KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS CALON GURU DALAM PENGAJUAN MASALAH BERORIENTASI DATA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

Edy Setiyo Utomo(1*),

(1) STKIP PGRI JOMBANG
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan kemampuan literasi matematis calon guru dalam pengajuan masalah yang berorientasi data. Indikator kemampuan literasi matematis pada penelitian ini terdiri dari komunikasi, matematika, representasi, penalaran dan argumen, merancang strategi untuk memecahkan masalah, menggunakan bahasa simbol, fomal, teknis dan operasi, dan menggunakan alat matematika  Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan desain penelitian fenomenologi. Subjek penelitian ini merupakan calon guru semester 3 dan 5 berdasarkan kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, kategorisasi data, pemaparan data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan literasi matematis calon guru berkemampuan rendah dan sedang dalam pengajuan masalah masih dapat dikatakan belum baik, karena hanya memenuhi beberapa indikator, masalah yang diajukan masih memuat sedikit informasi sehingga tidak memerlukan banyak tahapan serta strategi, masalah yang diajukan lebih bersifat informatif dalam bentuk cerita. Kemampuan literasi calon guru dengan kemampuan matematika tinggi dalam pengajuan masalah tergolong sudah baik, karena mampu memenuhi setiap indikator, mampu menyajikan masalah dalam berbagai bentuk representasi, mengaitkan berbagai konsep matematika berupa aljabar dan kombinatorik, memerlukan banyak strategi dan tahapan penyelesaian. Ketiga subjek belum mengajukan masalah yang menuntut jawaban argumentasi dalam penyelesaian

 

This study aims to describe the mathematical literacy abilities of prospective teachers in data-oriented problem posing. The indicators of mathematical literacy ability in this study consist of communication, mathematics, representation, reasoning and arguments, devising strategies to solve problems, using symbolic, formal, technical and operational language, and using mathematical tools. This type of research is qualitative research with a descriptive approach to design phenomenological research. The subjects of this study were prospective teachers in semesters 3 and 5 based on high, medium and low mathematical abilities. The research instruments used were tests and interviews. Data analysis techniques consist of data reduction, data categorization, data exposure and drawing conclusions. The results of the study show that the mathematical literacy skills of prospective teachers have low ability and are still high. They are still not good, because they only fulfill a number of indicators, the problems posed still contain little information. The problems posed are more informative in the form of a story. The literacy skills of prospective teachers with high mathematical abilities at problem posing are considered good, because they are able to fulfill each indicator, are able to present problems in various forms of representation, link various mathematical concepts in the form of algebra and combinatorics, and require many strategies and stages of completion. The three subjects have not submitted a problem that demands an argumentative answer at completion


Keywords


Mathematics Prospective Teacher; Mathematical literacy; problem posing

References


Aba, M. M., & Nusantara, T. (2020). Berpikir Kreatif dalam Pengajuan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 8(1), 11–15. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms

Abdara, A. (2017). Analisis Kemampuan Calon Guru Matematika Dalam Pengajuan Masalah Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 69–75. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.7120

Afifah, D. S. N. (2020). Profil Pengajuan Masalah Matematika Siswa Smp Berdasarkan Gaya Kognitif. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 1(2), 100. https://doi.org/10.29100/jp2m.v1i2.198

Allinda Hamidah. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia, 10(02), 157–162. https://doi.org/10.37850/cendekia.v10i02.70

Azhar, E., Saputra, Y., & Nuriadin, I. (2021). Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Kemampuan Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2129. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3767

Azzahra, F., Sujatmiko, P., & Kuswardi, Y. (2019). Literasi Matematika Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Matematika UNS Tahun Ajaran 2018/2019 Ditinjau dari Disposisi Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM), III(1), 501–514.

Dores, O. J., & Setiawan, B. (2015). Meningkatkan Literasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Membelajarkan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia (JPMI), 4(1), 42–46.

Hidayati, V. R., Wulandari, N. P., Maulyda, M. A., Erfan, M., & Rosyidah, A. N. K. (2020). Literasi Matematika Calon Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah PISA Konten Shape & Space. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(3), 185–194. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.

Jailani, J., Heri Retnawati, H. R., Wulandari, N. F., & Djidu, H. (2020). Mathematical Literacy Proficiency Development Based on Content, Context, and Process. Problems of Education in the 21st Century, 78(1), 80–101. https://doi.org/10.33225/pec/20.78.80

Jemakmun, J. (2022). Penerapan Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2894. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6154

Mei, A. (2019). Kemampuan Berpikir Mahasiswa Calon Guru Dalam Pengajuan Soal Matematika Tipe Post Solution Posing Ditinjau Dari Gaya Belajar. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1. https://doi.org/10.22373/jppm.v3i1.5137

OCED. (2018). PISA for Development Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing, 1(1), 1–198. www.oecd.org/about/publishing/corrigenda.htm.%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.tate.2018.03.012%0Ahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/download/15269/9316%0Ahttps://www.oecd.org/education/pisa-2018-assessment-and-analytical-framework-b25efab8-e

Patta, R., & Muin, A. (2021). Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau Dari Gaya Kognitif. JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 212–217.

Prabawati, M. N. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematik Mahasiswa Calon Guru Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 113–120. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.347

Prihatiningtyas, N. C., & Buyung, B. (2023). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Implementasi Model Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika Pada Budaya Tidayu. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 215. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.5297

Setiawan, W., Hartati, S. J., Putri, N. C., & Dewi, R. K. (2022). Analisis Literasi Matematika Mahasiswa Calon Guru Ditinjau Dari Pebedaan Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JIPMat), 7(1), 1–10. http://103.98.176.9/index.php/JIPMat/article/view/11477

Sumarni, S., Adiastuty, N., Riyadi, M., Nisa, D. K., Restu, A. M., & Lestari, I. T. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Smp Dalam Mengerjakan Soal Pisa Uncertainty and Data Content. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 725. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6426

Trisnaningtyas, N. O., & Khotimah, R. P. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Akm Ditinjau Dari Gaya Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2714. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5662

Utari, R. S., Amalia, L., & Rohman, R. (2023). How Can Tpack Support the Statistical Literacy Skills of Mathematics Students’ Teachers? AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 657. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6335

Utomo, E. S., Rahman, F., & Fikrati, A. N. (2020). Eksplorasi Penalaran Logis Calon Guru Matematika Melalui Pengintegrasian Pendekatan STEM dalam Menyelesaikan Soal. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.6463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.