KESULITAN SISWA DALAM PEMECAHAN SOAL CERITA PADA MATERI PECAHAN BERDASARKAN TEORI NEWMAN
(1) Universitas Lambung Mangkurat
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author
Abstract
Peran matematika dalam kehidupan sehari-hari sangat penting, termasuk dalam materi operasi hitung pecahan. Penerapan materi pecahan, sering dijumpai pada kegiatan jual beli, sehingga dengan menggunakan soal cerita, siswa akan lebih dapat memahami materi. Selain itu, dalam proses pemecahan soal cerita juga dapat melatih daya berfikir kritis dan kreatif. Namun, banyak siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita pecahan. Mulai dari kesalahan membaca simbol, memahami makna, mengubah soal menjadi model matematika, salah dalam prosedur atau langkah-langkah penyelesaian serta dalam ketelitian menuliskan jawaban akhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita pecahan, sehingga dapat membantu penelitian selanjutnya dalam menemukan solusi. Penulisan artikel ilmiah ini menggunakan Systematic Literatur Review dengan metode Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analysis (PRISMA). Hasil dari penelitian menunjukan bahwa siswa mengalami kesulitan menyelesaikan soal cerita pada materi operasi hitung pecahan. Berpedoman pada indikator dari kesalahan Newman, dapat diperoleh kesimpulan bahwa tipe kesulitan yang paling banyak dialami siswa ialah transformation error (27,77%), comprehension error (27,77%), procces skill error (27,77%), encoding error (11,12%), dan reading error (5,57%).
The role of mathematics in everyday life is crucial, including in the topic of fraction arithmetic operations. The application of fraction concepts is often encountered in buying and selling activities, and using word problems can help students better understand the material. Additionally, solving word problems can also train critical and creative thinking skills. However, many students face difficulties in solving fraction word problems. These difficulties range from misreading symbols, understanding the meaning, converting problems into mathematical models, making errors in procedures or solution steps, to inaccurately writing the final answer. This research aims to identify the difficulties that students encounter in solving fraction word problems, in order to assist future research in finding solutions. This scientific article was written using the Systematic Literature Review with the Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analysis (PRISMA) method. The results of the research show that students experience difficulties in solving word problems related to fraction arithmetic operations. Based on the indicators of Newman's errors, it can be concluded that the most common types of difficulties experienced by students are transformation errors (27.77%), comprehension errors (27.77%), process skill errors (27.77%), encoding errors (11.12%), and reading errors (5.57%).
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmad, M., & Asmaidah, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Membelajarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 373–384.
Asiasi, M. F., Masyhud, M. S., & Alfarisi, R. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Newman Topik Jarak dan Kecepatan di Kelas V SDN Jember Lor 03. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 9(1), 133–150.
Fauzi, A., & Diansyah, S. N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman pada Materi Pecahan. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 6(1), 11–18. https://doi.org/10.36312/jupe.v6i1.2140
Hamukwaya, S. T., & Haser, Ç. (2021). “It does not Mean that They Cannot Do Mathematics”: Beliefs about Mathematics Learning Difficulties. International Electronic Journal of Mathematics Education, 16(1).
Mauji, S. M., Mulyanti, Y., & Nurcahyono, N. A. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Berdasarkan Teori Newman. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 77–82. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i2.44
Mulyanti, N. R., Yani., N., & Amelia, R. (2018). Analsis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP pada materi Teorema Phytagoras. Jurnal, 1(3).
Murtiyasa, B., Rejeki, S., & Ishartono, N. (2019). Profile o f Students ’ Error in Solving Mathematics Word Problems Based on PISA Frameworks. Proceedings of the SEMANTIK Conference of Mathematics Education, 467, 135–137.
Nasiruudin, F. A. Z., & Hayati, H. (2019). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Sekolah Dasar Di Makassar. Klasikal : Journal of Education, Language Teaching and Science, 1(2), 23–31. https://doi.org/10.52208/klasikal.v1i2.31
Nurdianti, A., Fathurrohman, M., & Nindiasari, H. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pecahan Bentuk Cerita Menggunakan Teori Newman pda Siswa SMP Kelas VII. Jurnal: Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 1. https://doi.org/http://www.jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan p-ISSN
Oktaviana, D. (2017). Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(2).
Rahardjo, M., & Waluyati, A. (2011). Pembelajaran soal cerita operasi hitung campuran di SD. PPPPTK.
Rismawati, M., & Asnayani, M. (2019). Analisis Kesalahan Konsep Siswa Kelas IV dalam Menyelesaikan Soal Ulangan Matematika Dengan Metode Newman. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 69–78. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i2.495
Sari, L. N. I., Ferdiani, R. D., & Yuwono, T. (2018). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Teori Newman. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 3(1), 99–109. https://doi.org/10.21154/ibriez.v3i1.48
Sesanti, N. R., & Bere, M. G. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Kelas III Sekolah Dasar Dalam Penyelesaian Masalah Matematika Bentuk Soal Cerita Berdasarkan Teori Newma. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1559–1464.
Son, A. L., Darhim, & Fatimah, S. (2020). Students’ Mathematical Problem-Solving Ability Based. Journal on Mathematics Education, 11(2), 209–222.
Susanti, R. D., & Taufik, M. (2019). Analysis Student Mistake of Teacher Professional Education In Completing Story Problems Based on Newman Procedures. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(2), 72–75. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v2i2.59
Sutama, S., & Indriyani, Y. P. (2021). Newman Error Analysis (Nea): Detection of Student Learning Barriers in Ppkm in Mathematics Subjects. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2901. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4221
Wakefield, J., & Frawley, J. K. (2020). How does students’ general academic achievement moderate the implications of social networking on specific levels of learning performance? Computers and Education. https://doi.org/10.1016/j.compedu
Wijaya, A., Retnawati, H., Setyaningrum, W., Aoyama, K., & Sugiman. (2019). Diagnosing students’ learning difficulties in the eyes of Indonesian mathematics teachers. Journal on Mathematics Education, 10(3), 357–364. https://doi.org/10.22342/jme.10.3.7798.357-364
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v14i3.6541
Refbacks
- There are currently no refbacks.