PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL CORE DENGAN PENDEKATAN RME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS

Any Isroaty(1*), Sunardi Sunardi(2), Nurcholif Diah Sri Lestari(3), Didik Sugeng Pambudi(4), Dian Kurniati(5),

(1) 
(2) Universitas Jember
(3) Universitas Jember
(4) Universitas Jember
(5) Universitas Jember
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Rendahnya kemampuan koneksi matematis membuat peserta didik kesulitan dalam mengaitkan antara ide matematika satu dengan yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika menggunakan model Connecting, Organizing, Reflecting and Extending (CORE) dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang disusun untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik. Perangkat yang dikembangkan terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Tes Hasil belajar (THB) yang berupa tes kemampuan koneksi matematis yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model 4D Thiagarajan Semmel & Semmel dan dilakukan penelitian eksperimen untuk menganalisis pengaruh peningkatan perangkat yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran model CORE dengan pendekatan RME termasuk pada kriteria valid, praktis dan efektif. Berdasakan uji hipotesis terhadap hasil penelitian eksperimen diperoleh nilai Sig. (2-tailed)  (Sig. (2-tailed ) sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model CORE dengan pendekatan RME berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis.

 

Abstract

The low of the ability of mathematical connections makes it difficult for students to connect one material or concept to another. The study aim is to develop mathematics learning tools using Connecting, Organizing, Reflecting and Extending (CORE) models with Realistic Mathematics Education (RME) approaches to improved the mathematical connection ability of students. The developed device consists of the learning implement plan (RPP), Student Worksheet (LKPD) and learning test (THB) of mathematical connection capability test a valid, practical and effective. Research methods used in this study are development using the 4D model thiagarajan semmel & semmel and experimental studies are conducted to analyze the effect of improved devices developed on improving mathematical connection capabilities. Research shows that the CORE model learning tool with the RME approach meets valid, practical and effective criteria. Based on a hypothesis test of experimental research based on sig. (2-tailed) = 0.007 (sig. (2-tailed < 0.05) so it can be seen that the CORE model learning device with the RME approach has a significant effect on improving mathematical connection capabilities

 


References


Apipah, S., & Kartono. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Model Pembelajaran Vak dengan Self Assessment. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 148–156.

Budiyanto, M. A. K. (2016). Sintak 45 Model Pembelajaran dalam Student Centerd Learning (SCL). Malang: UMM Press.

Febriyanti, Bagaskorowati, R., & Makmuri. (2019). The Effect of The Realistic Mathematics Education (RME) Approach and The Initial Ability of Students on The Ability of Student Mathematical Connection. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(3), 153–156. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i3.2117

Lestari, N. D. S., Juniati, D., & Suwarsono St. (2019). The role of prospective mathematics teachers’ knowledge of content and students in integrating mathematical literacy. New Educational Review, 57, 151–160. https://doi.org/10.15804/tner.2019.57.3.12

Maulida, A. R., Suyitno, H., & Asih, T. S. N. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis pada Pembelajaran CONINCON (Constructivism, Integratif and Contextual) untuk Mengatasi Kecemasan SIswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 724–731.

Mz, Z. A., & Mulyani, F. R. (2019). Studi Literatur: Pengaruh Penerapan Model Ctl Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dan Self Efficacy Siswa. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 1(2), 37–45. https://doi.org/10.33578/prinsip.v1i2.27

Nababan, S. A., & Henra, S. T. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa SMA Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia, XI(2), 233–243.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: Library of Congress Cataloguing-in-Publication Data.

Ningrum, H. U., Mulyono, Isnarto, & Wardono. (2019). Pentingnya Koneksi Matematika dan Self-Efficacy pada Pembelajaran Matematika SMA. Prisma : Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 679–686.

Nuryadi, & Khuzaini, N. (2016). Evaluasi Hasil Dan Proses Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: LeutikaPrio.

Pambudi, D. S., Budayasa, I. K., & Lukito, A. (2020). The Role of Mathematical Connections in Mathematical Problem Solving. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 129–144. https://doi.org/10.22342/jpm.14.2.10985.129-144

Pambudi, D. S., Sunardi, & Sugiarti, T. (2022). Learning Mathematics Using a Collaborative RME Approach in the Indoor and Outdoor Classrooms to Improve Students’ Mathematical Connection Ability. Jurnal Pendidikan Matematika, 16, 303–324. https://doi.org/10.22342/jpm.16.3.17883.303-324

Prasetyo, K. B., Sukestiyarno, Y. L., & Cahyono, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau dari Self- Efficacy Siswa Kelas VII Pokok Bahasan Geometri. PROSNAMPAS (Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana), 2(1), 975–980.

Rahmadhani, E., & Wahyuni, S. (2020). Integrasi Pembelajaran Matematika Berbasis ICARE dan Islam Pada Materi Pecahan. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 110. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2874

Rahmi, M., Usman, & Subianto, M. (2020). First-grade junior high school students’ mathematical connection ability. Journal of Physics: Conference Series, 1460(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1460/1/012003

Sari, E. P., & Karyati. (2020). CORE (Connecting, Organizing, Reflecting & Extending) learning model to improve the ability of mathematical connections. Journal of Physics: Conference Series, 1581(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1581/1/012028

Sari, F. K., & Chandra, T. D. (2018). Proses Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Pendidikan:Teori,Penelitian Dan Pengembangan, 3(6), 715–722.

Setiana, D. S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menyusun RPP dengan Pendekatan Saintifik Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional MIPA 2018, 1(1), 120–131.

Siagian, M. D. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ dengan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 1(2), 58–67.

Sirait, A. R., & Azis, Z. (2017). The Realistic of Mathematic Educational Approach (RME) toward the Ability of the Mathematic Connection of Junior High School in Bukhari Muslim Medan. American Journal of Educational Research, 5(9), 984–989. https://doi.org/10.12691/education-5-9-10

Siregar, E. Y., Holila, A., & Ahmad, M. (2020). the Validity of Learning Devices With a Contextual Approach To Improve Concept Understanding Abilities. Akademika, 9(02), 145–159. https://doi.org/10.34005/akademika.v9i02.929

Siregar, N. D., & Surya, E. (2020). Analysis of Student’s Junior High School Mathematical Connection Abiliy. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(2), 309–320.

Sunardi. (2016). Pembelajaran Geometri Sekolah dan Problematikanya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 68–74.

Thiagarajan, S., semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Minneapolis: Indiana University Bloomington.

Wahyuni, R., & Efuansyah. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa untuk Memfasilitasi Pencapaian Penguasaan Konsep Matematika. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 105–118. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/numerical.v3i2.485




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.