PENGEMBANGAN PAKET TES GEOMETRI BANGUN DATAR UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP
(1) Universitas Jember
(2) Universitas Jember
(3) Universitas Jember
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aprilianti, Y., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP Pada Materi Segiempat dan Segitiga. Journal On Education, 1(2), 524–532. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.167
Aulia, E. T., & Prahmana, R. C. I. (2022). Developing interactive e-module based on realistic mathematics education approach and mathematical literacy ability. Jurnal Elemen, 8(1), 231–249. https://doi.org/10.29408/jel.v8i1.4569
Charmila, N., Zulkardi, & Darmawijoyo. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Jambi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 198–207. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/pep.v20i2.7444
Creswell, J. W. (2012). Educational Research : planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (P. A. Smith (ed.); Fourth Edi). Pearson Education.
Iqbal, M. (2016). Tinjauan Pustaka Kemampuan Penalaran Matematis. Seminar Nasional Matematika Dan Terapan, 65. https://ocs.usu.ac.id/simantap/2016/paper/view/153
Khainingsih, F. G., Maimunah, & Roza, Y. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 266–274. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2566
Lestari, I., Prahmana, R. C. I., & Wiyanti, W. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indah. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 45–50. http://jipd.uhamka.ac.id/index.php/jipd/article/view/48
Mullis, I. V. ., & Martin, M. O. (2017). TIMSS 2019 Assessment Frameworks. In TIMSS & PIRLS International Study Center. TIMSS & PIRLS International Study Center. https://doi.org/10.1002/9781119491774.ch8
Nizar, H., Putri, R. I. I., & Zulkardi. (2018). Developing pisa-like mathematics problem using the 2018 Asian Games football and table tennis context. Journal on Mathematics Education, 9(2), 183–194. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5246.183-194
Nusantara, D. S., Zulkardi, & Putri, R. I. I. (2021). Designing Pisa-Like Mathematics Task Using a COVID-19 Context (Pisacomat). Journal on Mathematics Education, 12(2), 349–364. https://doi.org/10.22342/JME.12.2.13181.349-364
Pomalato, S. W., Ismail, R., Harefa, A. O., Imawan, O. R., Ningsi, B. A., & Wulandari, D. (2021). Instrument Test Development Of Mathematics Skill On Elementary School. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(6), 2447–2455. https://doi.org/10.13189/ms.2021.090204
Raharjo, S., Saleh, H., & Sawitri, D. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dengan Pendekatan Open–Ended Dalam Pembelajaran Matematika. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(1), 36–43. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i1.1881
Roliza, E., Ramadhona, R., & Rosmery T, L. (2018). Matematika Materi Statistika. JURNAL GANTANG, III(1), 41–46. https://doi.org/10.31629/jg.v3i1.377
Siregar, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model PACE. Pedagogy, 4(2), 58–70.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–10.
Susanto. (2016). Mengidentifikasi Kesalahan Mahasiswa dalam Membuktikan Teorema-Teorema Kesebangunan Segitiga dengan Metode Think Aload. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 118–122. https://doi.org/ISBN 978-602-449-023-2
Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. Brintish Library.
Wanti, N., Juariah, & Farlina, E. (2017). Pembelajaran Induktif Pada Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Regulated Learning Siswa. Jurnal Analisa 3, 3(1), 56–69. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index%0Ap-ISSN:
Warju, W., Ariyanto, S. R., Soeryanto, S., & Trisna, R. A. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Tipe Hots Pada Kompetensi Sistem Rem Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 95. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22914
Zein, M., & Darto. (2012). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Daulat Riau.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6729
Refbacks
- There are currently no refbacks.