PENGEMBANGAN PAKET TES GEOMETRI BANGUN DATAR UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP

Handariyatul Masruroh(1), Susanto Susanto(2*), Nurcholif Diah Sri Lestari(3),

(1) Universitas Jember
(2) Universitas Jember
(3) Universitas Jember
(*) Corresponding Author


Abstract


Tes merupakan salah satu instrumen yang digunakan untuk mengukur ketercapaian pembelajaran matematika. Dengan adanya pengembangan paket tes geometri, guru dapat mengukur kemampuan penalaran matematis siswa sehingga guru akan lebih mudah dalam merancang pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kemampuan penalaran matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan paket tes geometri pokok bahasan bangun datar untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa SMP yang valid, praktis, dan efektif, serta untuk mendeskripsikan profil kemampuan penalaran matematis siswa SMP dalam menyelesaikan paket tes geometri bangun datar. Penelitian ini mengkombinasikan penelitian pengembangan dan penelitian kualitatif. Model penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah formative evaluation yang terdiri dari enam tahap, yaitu: preliminary, self evaluation, expert review, one-to-one, small group dan field test. Setelah paket tes geometri yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dilakukan penelitian kualitatif untuk mengetahui profil kemampuan penalaran matematis siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi, tes geometri, angket respon siswa, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa paket tes geometri yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif. Analisis kemampuan penalaran matematis siswa SMP menunjukkan siswa berkemampuan penalaran matematis tinggi mampu memenuhi enam aspek penalaran matematis yaitu analisis. menyatukan/sintesis, generalisasi, membenarkan, menarik kesimpulan, dan mengevaluasi. Siswa berkemampuan penalaran matematis sedang mampu memenuhi empat aspek penalaran yaitu analisis, menyatukan/sintesis, generalisasi, dan membenarkan. Siswa berkemampuan penalaran matematis rendah tidak mampu memenuhi aspek penalaran atau hanya mampu memenuhi satu aspek penalaran yaitu analisis

Keywords


formative evaluation; paket tes geometri; penalaran matematis

References


Aprilianti, Y., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP Pada Materi Segiempat dan Segitiga. Journal On Education, 1(2), 524–532. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.167

Aulia, E. T., & Prahmana, R. C. I. (2022). Developing interactive e-module based on realistic mathematics education approach and mathematical literacy ability. Jurnal Elemen, 8(1), 231–249. https://doi.org/10.29408/jel.v8i1.4569

Charmila, N., Zulkardi, & Darmawijoyo. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Jambi. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 198–207. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/pep.v20i2.7444

Creswell, J. W. (2012). Educational Research : planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (P. A. Smith (ed.); Fourth Edi). Pearson Education.

Iqbal, M. (2016). Tinjauan Pustaka Kemampuan Penalaran Matematis. Seminar Nasional Matematika Dan Terapan, 65. https://ocs.usu.ac.id/simantap/2016/paper/view/153

Khainingsih, F. G., Maimunah, & Roza, Y. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 266–274. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2566

Lestari, I., Prahmana, R. C. I., & Wiyanti, W. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indah. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 45–50. http://jipd.uhamka.ac.id/index.php/jipd/article/view/48

Mullis, I. V. ., & Martin, M. O. (2017). TIMSS 2019 Assessment Frameworks. In TIMSS & PIRLS International Study Center. TIMSS & PIRLS International Study Center. https://doi.org/10.1002/9781119491774.ch8

Nizar, H., Putri, R. I. I., & Zulkardi. (2018). Developing pisa-like mathematics problem using the 2018 Asian Games football and table tennis context. Journal on Mathematics Education, 9(2), 183–194. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5246.183-194

Nusantara, D. S., Zulkardi, & Putri, R. I. I. (2021). Designing Pisa-Like Mathematics Task Using a COVID-19 Context (Pisacomat). Journal on Mathematics Education, 12(2), 349–364. https://doi.org/10.22342/JME.12.2.13181.349-364

Pomalato, S. W., Ismail, R., Harefa, A. O., Imawan, O. R., Ningsi, B. A., & Wulandari, D. (2021). Instrument Test Development Of Mathematics Skill On Elementary School. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(6), 2447–2455. https://doi.org/10.13189/ms.2021.090204

Raharjo, S., Saleh, H., & Sawitri, D. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dengan Pendekatan Open–Ended Dalam Pembelajaran Matematika. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(1), 36–43. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i1.1881

Roliza, E., Ramadhona, R., & Rosmery T, L. (2018). Matematika Materi Statistika. JURNAL GANTANG, III(1), 41–46. https://doi.org/10.31629/jg.v3i1.377

Siregar, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model PACE. Pedagogy, 4(2), 58–70.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–10.

Susanto. (2016). Mengidentifikasi Kesalahan Mahasiswa dalam Membuktikan Teorema-Teorema Kesebangunan Segitiga dengan Metode Think Aload. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 118–122. https://doi.org/ISBN 978-602-449-023-2

Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations. Brintish Library.

Wanti, N., Juariah, & Farlina, E. (2017). Pembelajaran Induktif Pada Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Regulated Learning Siswa. Jurnal Analisa 3, 3(1), 56–69. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index%0Ap-ISSN:

Warju, W., Ariyanto, S. R., Soeryanto, S., & Trisna, R. A. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Tipe Hots Pada Kompetensi Sistem Rem Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 95. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22914

Zein, M., & Darto. (2012). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Daulat Riau.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.