PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Heni Rodiawati(1*), Sugeng Sutiarso(2), Haninda Bharata(3),

(1) Universitas Lampung
(2) Universitas Lampung
(3) Universitas Lampung
(*) Corresponding Author


Abstract


Permasalahan di SMPN 21 Mesuji antara lain belum adanya LKPD yang berbasis scientific approach untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Melihat permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis scientific approach yang valid dan praktis serta melihat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan LKPD berbasis scientific approach dalam pembelajaran matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 21 Mesuji pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development. Teknik analisis data menggunakan uji t dan N-gain. Dari hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan untuk materi bilangan memiliki kategori valid dan praktis. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa LKPD berbasis scientific approach dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan rata-rata N-gain sebesar 0,70. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa penggunaan LKPD berbasis scientific approach dalam pembelajaran matematika terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

 


Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, LKPD, Scientific Approach

References


Dinda, Ambarita, A., Herpratiwi, & Nurhanurawati. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis PBL untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3712–3722.

Fitriana, D., Yusuf, M., & Susanti, E. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Menggunakan Pendekatan Saintifik Untuk Melihat Berpikir Kritis Siswa Materi Perbandingan. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 1–17.

Hake, R. R. (1999). Interactive-Engagement Vs Tradisional Methods: A Six-Thousand-Student Survey Of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74.

Hidayati, N., & Endryansah. (2014). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Ilmiah (Scientific approach ) Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xii Titl 1 Smk Negeri 7 Surabaya Pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Sistem Kendali Elektromagnetik. Pengaruh Penggunaan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach), 69, 25–29.

Kusumayuni, P. N. (2021). E-Book with A Scientific approach on Natural Science Lesson For Fifth Grade Students of Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(1), 177–185.

Lase, N. K., & Lase, R. K. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Kelas VII SMP. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 450–461.

Murtini, W. (2018). The Effectiveness of The Scientific approach to Improve Student Learning Outcomes. International Journal of Active Learning, 3(2), 86–91.

Permata, C. P., Kartono, & Sunarmi. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Pada Model Pembelajaran TSTS Dengan Pendekatan Scientific. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2), 127–133.

Rahmawati, A. N. (2018). Identifikasi Masalah yang Dihadapi Guru dalam Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 114. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.14227

Siti Nugraha, I., & Suherdi, D. (2017). Scientific Approach: an English Learning-Teaching (Elt) Approach in the 2013 Curriculum. Journal of English and Education, 5(2), 112–119.

Sofianti, F., & Afrilianto, M. (2021). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar pada Siswa SMK kelas XI. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 667–674.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wahyudi, & Siswanti, M. C. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Melalui Model Discovery Learning Dengan Permainan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. Scholaria, 5(3), 23–36.

Wibowo, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik dan Saintifik Terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar. Jurnal Riset Penelitian Matematika, 4(1), 1--10$$.

Widiani, T., Rifat, M., & Ijuddin, R. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(1), 1–14.

Yuliati, L., Riantoni, C., & Mufti, N. (2018). Problem Solving Skills on Direct Current Electricity through Inquiry-Based Learning with PhET Simulations. International Journal of Instruction, 11(4), 123–138.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.