PENGEMBANGAN BUKU AJAR KONSEP DASAR MATEMATIKA SD BERBASIS MASALAH PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DASAR

Wiryanto Wiryanto(1*), Ajeng Rara Veronica(2), Neni Mariana(3),

(1) Universitas Negeri Surabaya
(2) Universitas Negeri Surabaya
(3) Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author


Abstract


Kesulitan mahasiswa magister pendidikan dasar dalam memperoleh referensi berupa buku yang sesuai dengan RPS mata kuliah Konsep Dasar Matematika SD mengakibatkan proses pembelajaran tidak terlaksana secara maksimal. Maka dari itu, dilakukan penelitian dengan tujuan mengembangkan buku ajar Konsep Dasar Matematika SD yang valid dan praktis. Penelitian berjenis Research and Development (R&D) ini menggunakan model Borg & Gall yang terdiri dari delapan tahap yang meliputi pencarian potensi dan masalah, pengumpulan data awal, desain buku ajar, validasi desain, perbaikan buku ajar, uji coba buku ajar, perbaikan buku ajar, dan uji coba pemakaian. Berdasarkan hasil penelitian, uji validasi buku ajar memperoleh persentase sebesar 91% (sangat valid). Sementara itu, pada uji kepraktisan memperoleh persentase sebesar 92,7% (sangat praktis). Persentase tersebut mengalami peningkatan pada uji coba pemakaian dengan perolehan persentase sebesar 93,5% dengan kriteria sangat praktis. Maka dari itu, buku ajar Konsep Dasar Matematika SD terbukti valid dan praktis.

 

The difficulty felt by master students of basic education in obtaining book references that are by the RPS for the Primary School Mathematics Concepts course resulted in the learning process not being carried out optimally. Therefore, the study was carried out to develop a valid and practical Primary School Mathematics Concepts textbook. This Research and Development (R&D) type study uses the Borg & Gall model which consists of eight stages that include searching for potentials and problems, collecting initial data, textbook design, design validation, textbook repair, textbook testing, textbook repair, and trial use. Based on the research results, the textbook validation test obtained a percentage of 91% with very valid criteria. Meanwhile, the practicality test obtained a percentage of 92.7% with very practical criteria. This percentage has increased in trial use, with a percentage of 93.5% with very practical criteria. Therefore, the Primary School Mathematics Concepts textbook proved to be valid and practical.


Keywords


Primary School Mathematics Concepts; Research and Development (R&D); Textbook.

References


Amri, S., & Ahmadi, I. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Anggreani, C., & Syafdaninhsih. (2020). Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Matematika pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 124-132. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.286

Anisah, & Lastuti, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif- Inovatif, 9(2), 191-197. http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v9i2.16341

Annisa, I. S., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Klasifikasi Materi Terintegrasi Matematika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa PGSD. Jurnal Basicedu, 5(4), 1754-1765. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1019

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, Unissula. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(2), 71-90. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107

Atiaturrahmaniah, Ibrahim, D. S., & Kudsiah, M. (2017). Pengembangan Pendidikan Matematika SD. Lombok Timur: Universitas Hamzanwadi Press.

Bokhove, C., & Jones, K. (2018). Stimulating Mathematical Creativity through Constraints in Problem-Solving. (N. Amado, S. Carreira, & K. Jones, Eds.) Broadening the Scope of Research on Mathematical Problem Solving, 301-319. https://doi.org/10.1007/978-3-319-99861-9_13

Bradshaw, Z., & Hazell, A. (2017). Developing Problem-Solving Skills in Mathematics: A Lesson Study. International Journal for Lesson and Learning Studies, 6(1), 32-44. https://doi.org/10.1108/IJLLS-09-2016-0032

Daniel, F., & Taneo, P. N. (2019). Pengembangan Buku Ajar Teori Graf untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 09(02), 64-70. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i02.7635

Dinni, H. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170-176.

Fitria, Y. (2019). Mampukah Model Problem Based Learning meningkatkan Prestasi Belajar Sains Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar? Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 83-91. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i1.106372

Hasanah, H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Cetak Berbasis Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Literasi Matematis. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 137–148. https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.1412

Hasanah, H., Wirawati, S. M., & Sari, F. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis STEM Pada Materi Bangun Ruang. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 91-100. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.582

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Oktaviana, D., & Susiaty, U. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Diskrit dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(3), 186-191. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v4i3.6280

Pangestu, W. T. (2014). Pengembangan Buku Ajar Berorientasi Pendidikan Karakter pada Mata Kuliah Pembelajaran Pkn SD di Program Studi S1 PGSD. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 4(1), 104-118. http://doi.org/10.25273/pe.v4i01.311

Pratiwi, P. H. (2017). Pengembangan Modul Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills). Jurnal Cakrawala Pendidikan, XXXVI(2), 201-209. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13123

Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian . Bandung: ALFABETA.

Sari, F., Marlissa, I., & Dahlan, J. (2019). Analisis Ways of Thinking (Wot) dan Ways of Understanding (Wou) pada Buku Teks Pelajaran Matematika SMP Kelas VII Materi Bilangan. Integral: Pendidikan Matematika, 10(02), 13-24.

Sudijono, A. (2007). Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada Raju.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumaryanta. (2018). Penilaian HOTS dalam Pembelajaran Matematika. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 8(8), 500-509.

Theis, R., & Junita, R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Analisis Real Untuk Memfasilitasi Self Regulated Learning Mahasiswa. Edumatica, 9(1), 61-74. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.6259

Veronica, A. R., Siswono, T. Y. E., & Wiryanto. (2022). Hubungan Berpikir Komputasi dan Pemecahan Masalah Polya pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 115-126. https://dx.doi.org/10.24176/anargya.v5i1.7977

Veronica, A. R., Siswono, T. Y. E., & Wiryanto. (2022). Primary School Students' Computational Thinking in Solving Mathematics Problems Based on Learning Style. EduMa: Mathematics Education Learning and Teaching, 11(1), 84-96. https://dx.doi.org/10.24235/eduma.v8i2.10378

Windari, F. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 8 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri. Jurrnal Pendidikan Matematika, 3(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.