PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI MATRIKS

Hayatun Nufus(1*), Muliana Muliana(2), Mutia Fonna(3),

(1) Universitas Malikussaleh
(2) Universitas Malikussaleh
(3) Universitas Malikussaleh
(*) Corresponding Author


Abstract


Substansi matematika sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari bahkan dalam perkembangan manusia pelajaran matematika diajarkan ke seluruh dunia, tetapi pada kenyataannya sampai saat ini banyak sekali siswa yang mengalami kesulitan dalam pelajaran matematika terutama pada materi matriks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan lembar kerja siswa (LKS) berbasis realistic mathematics education (RME) Pada Materi Matriks di SMA Negeri 1 Kuta Makmur Aceh Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian research and development (R&D) dengan prosedur penelitian mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yang meliputi: analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Instrument pengumpulan data berupa lembar validasi dosen ahli, lembar validasi guru ahli materi pembelajaran matematika, dan angket respon siswa. Hasil penelitian pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Realistic Mathematic Education (RME) untuk memfasilitasi siswa pada materi matriks. LKS yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE. Hasil validasi dosen ahli media terhadap LKS mendapatkan rata-rata persentase 74,15% dengan kategori valid/layak berarti pengembangan LKS berbasis Realistic Mathematic Education (RME) layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran matematika. Hasil validasi ahli materi terhadap LKS mendapatkan rata-rata persentase 87,45% dengan kategori sangat valid/layak berarti pengembangan LKS berbasis Realistic Mathematic Education (RME) sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran matematika.

The substance of mathematics is often found in everyday life and even in human development, mathematics is taught all over the world, but in reality, until now there are many students who experience difficulties in learning mathematics, especially in matrix material. This study aims to determine the feasibility of student worksheets (LKS) based on realistic mathematics education (RME) on matrix material at SMA Negeri 1 Kuta Makmur Aceh Utara. This type of research is research and development (R&D) with research procedures adapting the ADDIE development model which consists of five stages which include: analysis, design, development, implementation, and evaluation). The data collection instrument was in the form of expert lecturer validation sheets, expert teacher validation sheets for mathematics learning materials, and student response questionnaires. The results of research on the development of Student Worksheets (LKS) based on the Realistic Mathematical Education (RME) model to facilitate students in matrix material. LKS developed using the ADDIE model. The validation results of expert lecturers on worksheets get an average percentage of 74.15% in the "valid/decent" category, meaning that the development of worksheets based on the Realistic Mathematical Education (RME) model is feasible to use as teaching materials in learning mathematics. The results of the validation of material experts on LKS obtained an average percentage of 87.45% in the "very valid/feasible" category, meaning that the development of LKS based on the Realistic Mathematical Education (RME) model is very suitable for use as teaching material in learning mathematics.


Keywords


Lembar Kerja Siswa (LKS), Realistic Mathematics Education (RME).

References


Agustina, D. (2011). Studi Komparasi Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Dilengkapi Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Materi Pokok Hidrokarbons Kelas X SMA Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011.(Skripsi). Surakata: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Baharudin, R., dan Cholik, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pocket Book Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal JPTM, 11(01) Tahun 2021, 133 – 138.

Fannie, R.D., dan Rohati. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Program Linear Kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika Vol. 8 No. 1.

Fauziah, S., Neneng, A., dan Fuad, N. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Missauri Mathematict Project (MMP) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMK. Jawa Barat: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM). Vol. 1 No. 1.

Junitasari, Yenita, R., dan Putri, Y. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Core untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 5, No 1.

Handayani, Hana. 2019. “Pengaruh Penerapan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Pecahan Siswa Kelas V MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Krisdaning. 2013. “Penerapan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Pecahan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Manjung Kabupaten Klaten”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Muliana & Aklimawati (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 1 Simpang Mamplam. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 1 (1), 20-28. DOI : 10.29103/jpmm.v1i1.4304

Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rokhmah, Faizatur. 2018. “Pengaruh Pendekatan Realistic mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 6 Metro Utara”. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Setyoningrum, D. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Materi Bangun Datar Segiempat. Simki-Techsain. Vol. 01 (05): 1-11.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surono. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash pada Kompetensi Mangelas dengan Oksi Asitelen di SMK Muhammadiyah Prambanan. (Skripsi).

Yulianti, E. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Negeri 4 Pekanbaru. Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.6519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.