PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN PENDEKATAN RME BERBASIS LSLC
(1) Universitas Jember
(2) Universitas Jember
(3) Universitas Jember
(4) Universitas Jember
(5) Universitas Jember
(*) Corresponding Author
Abstract
Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa merupakan salah satu masalah yang harus diatasi, khususnya menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 dan pembelajaran abad 21. Salah satu cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah melalui pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbasis Lesson Study for Learning Community (LSLC). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran materi SPLDV menggunakan pendekatan RME berbasis LSLC. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimen, dengan menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Subjek dalam penelitian ini adalah 50 siswa kelas VIII SMP Al-Ikhlash Lumajang. Pembelajaran RME berbasis LSLC dikenakan pada 25 siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional dikenakan pada 25 siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model RME berbasis LSLC mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi SPLDV lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Tingkat berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol terjadi pada tingkat berpikir kritis level 3 (TBK 3) dan level 4 (TBK 4). Pada kedua level tersebut, kelas eksperimen mencapai 40% dan 24%, sedangkan kelas kontrol mencapai 32% dan 20%. Dari hasil ini disarankan kepada guru matematika hendaknya menerapkan pembelajaran RME berbasis LSLC dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andini, S., & Hobri., S. (2017). Students Activity in Problem-Based Learning (Pbl) Math Classroom Be Oriented Lesson Study for Learning Community (Lslc). International Journal of Advanced Research, 5(9), 13951400. https://doi.org/10.21474/ijar01/5458
Arifin, & Gultom, U. A. (2016). Lesson Study: Peningkatan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Kota Tarakan. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(3), 185. https://doi.org/10.26858/est.v2i3.3217
Astiantari, I., Pambudi, D.S., Oktavianingtyas, E., & Trapsilasiwi, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). AKSIOMA, 11(2),1270-1281. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.5073
Butler, A. H. A., Pentoney, C., & Mabelle, P. (2017). Predicting Real-World Outcomes: Critical Thinking Ability is a Better Predictor of Life Decisions than Intelligence. Thinking Skills and Creativity. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.06.005
Dilley, A., Student, G., Kaufman, J. C., & Plucker, J. A. (n.d.). What We Know About CRITICAL THINKING Part of the 4Cs Research Series.
Erlita, E., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mts Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar Segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(4), 971-982.
Facione, P. A., Facione, N. C., & Beach, H. (2011). The Holistic Critical Thinking Scoring Rubric. Insight Assessment, 650, 12.
Hidayat, F., Akbar, P., Bernard, M., Siliwangi, I., Terusan, J. L., Sudirman, J., Tengah, C., Cimahi, K., & Barat, J. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematik Serta Kemandiriaan Belajar Siswa SMP terhadap Materi SPLDV. Journal on Education, 1(2), 515523.
Hobri, & Susanto. (2016). Collaborative Learning, Caring Community, dan Jumping Task Berbantuan Lembar Kerja Siswa Berbasis Scientific Approach: Salah Satu Alternatif Pembelajaran Matematika di Era MEA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pembelajaran, 717.
Hosnan, H., Hobri, H., & Dafik, D. (2018). Algebraic Learning through Caring Community Based on Lesson Study for Learning Community. International Journal of Advanced Engineering Research and Science, 5(4), 4045. https://doi.org/10.22161/ijaers.5.4.6
Intan, A. (2018). Proses Pembelajaran Digital dalam Era Revolusi Era 4.0. Direktur Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, 113.
Isoda, M., & Katagiri. (2012). Mathematical Thinking: How to Develop It in the Classroom. World Scientific Publishing Co. Pte. Ltd.
Keihaniyan, M. (2013). Multimedia and Listening Skills. International Journal of Advanced Research, 1(9), 608617.
Kurniati, D. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri SMP Dengan Pendekatan RME Berbasis Karakter Teliti dan Konsisten. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 4958.
Lady, A., & Tri, B. (2018). Improving Mathematical Ability and Student Llearning Outcomes through Realistic Mathematic Education ( RME ) Approach. International Journal of Engineering & Technology (UAE), 7, 5557. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i2.10.10954
Pambudi, D. S., Sunardi, & Sugiarti, T. (2022). Learning Mathematics Using a Collaborative RME Approach Indoor and Outdoor the Classroom to Improve Students' Mathematical Connections Ability. Jurnal Pendidikan Matematika, 16 (3), 303-324. https://doi.org/10.22342/jpm.16.3.17883.303-324
Rosmalinda, N., Syahbana, A., & Nopriyanti, T. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal-Soal Tipe Pisa. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 483496. https://doi.org/10.36526/tr.v5i1.1185
Said, I. A., Pambudi, D.S., Hobri, Safik, M., & Insani, K. (2021). Development of Mathematics Learning Tools with Realistic Mathematics Education-Jumping Task (RME-JT) and Its Effect on the Mathematics Communication skills. Journal of Physics: Conference Series, 1839(2021), 012018. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1839/1/012018
Saiful, S., Hobri, H., & Tohir, M. (2020). Analisis Metakognisi Siswa Berbasis Lesson Study for Learning Community (LSLC) Ditinjau dari Gaya Kognitif. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 7391. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i1.73-91
Small, M. (2017). Teaching Mathematical Thinking: Tasks and Questions for 13 Strengthen Practices and Processes. Teachers College Press.
Susilowati, Sajidan, & Ramli, M. (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Magetan. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 21(2000), 223231.
Umami, F., Kusmayadi, T. A., & Suyono, S. (2013). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Lesson Study Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(4)., 10(1), 152. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026
Wang, X., & Zheng, H. (2016). Reasoning Critical Thinking: Is It Born or Made? Theory and Practice in Language Studies, 6(6), 1323. https://doi.org/10.17507/tpls.0606.25
Winarsih, A., & Mulyani, S. (2012). Peningkatan Profesionalisme Guru IPA Melalui Lesson Study dalam Pengembangan Model Pembelajaran PBI. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 4350. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2012
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6432
Refbacks
- There are currently no refbacks.