PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI PROGRAM LINEAR

Yumni Karim(1), Rini Dian Anggraini(2*), Sakur Sakur(3),

(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan produk yang terdiri atas Silabus, RPP dam LKPD untuk materi Program Linear kelas XI SMA/MA dengan menerapkan model PBL (Problem Based Learning) guna memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis (KKM) peserta didik yang memenuhi syarat validitas dan praktikalitas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model 4-D yang terdiri dari empat fase yaitu ­define, design, develop, dan disseminate. Perangkat pembelajaran divalidasi oleh tiga orang validator dan dilakukan perbaikan berdasarkan saran dari validator. Hasil rata-rata validasi yang didapatkan pada tahap validasi ahli yaitu Silabus 4,00, RPP 3,82, dan LKPD 3,68, sehingga perangkat pembelajaran dikategorikan sangat valid. LKPD diujicobakan pada uji praktikalitas kelompok kecil yaitu enam orang peserta didik MAS Al-Ihsan Pekanbaru. Hasil uji praktikalitas LKPD dikategorikan sangat praktis dengan persentase rata-rata untuk LKPD yaitu 86,9%. Dari hasil rata-rata validasi dan uji praktikalitas dapat dikatakan bahwa produk yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis dan dapat digunakan oleh sekolah, guru dan peserta didik.

Abstract

This research is a development research that aims to develop a product consisting of syllabus, lesson plan, and student worksheets for linear program’s topic for 11th grade senior high school by applying the PBL (Problem Based Learning) model to facilitate students' mathematical communication skills that meet the validity requirements and practicality. This research is a 4D model development research which consists of four-stage: define, design, develop and disseminate. The learning tools developed were validated by three validators and revised based on validator’s suggestion. The average percentage of validation result for Syllabus is 4.00, RPP is 3.82, and LKPD is 3.68, so the learning tools are categorized as very valid. Small group trial of LKPD were carried out on six students of MAS Al-Ihsan Pekanbaru. The average practicaly percentage for student activity sheet is 86.9% with a very practical category. From the results of the average validation and practicality tests, it can be said that the products developed are valid and practical and can be used by schools, teachers, and students.


Keywords


Kemampuan Komunikasi Matematis; Perangkat Pembelajaran; Problem Based Learning; Program Linear

References


Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran (A. Holid (ed.); 2nd ed.). Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2011). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik (Ed. Rev. V). Rineka Cipta.

As, R. C., Masykur, R., & Andriani, S. (2020). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PEER LED GUIDED INQUIRY UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI NUMBER SMART. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 681–693. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2719

Hodiyanto, H. (2017). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas MIPATEK IKIP PGRI Pontianak Jalan Ampera No 8 Pontianak , Kalimantan Barat AdMathEdu | Vol . 7 No . 1 | Juni 2017 Kemampuan … ( Hodiyanto ) Pendahuluan Manusia. AdMathEdu, 7(1), 9–18. https://www.neliti.com/publications/177556/kemampuan-komunikasi-matematis-dalam-pembelajaran-matematika

Marniati, M., Jahring, J., & Jumriani, J. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 880–890. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3523

Nugrawati, U., Nuryakin, N., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Pada Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs Dengan Materi Segitiga Dan Segiempat. 1(2), 63–68.

Purba, J., Yuanita, P., & Saragih, S. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Solver Untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2753–2764. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.4841

Rahayuningsih, P., & Qohar, A. (2014). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Dan Scaffolding-Nya Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Malang. Jurnal Pendidikan Matematika Dan SainsA & A (Yogyakarta), 2(2), 109–116.

Rahmah, A. N., Zulkarnain, Z., & Hutapea, N. M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 125–138. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.304

Sandri, D., Isnaniah, I., & Tisnawati, T. (2023). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(1), 175–185. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8577

Sartyka, B., Mujib, A., & Mawengkang, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 35–46.

Sumunaringtiasih, A., Koestoro, B., & Asnawati, R. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 5(9), 964–975.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia, 10(2), 178–187.

Winarni, S., & Marlina, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Aljabar Berbasis Problem Based Learning untuk Mendukung Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 71. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v3i1.525

Yuliani, E. N., Arnawa, I. M., Musdi, E., & Hidayat, A. (2022). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 407. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4340




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.