KEMAMPUAN PROBABILISTIC THINKING PESERTA DIDIK SMP DALAM MATERI PELUANG

Atika Defita Sari(1*), Dadan Dasari(2), Nanang Priatna(3), Tatang Herman(4),

(1) UPT SMP Negeri 4 Tambang
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(4) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author


Abstract


Kemampuan probabilistic thinking merupakan kemampuan siswa berpikir dalam menanggapi berbagai masalah probabilistik. Masalah probabilistik merupakan masalah yang mengandung ketidakpastian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan probabilistic thinking siswa berdasarkan KMS dan ditinjau melalui tiga konstruksi. Subjek penelitian ini merupakan siswa SMP kelas IX yang telah mempelajari materi peluang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan metode studi kasus. Pada penelitian ini diperoleh bahwa siswa dengan KMS rendah memiliki tingkat probabilistic thingking pada level 1-3 yang cenderung masih menggunakan pemikiran subjektif dalam menjawab permasalahan probabilistik, berbeda dengan siswa yang memiliki KMS sedang dan tinggi sudah mulai menggunakan pendekatan kuantitatif. Sehingga, level probabilistic thinking siswa beragam tergantung KMS, pengalaman dan penggunaan bahasa.

Keywords


Masalah Probabilistik; Probabilistic Thinking; Tingkatan Probabilistic Thinking

References


Fa’ani, A. M., Purwanto, & Sudirman. (2016). Level Berpikir Probabilistik Siswa MA KH.MOH. Seminar Nasional Matematika Dan Pembelajaranannya, Jurusan Matematika, FMIPA UM, 1–7.

Fatqurhohman, F. (2016). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 127. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i2.847

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education (8th editio). The McGraw-Hill Companies, Inc.

Hidayati, Y. M., & Afifah, N. (2020). Analisis berpikir probabilistik dalam menyelesaikan masalah matematika peserta didik kelas V SD Negeri 04 Kaliwuluh. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 161. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7069

Jones, G. A., Langrall, C. W., Thornton, C. A., & Mogill, A. T. (1999). Students’ probabilistic thinking in instruction. Journal for Research in Mathematics Education, 30(5), 487–519. https://doi.org/10.2307/749771

Kemendikbud RI. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Pedoman Mata Pelajaran Matematika.

Kholid, M. N., Fakar, A. Z., Swastika, A., & MAHARANI, S. (2021). Apa Saja Tipe Berpikir Problem-Solvers Dalam Memecahkan Masalah Geometri Analitik? AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1579. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3790

Maharani, R. D., Dasari, D., & Nurlaelah, E. (2022). Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa Smp Pada Materi Peluang. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3201. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6214

Maher, Carolyn. A., & Ahluwalid, A. (2014). Counting as a Foundation for Learning to Reason About Probability. In Probabilistic Thinking : Presenting Plural Perspectives (pp. 559–581).

Meylasari, N. D., Sujadi, I., & Subanti, S. (2021). Profil Tingkatan Berpikir Statistis Siswa Dalam Menganalisis dan Menginterpretasikan Data. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 408–422.

Ngilawajan, D. A. (2019). KAJIAN NILAI PELUANG DALAM PERMAINAN GICI-GICI SORONG. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 13(2), 113–124. https://doi.org/10.30598/barekengvol13iss2pp113-124ar815

Putri, A., Sumardani, D., Rahayu, W., & Hajizah, M. N. (2020). Kemampuan Berpikir Kristis Matematis menggunakan Model Generative Learning dan Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 108–117.

Raya, R. (2017). Profil Berpikir Probabilistik Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Probabilitas. Sains, 17(1), 14–18.

Rebolj, A. B. (2013). The case study as a type of qualitative research. JOURNAL OF CONTEMPORARY EDUCATIONAL STUDIES, 1, 28–43.

Sari, D. I., Budayasa, I. K., & Juniati, D. (2018a). Analisis Penyelesaian Tugas Probabilitas Sisanalisis Penyelesaian Tugas Probabilitas Siswa Sd Ditinjau Dari Perbedaan Kemampuan Matematika Dan Gender. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 124. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i1.1344

Sari, D. I., Budayasa, I. K., & Juniati, D. (2018b). Perkembangan Berpikir Probabilistik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 1(1), 30. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v1n1.p30-39

Sharma, S. (2012). Cultural Influences in Probabilistic Thinking. Journal of Mathematics Research, 4(5). https://doi.org/10.5539/jmr.v4n5p63

Shodiqin, A., Sukestiyarno, Y. L., Wardono, & Isnarto. (2021). Probabilistic Thinking Profile of Mathematics Teacher Candidates in Problem Solving based on Self-Regulated Learning. European Journal of Educational Research, 10(3), 1199–1213. https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.3.1199

Taram, A., Sukestiyarno, Y. L., Rochmad, R., & Junaedi, I. (2021). Mathematical Probabilistic Thinking Process Stages in Problems Solving Probability. International Journal on Emerging Mathematics Education, 5(1), 13. https://doi.org/10.12928/ijeme.v5i1.20005




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.