., & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Menggunakan Tahapan Kesalahan Kastolan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05, 542–550.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.