PENGEMBANGAN LKPD MATERI PERBANDINGAN BERBASIS RME UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK

Desi Fitriyani(1), Nahor Murani Hutapea(2*), Syofni Syofni(3),

(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman matematis peserta didik dikelas VII SMP/MTs yang berfokus pada materi perbandingan yang valid dan praktis dengan model pengembangan ADDIE. Tahapan model ADDIE yang digunakan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Peserta didik kelas VII SMP N 1 Kubu Babussalam menjadi subjek dalam penelitian ini. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi dan lembar angket respon. Berlandaskan hasil validasi, ditetapkan bahwasanya LKPD yang dihasilkan memenuhi syarat valid dengan rata-rata validitas akhir 3,78 masuk pada kategori “sangat valid”. LKPD matematika yang sudah divalidasi itu kemudian dilakukan ujicoba terhadap enam peserta didik kelas VII SMP N 1 Kubu Babussalam. Berlandaskan hasil uji coba, diperoleh bahwasanya LKPD yang dihasilkan memenuhi syarat praktis dengan rata-rata kepraktisan akhir yaitu sebesar 91,25% pada kategori “sangat praktis”. Berlandaskan temuan tersebut, bisa dinyatakan bahwasanya LKPD berbasis RME yang dikembangkan dapat memfasilitasi kemampuan pemahaman matematis peserta didik SMP/MTs pada materi perbandingan yakni valid serta praktis diterapkan di kelas.

Abstract

This study against the background of the skills of pupils' mathematical understanding who are still low. The objective of this study was to produce mathematical worksheets with a realistic mathematical approach to ease the skills mathematical understanding of seventh grade pupils of SMP/MTs focusing on valid and practical comparison materials eith the ADDIE development model. The stages of the ADDIE model are Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. The information collection instruments used were validation sheets and response questionnaires. Based on the validation results, it was determined that the resulting LKPD met the valid requirements with an average final validity of 3.78 in the "very valid" category. The validated math worksheets were then tested on six seventh grade students of SMP/MTs. Based on the test results, it was found that the resulting LKPD met the practical requirements with an average final practicality of 91.25% in the "very practical" category. Based on these findings, it can be stated that the LKPD with a realistic mathematical approach to facilitation the mathematical understanding skills of class seven SMP/MTs pupils on comparative material is valid and practically applied in class.


Keywords


Kemampuan pemahaman matematis; LKPD; RME.

References


Akbar, Sa’dun. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Andari, Tri, and Eva Komsiatun. 2018. “Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa.” AKSIOMA 7(1):155–60.

Ariani, Desi. 2020. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Kalor Di SMP.” UIN Ar-Raniry Darussalam.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Armis, and Suhermi. 2018. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas VII Semester 1 SMP/MTs Materi Bilangan Dan Himpunan.” Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam 5(1):25–42. doi: 10.24256/jpmipa.v5i1.264.

Atika, Nur, and Zubaidah Amir MZ. 2016. “Pengembangan Lks Berbasis Pendekatan Rme Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa.” Suska Journal of Mathematics Education 2(2):103. doi: 10.24014/sjme.v2i2.2126.

Dianta, Yudi Jepri, Roza Yenita, and Solfitri Titi. 2014. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Model Tutorial Interaktif Pada Pokok Bahasan Relasi Dan Fungsi.” Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitar Riau 1(1):1–10.

Fitri, Hafizah Rahmi, Mufit Fatni, and Asrizal. 2020. “Validitas Dan Praktikalitas Bahan Ajar Fisika Materi Kalor Dan Teori Kinetik Gas Mengintegrasikan Literasi Baru Dan Literasi Bencana Untuk Kelas XI SMA.” Pillar of Physics Education 13(1):169–76.

Haryonik, Yeni, and Budi Bhakti Yoga. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Matematika Realistik.” MaPan (Jurnal Matematika DanPembelajaran) 6(1):40–55. doi: 10.24252/mapan.2018v6n1a5.

Hasibuan, Masitoh. 2019. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education Untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru.” Pp. 219–26 in Seminar Nasional Matematika dan Terapan.

Hendriana, Heris, Euis Eti Rohaeti, and Utari Sumarmo. 2017. Hard Skills Dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Khatimah, Husnul, Kamid, and Jefri Marzal. 2015. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berdasarkan Teori Apos (Action, Processe, Object, Shceme) Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Matematika.” Edu-Sains Volume 4(2):15–24.

Manalu, Arpin Chronika Saida, and M. Afrilianto. 2020. “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP Pasundan 9 Bandung Pada Materi Persamaan Garis Lurus Dengan Menggunakan Pendekatan Konstektual.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 3(4):363–70. doi: 10.22460/jpmi.v3i4.363-370.

Mashuri, Sufri, Jahring Jahring, and Nasruddin Nasruddin. 2020. “Student Teams Achievement Divisions (Stad) Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 9(4):909. doi: 10.24127/ajpm.v9i4.2979.

Nasution, Dewi Harni, and Yerizon. 2019. “Development of Student Worksheets Based on Discovery Learning to Improve Student Mathematical Problem Solving Ability in Class X Senior High School.” International Journal of Scientific and Technology Research 8(6):228–31.

Nurhidayati, Siti, and Thamrin Tayeb. 2017. “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Penalaran Pada Pokok Bahasan Perbandingan Kelas VII MTSN Model Makassar.” MaPan (Jurnal Matematika DanPembelajaran) 5(2):236–50.

Pattimura, Maimunah, and Nahor Murani Hutapea. 2020. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Memfasilitasi Pemahaman Matematis Peserta Didik.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 4(2):800–812. doi: 10.31004/cendekia.v4i2.286.

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Rahman, Arief Aulia. 2018. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Banda Aceh: Syiah Kuala Universitas Press.

Sari, Arnida, and Suci Yuniati. 2018. “Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 2(2):71–80. doi: 10.31004/cendekia.v2i2.49.

Satiti, Wisnu Siwi, Moh. Ali Rosyid, and Khusnul Khotimah. 2021. “Pengembangan LKPD Materi Kubus Dan Balok Menggunakan Konteks Pribadi Untuk Peserta Didik Kelas VIII.” Exact Papers in Compilation (EPiC) 3(3):369–76.

Sitorus, Parsaoran Selpanri, Nahor Murani Hutapea, and Rini Dian Anggraini. 2021. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis Pembelajaran Matematika Realistik Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Kelas VIII SMP/MTs.” Jurnal Cendekia 5(3):1–13.

Trisnawati, Septi Eka, Hartatiana, and Ambarsari Kusuma Wardani. 2020. “Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Untuk Materi Penjumlahan Bentuk Aljabar.” Suska Journal of Mathematics Education (SJME) 6(1):25–32.

Zakiamani, Ahmad, Zulkarnain Zulkarnain, and Maimunah Maimunah. 2020. “Validitas Dan Praktikalitas Perangkat Pembelajaran Matematika: Studi Pengembangan Di SMPN Islam Teknologi Rambah.” JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) 3(3):211–24.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.