PENGEMBANGAN E-MODUL OTAN BERBANTU PhET SIMULATION BERBASIS FLIPBOOK MAKER PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN

Dwi Nur Afifah(1*), Novisita Ratu(2), Fika Widya Pratama(3),

(1) Universitas Kristen Satya Wacana
(2) Universitas Kristen Satya Wacana
(3) Universitas Kristen Satya Wacana
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan matematika peserta didik sekolah dasar. Oleh karena itu dikembangkan media pembelajaran berupa e-modul berbantu PhET simulation berbasis flipbook maker pada materi operasi hitung pecahan kelas V sekolah dasar yang diberi nama “E-Modul OTAN”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media. Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan model ADDIE. Media dan instrument telah divalidasi oleh validator dan diuji cobakan pada 15 peserta didik kelas V SD N 1 Suru, Grobogan semester gasal tahun ajaran 2022-2023. Kevalidan dan kepraktisan media diperoleh dari lembar validasi, sedangkan keefektifan diperoleh dari hasil pretest-posttest dengan uji paired sample t-test serta lembar respon peserta didik. Berdasarkan uji kevalidan media dinyatakan valid dengan memperoleh skor rata-rata sebesar 96,59% berkategori sangat baik. Media pembelajaran dinyatakan praktis berdasarkan uji kepraktisan oleh validator dengan memperoleh rata-rata sebesar 97,6% berkategori sangat baik. Media pembelajaran “E-Modul OTAN” dinyatakan efektif berdasarkan hasil dari uji paired samples test menunjukkan nilai kurang dari 0,005 dengan nilai rata-rata nilai posttest (87,47%) lebih tinggi dari rata-rata nilai pretest (67,73%) serta hasil dari respon peserta didik memperoleh rata-rata sebesar 93,13%  dengan kategori sangat baik.


Keywords


E-Modul; flipbook maker; pecahan; PhET Simulation

References


Fadilah, B. N., Ahmad, J., & Farida, N. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Geometri Transformasi dengan Berbantuan Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i1.pp1-11

Fitrah, M. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Segiempat Siswa Smp. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no1.2017pp51-70

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Liana, Y. R., Ellianawati, E., & Hardyanto, W. (2019). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan Sigil Software pada Materi Listrik Dinamis. Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 926–932.

Maniq, L. N. K., Karma, I. N., & Rosyidah, A. N. K. (2022). Pengembangan E-Modul Matematika Pada Materi Pecahan. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 83–88. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1405

Mogana, A. M. (2017). Metode Penelitian Dan Pengembangan. Kerangka Konsep Penelitian, 53(9), 1–15. http://www.elsevier.com/locate/scp

Murtiyasa, B., & Wulandari, V. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Materi Bilangan Pecahan Berdasarkan Teori Newman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 713. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2795

Pendidikan, M., Kebudayaan, D. A. N., & Indonesia, R. (2018). jdih.kemdikbud.go.id.

Prihatin, I., Firdaus, M., Oktaviana, D., & Susiaty, U. D. (2022). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dengan E-Modul Logika Matematika Berbasis Phet Simulation. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(2), 252. https://doi.org/10.30998/sap.v7i2.14071

Purbaningrum, M., Nisa’, T. K., Febriani, I. R. F., & Kohar, A. W. (2022). FLIP-STIK FOR FLIPPED CLASSROOM: STATISTICS LEARNING E-MODULE ASSISTED BY FLIPBOOK TO PROMOTE STUDENTS’ NUMERACY. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 276. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4428

Putri, N. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pemecahan Masalah Materi Perkalian dan Pembagian pada Pecahan Kelas V SD/MI. In Skripsi.

Putri, N. Y., Nuraini, N. L. S., & Ahdhianto, E. (2021). Pengembangan E-Modul Menggunakan Software Flip PDF Profesional Materi Pecahan Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(9), 746–753. https://doi.org/10.17977/um065v1i92021p746-753

Suciati, I., & Wahyuni, D. S. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada operasi hitung pecahan pada siswa kelas v sdn pengawu. 11(2), 129–144.

Susanti, E. D. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Corporate Pada. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 37–46.

Wijaya, A., Retnawati, H., Setyaningrum, W., Aoyama, K., & Sugiman. (2019). Diagnosing students’ learning difficulties in the eyes of Indonesian mathematics teachers. Journal on Mathematics Education, 10(3), 357–364. https://doi.org/10.22342/jme.10.3.7798.357-364




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.