LEARNING OBSTACLE PADA MATERI INTEGRAL (ANTIDERIVATIVE) DALAM TEORI SITUASI DIDAKTIS

Lina Nurhayati(1*), Nanang Priatna(2), Tatang Herman(3), Dadan Dasari(4),

(1) Universitas Sangga Buana
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(4) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui learning obstacle yang dialami mahasiswa Teknik dalam menyelesaikan masalah integral sebagai antiderivative. Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi awal terhadap permasalahan yang dialami mahasiswa Teknik Sipil. Tidak sedikit mahasiswa Teknik Sipil yang menganggap materi integral merupakan materi yang sulit. Materi integral menjadi materi yang penting karena merupakan prasyarat dalam mata kuliah lain pada program studi Teknik Sipil Learning obstacle bagian dalam teori situasi didaktis yang hasil penelitiannya sangat penting untuk dijadikan dasar dalam membuat desain didaktis pada DDR untuk meminimalisir learning obstacle tersebut.  Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif.. Sampel penelitian dua kelompok mahasiswa Teknik Sipil di Universitas Sangga Buana di Kota Bandung. Data penelitian diperoleh melalui instrument TKR pemahaman konsep integral yang dilaksanakan secara daring untuk kelompok pertama (5 orang mahasiswa) dan luring untuk kelompok kedua (9 orang mahasiswa), dilanjutkan dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Teknik mengalami Ontogenical learning obstacle psikologis dan konseptual serta epistemological learning obstacle. Mahasiswa cenderung lemah pada konsep dasar materi prasyarat termasuk perhitungan bilangan dan operasi aljabar, cenderung dan kesulitan dalam menginterpretasikan rumus integral sehingga sulit untuk memecahkan masalah dengan menggunakan integral.

Abstract

This study aims to determine the learning obstacles experienced by Engineering students in solving integral problems as antiderivatives. This research is based on the results of initial observations of the problems experienced by Civil Engineering students. Not a few Civil Engineering students consider integral material to be difficult material. Integral material becomes important material because it is a prerequisite in other subjects in the Civil Engineering study program. Learning obstacle is part of the theory of didactic situations whose research results are very important to be used as a basis for making didactic designs in DDR to minimize these learning obstacles.. The research method used is descriptive qualitative research.. The research sample is two groups of Civil Engineering students at Sangga Buana University in Bandung City. Research data were obtained through the TKR instrument for understanding integral concepts which were carried out online for the first group (5 students) and offline for the second group (9 students), followed by interviews. The results showed that engineering students experienced psychological and conceptual ontogenical learning obstacles and epistemological learning obstacles. Students tend to be weak in the basic concepts of prerequisite material including number calculations and algebraic operations, tend to and have difficulty interpreting integral formulas making it difficult to solve problems using integrals.


Keywords


Antiderivative, Integral, Learning obstacle, Teori situasi didaktis

References


Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150.

Borji, V., & Martínez-Planell, R. (2020). On students’ understanding of implicit differentiation based on APOS theory. Educational Studies in Mathematics, 105(2), 163–179. https://doi.org/10.1007/s10649-020-09991-y

Carter, N., Bryant-Lukosius, D., DiCenso, A., Blythe, J., & Neville, A. J. (2014). The Use of Triangulation in Qualitative Research. Oncology Nursing Forum, 41(5), 545–547. https://doi.org/10.1188/14.ONF.545-547

Didi Suryadi. (2019). Landasan Filosofis Penelitian Desain Didaktis (DDR) (Tim Gapura Press, Ed.; 1 ed.). Gapura Press. https://scholar.google.com/scholar?cluster=18067053348498884006&hl=en&oi=scholarr

Dubinsky, E. A. I. O. A. F. S. R. W. K. (2014). Apos theory: A framework for research and curriculum development in mathematics education. Springer. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-1-4614-7966-6

Fadillah, A., Firmansyah, M. A., Syarifah, L. L., Rahardjo, S., & Erliani, T. P. (2019). Analisis Learning Obstacle pada Materi Integral. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(6), 243–251.

Fitriani, N., Kadarisma, G., & Amelia, R. (2020). Pengembangan Desain Didaktis untuk Mengatasi Learning Obstacle Pada Materi Dimensi Tiga. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 231. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2686

Job, P., & Schneider, M. (2014). Empirical positivism, an epistemological obstacle in the learning of calculus. ZDM - International Journal on Mathematics Education, 46(4), 635–646. https://doi.org/10.1007/s11858-014-0604-0

Kadarisma, G., & Amelia, R. (2018). Epistemological Obstacles in Solving Equation of Straightline Problems. International Conference on Mathematics and Science Education of Universitas Pendidikan Indonesia, 3, 905–910.

Kim, H., Sefcik, J. S., & Bradway, C. (2017). Characteristics of qualitative descriptive studies: A systematic review. Research in nursing & health, 40(1), 23–42.

Kurniawan, A., Juliangkary, E., & Pratama, M. Y. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fungsi. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 72. https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1679

Madonna, S. (2014). Efisiensi Energi Melalui Penghematan Penggunaan Air (Studi Kasus: Institusi Pendidikan Tinggi Universitas Bakrie). Jurnal Teknik Sipil, 12(4).

Mahayukti, G. A., Dewi, P. K., Hartawan, I. G. N. Y., & Jana, P. (2022). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Mengerjakan Soal Kalkulus Integral dalam Pembelajaran Daring. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2121. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5036

Maryono, M., & Sholihah, U. (2022). Eksplorasi Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) pada Kelas Kalkulus Integral di Masa Pandemi COVID-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1473. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4975

Monariska, E.-. (2019a). Analisis kesulitan belajar mahasiswa pada materi integral. Jurnal Analisa, 5(1), 9–19. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4181

Monariska, E.-. (2019b). Analisis kesulitan belajar mahasiswa pada materi integral. Jurnal Analisa, 5(1), 9–19. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4181

Prihandhika, A., Prabawanto, S., Turmudi, T., & Suryadi, D. (2020). Epistemological Obstacles: An Overview of Thinking Process on Derivative Concepts by APOS Theory and Clinical Interview. Journal of Physics: Conference Series, 1521(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032028

Rohana, D., Sukasno, S., & Purwasi, L. A. (2019). Model Problem Based Learning (PBL) dengan Teknik Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(2), 142–151.

Rosita, C. D., Maharani, A., Tonah, T., & Munfi, M. (2020). Learning Obstacle Siswa SMP pada Materi Lingkaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2). https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2735

Setyawan, F., & Astuti, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus Integral Berbasis Pendekatan Computational Thinking. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2000. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4308

Sholekah, L. M., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2), 151–164. https://doi.org/10.30738/wa.v1i2.1413

Sudarman, S. W., & Linuhung, N. (2017). Pengaruh Pembelajaran Scafolding Terhadap Pemahaman Konsep Integral Mahasiswa. Jurnal Pedidikan Matematika FKIP Univ. Muhamadiyah Metro, 6(1), 33–39.

Suhendri, H. (2011). Pengaruh kecerdasan matematis–logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1).

Sulistiawati, S., Suryadi, D., & Fatimah, S. (2015). Desain Didaktis Penalaran Matematis untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMP pada Luas dan Volume Limas. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 135. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.4833

Suryadi, D. (2013). Didactical design research (DDR) dalam pengembangan pembelajaran matematika. Prosiding seminar nasional matematika dan pendidikan matematika, 1, 3–12.

Susanti, N. I., & Yulaida, S. (2015). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemahaman Materi Fungsi Komposisi Siswa Kleas XI Semester 2 MAN Pesanggaran Tahun Pelajaran 2014-2015. Pancaran Pendidikan, 4(4), 99–112. pancaran/article/view/2182

Utari, R. S., & Utami, A. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa dalam mengidentifikasi penyelesaian soal integral tak tentu dan tentu. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 39–50.

Yulianti, E. N., Rahmawati, N. D., & Purwosetiyono, F. X. D. (2021). Analisis kesulitan siswa dalam mengerjakan soal matematika pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers ditinjau dari motivasi belajar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 6, 37–41.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.