PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS
(1) 
(2) Universitas Lampung
(3) Universitas Lampung
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alpindo, O., Liana, M., & Fitriani, R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Interaktif Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Critical Thinking Skill Peserta Didik. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika), 10(1), 35–48.
Anjarwati, N., Lubis, P. H. M., & Sugiarti. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning Berbantuan Software Tracker Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X Materi Gerak Lurus. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika), 9(2), 80–86.
Anzalna, L., Misdalina, M., & Nopriyanti, T. D. (2022). Pengembangan LKPD Berorientasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 95–103.
Assaibin, M., Wahyuddin, & Husain, R. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatid dan Komunikasi Matematis Melalui Model Pace (Project Activity Cooperative Exercise) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Polewali. Genta Mulia, 11(2), 56–69.
Astri, N. K. D., Wiarta, I. wayan, & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 105(2), 79.
Desmulyani. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Saintifik Tipe Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI IPS MAN 2 Kota Padang. Journal of Education and Culture, 2(1), 40–52.
Diana, A., Tahir, M., & Khair, B. N. (2022). Pengambangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Discovery Learning pada Pembelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam untuk Kelas IV SDN 23 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 141–150.
Hake, R. R. (1999). Interactive-Engagement Vs Tradisional Methods: A Six-Thousand-Student Survey Of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74.
Nasution, D. I. (2021). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang Menggunakan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 2 Pante Ceureumen Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Genta Mulia, 12(2), 342–346.
Nurjanah, S., Rudibyani, R. B., & Sofya, E. (2020). Efektivitas LKPD Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Penguasaan Konsep Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 9(1), 27–41.
Putri, D. R., Hanim, N., & Taib, E. N. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Sistem Pernapasan Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMAN 11 Banda Aceh. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 374–379.
Putri, L. S., Azmi, S., Salsabila, N. H., & Hikmah, N. (2022). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Matematis-Logis Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 611–619.
Rahmawati, R. P. D., Usodo, B., & Chrisnawati, H. E. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Secara Tertulis Peserta Didik Kelas X SMA N 1 Sukoharjo Ditinjau Dari Perbedaan Gender. JPPM, 1(3), 61–70.
Raswel, H., Hakim, R., Amini, R., & Bentri, A. (2021). Pengembangan Buku Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Discovery Learning Kelas IV Sekolah Dasar. Genta Mulia, 12(2), 49–62.
Ratnawati, E., & Marvina, Y. (2012). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Antara yang Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Turnament) dengan Pembelajaran Konvensional. EduMa, 1(2).
Sabatini, G., Mahulae, S., Anzelina, D., & Silaban, P. J. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Discovery Learning. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(1), 47–59.
Septi, S. E., Deswalman, D., Maison, M., & Kurniawan, D. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika di SMAN 10. Jurnal Phi: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 3(2), 10–18.
Simarmata, S. M., Sinaga, B., & Syahputra, H. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Matlab. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 692–701.
Sudrajat, S. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Teorema Pythagoras. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(1), 186–199.
Triani, D. A. (2020). Pengembangan Buku Ajar Perkembangan Peserta Didik SD/MI Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 109–124. h
Trinuryono, S., Wahyudi, Herini, M., Hidayati, N., & Sumarno. (2022). Pengembangan Student Worksheets Berbasis Discovery Learning Melalui Lesson Study Materi Program Linear. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 10–15.
Vadilla, N. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Model Discovery Learning Pada Materi Termokimia Untuk Mengukur Keterampilan Sains Siswa. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 152–164.
Wiyarti, R. (2022). Peningkatan Kreativitas dan Kompetensi Siswa dengan Menerapkan Model Discovery Learning pada Materi Perkembangan Politik dan Ekonomi pada Masa Orde Baru di Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Sijunjung. Warta Pendidikan, 6(6), 4–8.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6731
Refbacks
- There are currently no refbacks.