PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI LINGKARAN UNTUK MEMFASILITASI KPM PESERTA DIDIK SMP/MTs

Etika Putri(1), Rini Dian Anggraini(2*), Titi Solfitri(3),

(1) 
(2) Riau University
(3) Riau University
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini dilakukan karena KPM peserta didik yang rendah, dengan tujuan menghasilkan LKPD Elektronik berbasis DL untuk memfasilitasi KPM peserta didik kelas VIII SMP/MTs dan memenuhi syarat valid dan praktis. Penelitian ini menerapkan model ADDIE yang melibatkan tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pelaksanaan Uji coba kelompok kecil dilaksanakan pada saat situasi Covid-1 menggunakan instrumen lembar validasi dan lembar angket respon peserta didik dan terdiri dari 6 orang peserta didik kelas VIII SMPN 23 Pekanbaru. Hasil penelitian dengan nilai rata-rata kevalidan sebesar 3,80 dan praktis dengan persentase rata-rata sebesar 82% menunjukkan bahwa LKPD Elektronik yang dikembangkan sangat valid. Oleh karena itu, LKPD elektronik berbasis DL direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran materi lingkaran di SMP/MTs untuk memfasilitasi KPM peserta didik.

This research was conducted because the KPM of students was low, with the aim of producing Electronic-based LKPDDL to facilitate KPM for class VIII students of SMP/MTs and meet valid and practical requirements. This study applies the ADDIE model which involves stagesanalysis, design, development, implementation, and evaluation. The small group trial was carried out during the Covid-1 situation using validation sheet instruments and student response questionnaires and consisted of 6 class VIII students at SMPN 23 Pekanbaru. The results of the research with an average validity value of 3.80 and practical with an average percentage of 82% indicate that the developed Electronic LKPD is very valid. Therefore, electronic based LKPDDL recommended for use in learning circle material in SMP/MTs to facilitate student KPM.


Keywords


Discovery Learning; Kemampuan Pemahaman Matematis; Lingkaran; LKPD Elektronik

References


Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran.

Amalia, A. D., & Lestyanto, L. M. (2021). LKS berbasis saintifik berbantuan Live Worksheets untuk memahamkan konsep Matematis pada Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2911–2933.

Aulya E. (2020). SKRIPSI ELLSA AULYA NIM. 0305163163.

Dianta, Y. J., Roza, Y., & Solfitri, T. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Model Tutorial Interaktif Pada Pokok Bahasan Relasi Dan Fungsi. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–9.

Ilyas, R. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Memfasilitasi Pencapaian Literasi Matematika Siswa Kelas VII. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.

Lioba, T., Yuniasih, N., & Nita, C. I. R. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Aplikasi Liveworksheets Pada Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SDN Kebonsari 4 Malang Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5(1), 307–313.

Marlina, M. (2022). Pengembangan LKPD Online Berbantuan Live Worksheet pada Materi Permutasi Kombinasi. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 5(1), 247–258.

Maryati, T. K., & Mas’ ud, A. (2014). Pengaruh penggunaan media pembelajaran cd interaktif terhadap pemahaman konsep lingkaran siswa.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.

Pertiwi, C. M., Fitriani, T., & Afrilianto, M. (2018). Relasi Antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Dan Keaktifan Belajar Matematik Siswa Smp Yang Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education Berbantuan Geogebra. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 513–524.

Prastika, Y., & Masniladevi, M. (2021). Pengembangan E-LKPD interaktif segi banyak beraturan dan tidak beraturan berbasis liveworksheets terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV sekolah dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2601–2614.

Prianoto, A. D., Gulo, F., Effendi, D., Sriwijaya, U., Raya, J., Indralaya, P.-P., & Ilir, O. (2017). pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) interaktif kimia untuk pembelajaran struktur atom di kelas X SMA.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Tekege, M. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran SMA YPPGI Nabire. In Jurnal Teknologi dan Rekayasa (Vol. 2, Issue 1).

Trianingsih, A., Husna, N., & Prihatiningtyas, N. C. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Persamaan Lingkaran di Kelas XI IPA. 2(1), 1–8.

Zunaedy Pasaribu, E., Wati Ritonga, M., Watrianthos, R., Hidayah, M., al Washliyah, U., Sempurna No, J., Adam Malik Lingkar By Pass Kec Rantau Selatan Kab, J. H., & No, S. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Rantau Selatan.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.